Jeremiah 49:7-22: Mengenai Edom

Klik:

Jeremiah 49:7-22


Jer 49:7 Mengenai Edom. Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Tidak adakah lagi kebijaksanaan di Teman? Sudah hilangkah pertimbangan dari orang-orang yang berakal budi, sudah busukkah kebijaksanaan mereka?

Jer 49:8 Larilah cepat, bersembunyilah dalam liang-liang, hai penduduk Dedan! Sebab malapetaka akan Kudatangkan atas Esau, pada waktu Aku menghukum dia.

Jer 49:9 Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, mereka tidak akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya! Jika malam-malam pencuri datang kepadamu, mereka akan merusakkan sepuas-puasnya!

Jer 49:10 Tetapi Aku ini telah menelanjangi Esau, telah menyingkapkan tempat-tempat persembunyiannya, sehingga ia tidak dapat menyembunyikan diri lagi. Keturunannya telah binasa dan saudara-saudaranya dan bangsa-bangsa tetangganya tidak ada lagi.

Jer 49:11 Tinggalkanlah anak-anak yatimmu, aku akan menghidupi mereka; biarlah janda-jandamu menaruh kepercayaan padaku!"

Jer 49:12 Sebab beginilah firman TUHAN: "Sedangkan orang-orang yang tidak selayaknya meminum isi piala itu telah terpaksa meminumnya, masakan engkau ini akan bebas dari hukuman? Engkau tidak akan bebas dari hukuman, tetapi mesti meminumnya!

Jer 49:13 Sebab Aku telah bersumpah demi diri-Ku, demikianlah firman TUHAN, bahwa Bozra akan menjadi ketandusan, cela, keruntuhan dan kutuk, dan segala kotanya akan menjadi reruntuhan yang kekal."

Jer 49:14 Suatu kabar telah kudengar dari TUHAN, seorang utusan telah disuruh ke tengah-tengah bangsa-bangsa: "Berkumpullah, pergilah menyerangnya, bersiaplah untuk bertempur!

Jer 49:15 Sebab sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil di antara bangsa-bangsa, dihinakan di antara manusia.

Jer 49:16 Sikapmu yang menggemetarkan orang memperdayakan engkau, dan keangkuhan hatimu, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, yang menduduki tempat tinggi bukit! Sekalipun engkau membuat sarangmu tinggi seperti burung rajawali, Aku akan menurunkan engkau dari sana, demikianlah firman TUHAN.

Jer 49:17 Edom akan menjadi ketandusan; setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri dan bersuit karena segala pukulan yang dideritanya.

Jer 49:18 Seperti pada waktu ditunggangbalikkannya Sodom dan Gomora dan kota-kota tetangganya--firman TUHAN--maka seorangpun tidak akan diam lagi di sana dan seorang manusiapun tidak akan tinggal lagi di dalamnya.

Jer 49:19 Sesungguhnya, seperti singa yang bangkit keluar dari hutan belukar sungai Yordan mendatangi padang rumput tempat kawanan domba, demikianlah Aku akan membuat mereka lari dengan tiba-tiba dari negeri itu dan mengangkat di dalamnya dia yang Kupilih. Sebab siapakah yang seperti Aku? Siapakah yang berani mendakwa Aku? Siapakah gerangan gembala yang tahan menghadapi Aku?

Jer 49:20 Sebab itu dengarlah putusan yang telah diambil TUHAN terhadap Edom dan rancangan-rancangan yang telah dibuat-Nya terhadap penduduk Teman: Bahwa sesungguhnya, yang paling lemahpun di antara kawanan domba akan diseret. Bahwa sesungguhnya, padang rumput mereka sendiri akan merasa ngeri terhadap mereka.

Jer 49:21 Bumi akan goncang karena bunyi jatuhnya mereka; teriakan mereka akan terdengar bunyinya di Laut Teberau.

Jer 49:22 Sesungguhnya, ia naik terbang seperti burung rajawali, melayang dan mengembangkan sayapnya ke atas Bozra. Hati para pahlawan Edom pada waktu itu akan seperti hati perempuan yang sakit beranak."


Tafsiran Wycliffe


Nubuat Melawan Edom (49:7-22).

Orang Edom adalah keturunan Esau (Kej. 36:1-19).

Mereka menetap di tanah Seir atau Edom, suatu daerah pedesaan yang tanahnya tidak rata dan bergunung-gunung, memanjang di selatan Laut Mati, pada dua sisi dataran Araba, sampai ke Teluk Akaba.

Hubungan antara kerajaan-kerajaan Ibrani dengan orang Edom tidak pernah menggembirakan.

Pihak yang terakhir bersukacita akan kehancuran Yerusalem (Mzm. 137:7) dan sesudah itu menduduki Yehuda selatan.

Pada gilirannya, hak milik mereka dicabut oleh orang Yahudi.

Nubuat-nubuat lain mengenai Edom terdapat dalam Yehezkiel 25:12-14; 35:1-15; Yoel 3:19; Amos 9:12; Obaja 1-16.

Ada bagian-bagian nubuat ini yang sangat mirip dengan bagian-bagian dari nubuat Obaja.

7. Teman. Salah satu suku dari orang Edom yang terkenal dengan hikmat mereka (bdg. Ayb. 2:11).

8. Dedan adalah suku yang diam di sebelah selatan Edom, yang terkenal karena berbagai usaha perniagaan (Yeh. 25:13; 27:15, 20; 38: 18; Yeh. 21:13; Yer. 25:23). Mungkin nama tersebut masih tetap Daidan, di gurun Arab.

Menghukum. AV. visit.

9, 10. Edom akan dilucuti sampai "bersih" tanpa tersisa apa pun, bahkan bagi para pemetiknya.

12. Karena keterlibatannya dalam menjatuhkan Yerusalem, maka Edom bersalah (bdg. tafsiran atas 25:15, dan 28).

16. Liang-liang batu ... tempat tinggi bukit. Satu sebutan untuk bentangan pegunungan dari Edom.

Batu. Sela', nama Ibrani untuk Petra, kota terpenting bagi bani Edom (bdg. Ob. 3).

19-21. Ayat-ayat ini diulang dalam 50:44-46, yaitu dipakai untuk menggambarkan Babel.

Ayat 19 ini sulit ditafsirkan.

Tampaknya yang dikatakan adalah, bahwa musuh Edom akan bangkit melawan dia dari Lembah Yordan, tetapi musuh itu akan lari menjauh darinya - tidak dinyatakan apa sebabnya.

Allah akan menjadikan orang pilihan-Nya berkuasa atas Edom.

Yang bangkit keluar, yakni penakluk Edom.

Hutan belukar Sungai Yordan (bdg. tafsiran atas 12:5).

Teman, lihat tafsiran atas 49:7.

Akan diseret. AV. Shall draw them out.

III. Nubuat-nubuat Yeremia Tentang Bangsa-bangsa Lain (46:1-51:64).

Nabi Ibrani ini secara khas menyampaikan firman bagi bangsa-bangsa di sekitar bangsa Ibrani seperti juga bagi Bangsa Pilihan itu.

Yeremia telah ditetapkan sebagai "nabi bagi bangsa-bangsa" (1:5) dan diangkat "atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan" (1:10).

Pada bagian terakhir kitab ini, dikumpulkan nubuat-nubuat berisi dakwaan kepada bangsa-bangsa lain, yang diberikan pada berbagai zaman.

Alkitab berbahasa Yunani menempatkan nubuat-nubuat ini langsung setelah 25:13.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel