Jeremiah 48: Mengenai Moab

Klik:

Jeremiah 48


Jer 48:1 Mengenai Moab. Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: "Celakalah Nebo, sebab kota itu sudah dibinasakan! Kiryataim telah menjadi malu dan direbut! Kota benteng itu menjadi malu dan terkejut:

Jer 48:2 lenyaplah sudah kemegahan Moab! Di Hesybon orang merencanakan malapetaka terhadapnya: Marilah kita melenyapkannya sebagai bangsa! Juga engkau, hai Madmen, akan dibungkamkan, engkau akan dikejar-kejar pedang.

Jer 48:3 Dengar! Teriakan dari Horonaim: Kebinasaan! Kehancuran besar!

Jer 48:4 Moab telah hancur lebur! kedengaran orang berteriak sampai ke Zoar.

Jer 48:5 Sungguh, orang mendaki pendakian Luhit sambil menangis. Sungguh, di jalan turun ke Horonaim orang mendengar teriak karena ditimpa bencana.

Jer 48:6 Larilah, selamatkanlah nyawamu: jadilah seperti keledai liar di padang gurun!

Jer 48:7 Sungguh, oleh karena engkau percaya kepada bentengmu dan perbendaharaanmu, maka engkaupun akan direbut; Kamos akan pergi ke dalam pembuangan, bersama-sama dengan para imam dan pemukanya.

Jer 48:8 Pembinasa akan datang ke setiap kota, tidak ada kota yang terluput! Lembah akan binasa, tanah datar habis musnah, seperti yang difirmankan TUHAN.

Jer 48:9 Berikanlah sayap kepada Moab, supaya ia lari terbang; kota-kotanya akan menjadi sunyi sepi, tidak ada lagi penduduk di dalamnya.

Jer 48:10 Terkutuklah orang yang melaksanakan pekerjaan TUHAN dengan lalai, dan terkutuklah orang yang menghambat pedang-Nya dari penumpahan darah!

Jer 48:11 Moab hidup aman dari sejak masa mudanya, dia hidup tenang seperti anggur di atas endapannya, tidak dituangkan dari tempayan yang satu ke tempayan yang lain, tidak pernah masuk ke dalam pembuangan; sebab itu rasanya tetap padanya, dan baunya tidak berubah.

Jer 48:12 Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan mengirim kepadanya tukang-tukang yang akan menuangkannya, mencurahkan tempayan-tempayannya dan memecahkan buyung-buyungnya.

Jer 48:13 Maka Moab akan menjadi malu oleh karena dewa Kamos, sama seperti kaum Israel menjadi malu oleh karena Betel, kepercayaan mereka.

Jer 48:14 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami adalah pahlawan-pahlawan, orang-orang gagah perkasa untuk berperang!

Jer 48:15 Pembinasa Moab telah maju menyerang dia, teruna-terunanya yang pilihan telah turun ke pembantaian, demikianlah firman Raja yang nama-Nya TUHAN semesta alam.

Jer 48:16 Bencana Moab sudah hampir datang, malapetakanya sangat segera sampai.

Jer 48:17 Ratapilah dia, hai semua yang ada di sekitarnya, hai semua yang mengenal namanya! Katakanlah: Sungguh, sudah patah tampuk kekuasaan, tongkat keagungan itu!

Jer 48:18 Turunlah dari kemuliaanmu dan duduklah di atas kotoran, hai puteri Dibon yang sudah lama menetap! Sebab pembinasa Moab sudah maju menyerbu engkau, memusnahkan tempat-tempatmu yang berkubu.

Jer 48:19 Berdirilah di tepi jalan dan tinjaulah, hai penduduk Aroer! Tanyakanlah kepada orang yang lari dan yang terluput, katakanlah: Apakah yang telah terjadi?

Jer 48:20 Moab sudah malu, karena ia terkejut! Merataplah dan berteriaklah, beritahukanlah di sungai Arnon: Sungguh, Moab sudah binasa!

Jer 48:21 Penghukuman telah berlaku atas daerah dataran tinggi, atas kota-kota Holon, Yahas, Mefaat,

Jer 48:22 Dibon, Nebo, Bet-Diblataim,

Jer 48:23 Kiryataim, Bet-Gamul, Bet-Meon,

Jer 48:24 Keriot, Bozra dan atas segala kota negeri Moab yang jauh dan yang dekat.

Jer 48:25 Telah patah tanduk kekuatan Moab, dan lengan kekuasaannya telah pecah! demikianlah firman TUHAN.

Jer 48:26 Buatlah dia mabuk, sebab dia membesarkan diri terhadap TUHAN! Moab akan berguling-guling dalam muntahnya, dan ia sendiripun akan menjadi tertawaan orang.

Jer 48:27 Apakah bukan Israel tadinya yang menjadi tertawaan bagimu? Apakah dia terdapat di antara pencuri-pencuri, sehingga engkau menggeleng-gelengkan kepala, setiap kali engkau berbicara tentang dia?

Jer 48:28 Tinggalkanlah kota-kota dan diamlah di bukit batu, hai penduduk Moab! Jadilah seperti burung merpati yang bersarang di dinding mulut liang.

Jer 48:29 Kami telah mendengar tentang keangkuhan Moab, alangkah angkuhnya dia, tentang kesombongannya, keangkuhannya dan kecongkakannya, tentang tinggi hatinya.

Jer 48:30 Aku ini kenal kepongahannya, demikianlah firman TUHAN, tidak benar cakapnya, dan tidak benar perilakunya.

Jer 48:31 Sebab itu aku akan meratap karena Moab, akan berteriak karena Moab seluruhnya, dan akan mengaduh karena orang-orang Kir-Heres!

Jer 48:32 Aku akan menangis karena engkau, lebih dari pada menangis karena Yaezer, hai pohon anggur Sibma! Ranting-rantingmu merambak sampai ke laut, meluas sampai ke Yaezer. Si pembinasa telah jatuh menimpa hasil musim kemaraumu dan panen buah anggurmu.

Jer 48:33 Sukaria dan sorak-sorak telah lenyap dari kebun buah-buahan dan dari negeri Moab. Aku telah menjauhkan anggur dari tempat pemerasan; pengirik tidak ada lagi pengiriknya, pekik kegirangan tidak kedengaran lagi.

Jer 48:34 Hesybon dan Eleale meraung-raung; orang memperdengarkan suaranya sampai ke Yahas, dari Zoar sampai Horonaim dan Eglat-Selisia; sebab air sungai Nimrim juga menjadi ketandusan.

Jer 48:35 Firman TUHAN: Aku akan menghentikan orang di Moab mempersembahkan korban bakaran di bukit pengorbanan dan mempersembahkan korban ukupan kepada allahnya.

Jer 48:36 Sebab itu seperti hatiku terharu mendengar suling, begitulah hatiku terharu melihat keadaan Moab, dan hatiku terharu melihat keadaan orang-orang Kir-Heres; bukankah sudah hilang segala harta yang mereka tumpuk?

Jer 48:37 Sungguh, setiap kepala digundul dan setiap janggut dipotong, pada semua tangan ada toreh-torehan dan kain kabung dikenakan pada semua pinggang.

Jer 48:38 Di atas segala sotoh Moab dan di tanah-tanah lapangnya hanya ada perkabungan belaka; --sungguh, Aku telah memecahkan Moab seperti tembikar, sehingga tidak ada orang yang menyukainya, demikianlah firman TUHAN.

Jer 48:39 Betapa terkejutnya dia! Betapa Moab menyembunyikan mukanya karena malu! Maka Moab telah menjadi tertawaan dan kekejutan bagi semua yang di sekitarnya.

Jer 48:40 Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, ia datang melayang seperti burung rajawali dan mengembangkan sayapnya ke atas Moab.

Jer 48:41 Kota-kota direbut, kubu-kubu pertahanan dirampas. Hati para pahlawan Moab pada waktu itu akan seperti hati perempuan yang sakit beranak.

Jer 48:42 Moab akan musnah sebagai bangsa, sebab ia membesarkan diri terhadap TUHAN.

Jer 48:43 Kejut dan pelubang dan jerat bagimu, hai penduduk Moab! demikianlah firman TUHAN.

Jer 48:44 Yang lari dari kekejutan akan jatuh ke dalam pelubang, dan yang naik dari pelubang akan tertangkap dalam jerat. Sungguh, Aku mendatangkan semuanya ini atas Moab di tahun penghukuman atas mereka, demikianlah firman TUHAN.

Jer 48:45 Di naungan Hesybon orang-orang pelarian berhenti, kehabisan kekuatan; tetapi api keluar dari Hesybon, nyala api dari istana Sihon, yang memakan habis pelipis Moab dan batu kepala orang-orang ribut.

Jer 48:46 Celakalah engkau, hai Moab, binasa engkau, hai bangsa dewa Kamos! Sebab anak-anakmu lelaki telah diculik tertawan dan anak-anakmu perempuan menjadi tawanan.

Jer 48:47 Tetapi Aku akan memulihkan keadaan Moab di kemudian hari, demikianlah firman TUHAN." Sampai di sinilah firman penghukuman atas Moab.


Tafsiran Wycliffe


Nubuat Melawan Moab (48:1-47).

Orang Moab adalah keturunan Moab, anak laki-laki Lot (Kej. 19:37).

Mereka tinggal di Lembah Yordan, sebelah timur Laut Mati.

Bertetangga dekat dengan bangsa Ibrani mereka sering terlibat konflik satu sama lain, sebab bangsa Ibrani mengklaim wilayah Moab dan menuntut klaim ini manakala mereka kuat.

Nebukadnezar menundukkan orang Moab yang kemudian lenyap sebagai sebuah bangsa.

Nubuat-nubuat lain mengenai Moab: Yesaya 15:16; Yeremia 9:26; 25:21; 27:3; Yehezkiel 25:8-11; Amos 2:1-3; Zefanya 2:8-11.

Nubuat ini lebih panjang daripada yang lainnya dalam bagian ini, dan dikenal isinya sama dengan Yesaya 15; 16.

Barangkali serbuan orang Moab (antara lain) ke Yehuda selama Yoyakim memerintah (II Raj. 24:2) merupakan latar belakang untuk memahami nubuat ini.

Dari banyak nama tempat orang Moab yang terdapat di sini, hanya yang lebih penting yang diberi penjelasan di sini.

1. Nebo. Sebuah puncak gunung yang menjulang melintasi Yordan dari Yerikho.

2. Di Hesybon orang merencanakan malapetaka terhadapnya. Ini adalah sebuah permainan kata, di mana kata kerja yang diterjemahkan menjadi orang merencanakan malapetaka, berbunyi seperti Hesybon.

Kota ini secara bergantian dikuasai orang Moab dan orang Israel. Di situ ada telaga terkenal (Kid. 7:4).

Hai Madmen, akan dibungkamkan. Ini juga permainan kata. Madmen adalah nama tempat yang tidak diketahui.

5. Orang mendaki pendakian Luhit (sebuah kota).

Di jalan turun ke Horonaim. Turunan ke Horonaim.

6. Keledai liar di padang gurun adalah lambang kehancuran dan kesunyian (bdg. tafsiran atas 17:6).

7. Kamos adalah dewa orang Moab (bdg ay. 13,46; Bil. 21:29; I Raj. 11:7,33; II Raj. 23:13).

Patung-patung berhala sering ikut diangkut dalam tawanan bersama umat yang memuja mereka (bdg. Yer. 43:12; Yes. 46:1,2).

8. Lembah. Yang dimaksud ialah Lembah Yordan, dekat Laut Mati.

Tanah datar adalah tempat orang Moab bermukim.

11. Dia hidup tenang seperti anggur di atas endapannya. Moab begitu terisolasi sehingga tidak mengalami hajaran berupa penyerbuan yang sering terjadi serta pembuangan.

Kiasan itu diambil dari proses pembuatan anggur.

Anggur akan "bertambah baik mutunya" dengan dituang atau dipindahkan dari tempayan satu ke tempayan yang lain melalui lapisan.

Moab tidak pernah dimurnikan seperti itu dan keadaannya seperti anggur dengan endapan di dalamnya.

12. Tukang-tukang yang akan menuangkannya. Ini mengandung gambaran tentang ayat sebelumnya.

Tetapi, dalam kasus Moab, penuangan ini akan merupakan malapetaka, karena tukang-tukang yang kurang hati-hati akan menyebabkan tempayan-tempayan itu pecah dan Moab akan binasa.

13. Betel. Ini menunjukkan tempat ibadah yang dibuat Yerobeam di Betel, satu batu sandungan bagi bangsa Israel dalam hal keagamaan (I Raj. 12:26-33).

18. Dibon. Sekarang Diban, tiga belas mil sebelah timur Laut Mati, dekat Sungai Arnon. Di sini ditemukan Batu Moab yang terkenal itu.

20. Di Sungai Arnon. Di tepi Sungai Arnon. Air sungai ini mengalir terus-menerus sepanjang tahun menuju Laut Mati, kira-kira setengah perjalanan antara ujung utara dan ujung selatan.

21. Daerah dataran tinggi. Lihat tafsiran atas 48:8.

22. Nebo. Lihat tafsiran atas 48:1.

25. Tanduk kekuatan merupakan simbol kekuatan militer dan kekuasaan politik, mungkin gambaran ini berasal dari lembu jantan yang menyeruduk dengan tanduk mereka.

26. Mabuk. Lihat tafsiran atas 25:15.

28. Dinding mulut liang. Yang dimaksud ialah tepi atau sisi-sisi dari Sungai Arnon. Orang Moab akan diburu dan dibawa kepada satu keadaan berbahaya.

30. Kepongahan. Keangkuhan, atau kesombongan.

Tidak benar cakapnya, dan tidak benar perilakunya. Kesombongannya tidak akan menghasilkan apa-apa.

32, 33. Kehancuran Moab digambarkan seperti kebun anggur yang rusak.

Aku akan menangis karena engkau, lebih dari pada menangis karena Yaezer, hai pohon anggur Sibma! Ranting-rantingmu merambak sampai ke laut (ay. 32). Yaezer dan Sibma adalah tempat-tempat di dekat Hesybon, terkenal dengan kebun anggur mereka.

Hasil musim kemaraumu. Lihat tafsiran atas 8:20.

34. Zoar. Jelas kota tempat Lot melarikan diri (Kej. 19:20-22) masih ada pada waktu itu. Kota tersebut dikenal dengan el-Keryeh, di sebelah tenggara Laut Mati.

Eglat-Selisia. Sebuah nama tempat lainnya.

35. Bukit pengorbanan. Lihat tafsiran atas 3:6.

36. Suling adalah alat musik tiup, dipakai untuk memainkan nyanyian pada waktu upacara pemakaman.

37. Mengenai praktik-praktik perkabungan ini lihat tafsiran atas 16:5.

40. Ia datang melayang, yaitu musuh yang menghancurkan akan datang.

42. Moab akan musnah sebagai bangsa. Mengenai nasib Moab, lihat paragraf pendahuluan untuk pasal ini.

45. Ayat ini kelihatannya diambil dari Bilangan 21:28,29; 24:17. Maksudnya, bahwa para pelarian Moab akan lari ke benteng Hesybon, tetapi di sana pun mereka akan dibinasakan.

Sihon (Bil. 21:21-30) diceritakan untuk mengingat kembali kekalahan suku Amori di Hesybon, jauh sebelumnya.

46. Bangsa dewa Kamos. Lihat tafsiran atas 48:7.

47. Tetapi Aku akan memulihkan keadaan Moab. Moab tidak akan binasa sama sekali, sebab yang tersisa dari Moab akan ditemukan dalam Kerajaan Allah (bdg. 46:26; 49:6,39). Lihat tafsiran atas 29:14.

III. Nubuat-nubuat Yeremia Tentang Bangsa-bangsa Lain (46:1-51:64).

Nabi Ibrani ini secara khas menyampaikan firman bagi bangsa-bangsa di sekitar bangsa Ibrani seperti juga bagi Bangsa Pilihan itu.

Yeremia telah ditetapkan sebagai "nabi bagi bangsa-bangsa" (1:5) dan diangkat "atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan" (1:10).

Pada bagian terakhir kitab ini, dikumpulkan nubuat-nubuat berisi dakwaan kepada bangsa-bangsa lain, yang diberikan pada berbagai zaman.

Alkitab berbahasa Yunani menempatkan nubuat-nubuat ini langsung setelah 25:13.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel