Jeremiah 6:27-30: Yeremia Menjadi Penguji Umat

Klik:

Jeremiah 6:27-30


Jer 6:27 Aku telah mengangkat engkau di antara umat-Ku sebagai penguji, engkau harus tahu bagaimana menyelidikinya, dan harus menguji tingkah langkah mereka.

Jer 6:28 Semua mereka adalah pendurhaka belaka, berjalan kian kemari sebagai pemfitnah; sekaliannya mereka berlaku busuk!

Jer 6:29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan.

Jer 6:30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!


Tafsiran Wycliffe


27. Penguji ... Kata ini dalam salinan asli sulit diterangkan.

Sang nabi akan menguji bangsa itu seperti pandai besi menguji dan melebur logam, untuk memurnikannya. Tetapi, bangsa itu sama sekali sampah, tidak dapat diperbaiki, karenanya mereka ditolak (bdg. 5:14).

29. Puputan sudah mengembus. Dengan keterangan mengenai penolakan dan keputusasaan, bagian ini diakhiri.

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.2. Yehuda Diperingatkan melalui Hukuman atas Kerajaan Utara (3:6-6:30).

Yeremia melanjutkan celaannya terhadap Yehuda yang dimulai dari bagian sebelumnya (2:1-3:5). Di samping itu, di ini dia memegang janji pengampunan dari Allah jika bangsa itu benar-benar mau bertobat. Di sini Israel yang dibuang disebutkan sebagai peringatan kepada Yehuda, dan pemulihannya dinubuatkan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel