Jeremiah 49:1-6: Mengenai Bani Amon

Klik:

Jeremiah 49:1-6


Jer 49:1 Mengenai bani Amon. Beginilah firman TUHAN: "Tidak adakah anak Israel, tidak adakah ahli warisnya? Mengapakah dewa Milkom memiliki Gad, dan bangsanya mendiami kota-kotanya?

Jer 49:2 Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan memperdengarkan tempik sorak peperangan terhadap Raba bani Amon. Kota itu akan menjadi anak bukit yang tandus, dan kota-kota jajahannya akan dibakar dengan api; maka Israel akan memiliki orang-orang yang dahulu memilikinya, firman TUHAN.

Jer 49:3 Merataplah, hai Hesybon, sebab pembinasa telah maju menyerbu, berteriaklah, hai puteri-puteri Raba, kenakanlah kain kabung, berkabunglah, berjalan kelilinglah dengan luka toreh-torehan, sebab Milkom akan pergi ke dalam pembuangan bersama-sama dengan para imam dan pemuka-pemukanya.

Jer 49:4 Betapa engkau memegahkan dirimu dengan lembahmu, hai puteri yang congkak, yang percaya akan harta bendanya dan yang berkata: Siapakah yang berani datang menyerang aku?

Jer 49:5 Sesungguhnya, Aku mendatangkan kekejutan atasmu demikianlah firman Tuhan ALLAH semesta alam, dari segala tempat di sekitarmu, sehingga kamu bersorak-sorak, masing-masing ke arahnya sendiri, dan tidak ada yang mengumpulkan orang-orang yang mengembara itu.

Jer 49:6 Tetapi sesudah itu Aku akan memulihkan keadaan bani Amon itu, demikianlah firman TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


Nubuat Melawan Bani Amon (49:1-6).

Bani Amon adalah keturunan Ben-ami, anak laki-laki Lot (Kej. 19:38).

Mereka menetap di Lembah Yordan, antara Sungai Arnon dan Sungai Yabok, sebelah timur padang gurun.

Seperti orang Moab, mereka sering memerangi bangsa Ibrani.

Mereka memperlihatkan permusuhan selama Yoyakim berkuasa (II Raj. 24:2), dan membantu menghancurkan komunitas pengungsi setelah jatuhnya Yerusalem (Yer. 40:11-14).

Nubuat-nubuat lain terhadap mereka terdapat dalam Yehezkiel 21:20; 25:1-7; Amos 1:13-15; Zefanya 2:8-11.

1. Tidak adakah anak Israel. Ini mungkin menunjuk pada penaklukan daerah seberang Sungai Yordan dari Kerajaan Utara oleh bangsa Asyur pada tahun 732 SM (II Raj, 15:29).

Pada waktu deportasi orang Israel, bani Amon menyingkir ke daerah suku Gad, yaitu bagian dari daerah seberang Sungai Yordan antara Sungai Arnon dengan sungai Yabok, dekat Yordan.

Raja mereka. Jika huruf-huruf hidup pada kata itu diubah akan berbunyi Milkom, dewa orang Amon (I Raj. 11:5,7,33; II Raj. 23:13). Alkitab bahasa Yunani, Siria, dan Latin mendukung perubahan ini.

2. Raba adalah kota utama bani Amon, sekarang dikenal sebagai Amman, ibu kota Kerajaan Yordania.

Anak bukit yang tandus. Lihat tafsiran atas 30:18.

Kota-kota jajahannya. Ini adalah desa-desa di dekatnya yang hidup bergantung pada Raba.

3. Hesybon, walaupun hanya lima atau enam mil dari perbatasan Amon, berada di bawah kekuasaan Sihon, raja Amori, ketika Israel datang (Bil. 21:25-30,34). Belakangan berpindah ke tangan bani Moab (bdg. tafsiran atas 48:2).

Pembinasa telah maju menyerbu. Ini tampaknya sebuah tempat orang Amon (tetapi bukan Ai yang direbut oleh Yosua, Yos. 8:1-29). Nama tempat ini tidak disebutkan di bagian-bagian lain.

Berjalan kelilinglah mengitari pagar-pagar tempat kambing domba.

Milkom, lihat tafsiran atas 49:1.

4. Yang percaya akan harta bendanya. Ayat ini menyatakan rasa percaya diri suatu bangsa yang tinggal di tempat yang demikian terpencil serta sulit dijangkau, yang kelihatannya mustahil diserbu.

6. Aku akan memulihkan keadaan. Lihat tafsiran atas 48:47.

III. Nubuat-nubuat Yeremia Tentang Bangsa-bangsa Lain (46:1-51:64).

Nabi Ibrani ini secara khas menyampaikan firman bagi bangsa-bangsa di sekitar bangsa Ibrani seperti juga bagi Bangsa Pilihan itu.

Yeremia telah ditetapkan sebagai "nabi bagi bangsa-bangsa" (1:5) dan diangkat "atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan" (1:10).

Pada bagian terakhir kitab ini, dikumpulkan nubuat-nubuat berisi dakwaan kepada bangsa-bangsa lain, yang diberikan pada berbagai zaman.

Alkitab berbahasa Yunani menempatkan nubuat-nubuat ini langsung setelah 25:13.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel