Yehezkiel 21:28-32: Pedang TUHAN Melawan Bani Amon

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 21:28-32


Eze 21:28 "Dan engkau anak manusia, bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH mengenai bani Amon dan cercaan mereka; katakanlah: Pedang, pedang sudah tercabut untuk menumpahkan darah, digosok untuk memusnahkan, dan supaya mengkilap seperti petir--

Eze 21:29 sedang orang melihat penglihatan-penglihatan yang menipu bagimu dan memberi tenungan-tenungan bohong kepadamu--untuk ditetakkan ke leher orang-orang fasik yang durhaka, yang saatnya sudah tiba untuk penghakiman terakhir.

Eze 21:30 Kembalikanlah itu ke sarungnya! Di tempat penciptaanmu dan di negeri asalmu Aku akan menghukum engkau.

Eze 21:31 Aku akan mencurahkan geram-Ku atasmu dan menyemburkan api murka-Ku kepadamu dan menyerahkan engkau ke dalam tangan orang-orang dungu, yang menimbulkan kemusnahan.

Eze 21:32 Engkau menjadi makanan api, darahmu akan tertumpah di tengah-tengah tanah itu, dan engkau tidak akan diingat-ingat lagi, sebab Aku, TUHAN, yang mengatakannya."


Tafsiran Wycliffe


Nubuatan Melawan Amon (21:28-32). (Bdg. 25:1-7; Am. 1:13-15; Zef. 2:8-11; Yer. 49:1-6).

Meski Nebukadnezar mengesampingkan Amon dan menuju Yerusalem (ay. 19, 20), kehancuran Amon lebih buruk daripada Yerusalem.

28. Dengan melontarkan cercaan atas Israel, berarti mereka menarik pedang terhadapnya dengan maksud menaklukkannya.

29. Memberi tenungan-tenungan bohong kepadamu. Penglihatan-penglihatan palsu dan kebohongan-kebohongan para petenung Amon mendorong para prajurit mereka untuk meletakkan pedang pada leher orang-orang fasik, yang mereka maksud adalah para pemimpin dan bangsa Israel.

30. Kembalikanlah pedangmu ke sarungnya, firman Tuhan, karena di tanahmu sendiri, di negeri asalmu, Aku akan menghukum engkau.

31. Mereka akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang dungu (Mzm. 94:8), orang-orang kejam dari padang pasir (Yeh. 25:4, 10), "para pemalsu yang menghancurkan".

32. Amon akan menjadi seperti makanan api, darah dari bangsa itu akan tercurah di atas tanahnya sendiri.

Tidak seperti Israel, tidak akan ada pemulihan masa depan bagi Amon.

Israel Akan Dihukum Oleh Pedang Amarah Allah (20:45-21:32).

Teks Masoret menjadikan bagian ini pasal 21, sementara terjemahan bahasa Indonesia mengikuti LXX, Siria, dan Vulgata, menjadikannya 20:45-49; 21:1-32.

Empat nubuatan bisa ditunjukkan:

(a) Api yang akan membakar hutan di selatan (20:45-49), bahkan api peperangan dan pedang melawan Yerusalem dan Israel (21:1-7);

(b) "Firman tentang pedang" itu, meskipun ada ketidakjelasan teks, secara jelas menunjukkan hukuman ilahi yang akan datang atas Yerusalem (ay. 8-17);

(c) Raja Babel, si pemegang pedang, dituntun oleh nasib di persimpangan jalan untuk maju melawan Yerusalem (ay. 18-27);

(d) Amon, yang mengancam Israel dengan pedang, akan dihancurkan (ay. 28-32).

Kejatuhan yang Akan Terjadi Atas Israel Tidak Terelakkan dan Perlu (20:1-24:27).

Yehezkiel meninjau sejarah bangsa Israel, yaitu bangsa yang telah dipelihara Allah agar tetap hidup untuk menghargai nama-Nya (20:1-44).

Namun, sekarang penghargaan terhadap nama-Nya mengharuskan, bahwa pedang amarah-Nya memukul Yerusalem (20:45-21:23 = Teks Masoret 21:1-37).

Selain itu, perbuatan-perbuatan keji Yerusalem, seperti sanga, harus mengalami api peleburan berupa penghukuman, baik atas kelompok pemimpin maupun rakyat (ps. 22).

Dalam perumpamaan yang mengingatkan kepada perumpamaan dalam pasal 16, Tuhan berbicara tentang ketidaksetiaan dan persundalan dua bersaudara, yaitu Ohola (Samaria) dan Oholiba (Yerusalem), terhadap pasangan ilahi mereka, dan tentang hukuman akibat perzinahan mereka (ps. 23).

Pada hari dimulainya masa pengepungan Yerusalem (Yer. 39:1), Yehezkiel menceritakan perumpamaan tentang kuali yang berkarat yang ditaruh di atas api untuk dibersihkan.

Dan dengan berpantang untuk meratapi kematian istrinya, dia menjadi simbol keputusasaan bangsa itu atas nasib kota mereka (ps. 24).

I. Nubuat Melawan Yehuda dan Yerusalem (1:1-24:27).

Ucapan peringatan terhadap Yerusalem dan umat Israel, yang diberikan sebelum kejatuhan Yerusalem, terdiri dari: bagian pendahuluan, rincian panggilan sang nabi (ps. 1-3); tindakan-tindakan simbolis dan nubuatan yang menggambarkan penaklukan kota dan bangsa tersebut (ps. 4-7); sejumlah penglihatan yang menggambarkan dosa-dosa yang menjijikkan dari Yerusalem yang mengakibatkan kehancurannya (ps. 8-11); tindakan-tindakan simbolis, perumpamaan-perumpamaan, dan alegori-alegori yang menggambarkan perlunya pembuangan itu secara moral (ps. 12-19); dan sebuah tinjauan tentang sejarah masa lampau bangsa Israel yang sangat memerlukan hukuman tertentu (ps. 20-24).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel