Yehezkiel 16:15-52: Persundalan Yerusalem dan Hukumannya

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 16:15-52


Eze 16:15 "Tetapi engkau mengandalkan kecantikanmu dan engkau seumpama bersundal dalam menganggarkan ketermasyhuranmu dan engkau menghamburkan persundalanmu kepada setiap orang yang lewat.

Eze 16:16 Engkau mengambil dari pakaian-pakaianmu untuk membuat bukit-bukit pengorbananmu berwarna-warni dan engkau bersundal di situ; seperti itu belum pernah terjadi dan tidak akan ada lagi.

Eze 16:17 Engkau mengambil juga perhiasan-perhiasanmu yang dibuat dari emas-Ku dan perak-Ku, yang Kuberikan kepadamu, dan engkau membuat bagimu patung-patung lelaki dan engkau bersundal dengan mereka.

Eze 16:18 Engkau mengambil dari pakaianmu yang berwarna-warni untuk menutupi mereka dan engkau mempersembahkan kepada mereka minyak-Ku dan ukupan-Ku.

Eze 16:19 Juga makanan-Ku yang Kuberikan kepadamu--tepung yang terbaik, minyak dan madu Kuberikan makananmu--engkau persembahkan kepada mereka menjadi persembahan yang harum, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 16:20 Bahkan, engkau mengambil anak-anakmu lelaki dan perempuan yang engkau lahirkan bagi-Ku dan mempersembahkannya kepada mereka menjadi makanan mereka. Apakah persundalanmu ini masih perkara enteng

Eze 16:21 bahwa engkau menyembelih anak-anak-Ku dan menyerahkannya kepada mereka dengan mempersembahkannya sebagai korban dalam api?

Eze 16:22 Dalam segala perbuatan-perbuatanmu yang keji dan persundalanmu itu engkau tidak teringat lagi kepada masa mudamu, waktu engkau telanjang bugil sambil menendang-nendang dengan kakimu dalam lumuran darahmu.

Eze 16:23 Dan sesudah segala kejahatanmu itu--celaka, celakalah engkau! Demikianlah firman Tuhan ALLAH--

Eze 16:24 engkau membangun bagimu tempat yang tinggi dan membuat bagimu bukit pengorbanan di tiap-tiap tanah lapang.

Eze 16:25 Pada setiap persimpangan jalan engkau membangun bukit pengorbanan dan menjual kecantikanmu menjadi kekejian dengan merenggangkan kedua pahamu bagi setiap orang yang lewat, sehingga persundalanmu bertambah-tambah.

Eze 16:26 Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu, sehingga persundalanmu bertambah-tambah, yang menimbulkan sakit hati-Ku.

Eze 16:27 Lihat, Aku telah melawan engkau dan telah mengurangi bagianmu dan menyerahkan engkau kepada kesewenang-wenangan orang-orang yang membenci engkau, yaitu perempuan-perempuan Filistin, yang merasa malu melihat tingkah lakumu yang mesum itu.

Eze 16:28 Engkau bersundal juga dengan orang Asyur, oleh karena engkau belum merasa puas; ya, engkau bersundal dengan mereka, tetapi masih belum merasa puas.

Eze 16:29 Engkau memperbanyak lagi persundalanmu dengan negeri perdagangan Kasdim, tetapi dengan itu juga engkau belum merasa puas.

Eze 16:30 Betapa besar hawa nafsumu itu, demikianlah firman Tuhan ALLAH, engkau yang melakukan segala-galanya ini, yaitu perbuatan seorang perempuan sundal jahanam,

Eze 16:31 yang membangun tempatmu yang tinggi pada setiap persimpangan jalan dan membuat bukit pengorbananmu di tiap-tiap tanah lapang. Tetapi engkau tidak seperti sundal biasa, oleh karena engkau menolak upah sundal.

Eze 16:32 Hai isteri yang berzinah, yang memeluk orang-orang lain ganti suaminya sendiri.

Eze 16:33 Kepada semua perempuan sundal orang memberi upah, tetapi engkau sebaliknya, engkau yang memberi hadiah umpan kepada semua yang mencintai engkau sebagai bujukan, supaya mereka dari sekitarmu datang kepadamu untuk bersundal.

Eze 16:34 Maka dalam persundalanmu engkau adalah kebalikan dari perempuan-perempuan yang lain; bukan orang yang mengejar engkau hendak bersundal; tetapi engkau yang memberi upah persundalan, sedang engkau tidak diberi apa-apa; itulah kebalikannya padamu.

Eze 16:35 Oleh karena itu, hai perempuan sundal, dengarkanlah firman TUHAN!

Eze 16:36 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau menghamburkan kemesumanmu dan auratmu disingkapkan dalam persundalanmu dengan orang yang mencintaimu dan dengan berhala-berhalamu yang keji dan oleh karena darah anak-anakmu yang engkau persembahkan kepada mereka,

Eze 16:37 sungguh, oleh karena itu Aku akan mengumpulkan semua kekasihmu, yaitu yang merayu hatimu, baik yang engkau cintai maupun yang engkau benci; Aku akan mengumpulkan mereka dari sekitarmu untuk melawan engkau dan Aku akan menyingkapkan auratmu di hadapan mereka, sehingga mereka melihat seluruh kemaluanmu.

Eze 16:38 Aku akan menghakimi engkau seperti orang menghakimi perempuan-perempuan yang berzinah dan yang menumpahkan darah dan Aku akan melampiaskan atasmu murka dan cemburuan-Ku.

Eze 16:39 Aku akan menyerahkan engkau di dalam tangan mereka dan mereka akan meruntuhkan tempatmu yang tinggi dan merusakkan bukit-bukitmu, mereka akan menelanjangi engkau, akan merampas perhiasan-perhiasanmu dan membiarkan engkau telanjang bugil.

Eze 16:40 Mereka akan menyuruh bangkit sekumpulan orang melawan engkau, yang melempari engkau dengan batu dan memancung engkau dengan pedang-pedang mereka.

Eze 16:41 Mereka akan membakar rumah-rumahmu dan menjatuhkan hukuman kepadamu di hadapan banyak perempuan. Dengan demikian Aku membuat engkau berhenti bersundal dan upah sundal tidak akan kauberikan lagi.

Eze 16:42 Demikianlah Aku melampiaskan murka-Ku kepadamu sehingga cemburu-Ku kepadamu reda kembali; barulah Aku merasa tenang dan tidak sakit hati lagi.

Eze 16:43 Oleh karena engkau tidak teringat lagi kepada masa mudamu, tetapi dengan semuanya ini membuat Aku gemetar kemarahan, sungguh, Aku juga akan menimpakan kelakuanmu atas kepalamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah engkau melakukan kemesuman ini lagi di samping segala perbuatan-perbuatanmu yang keji?

Eze 16:44 Lihat, setiap penyair akan mengatakan sindiran ini mengenai engkau: Begitu ibu, begitu anak!

Eze 16:45 Anak ibumu engkau, yang jijik melihat suaminya dan anak-anaknya lelaki, dan adik kakak-kakakmu perempuan engkau, yang jijik melihat suami-suami mereka dan anak-anak mereka lelaki. Ibumu adalah orang Heti dan ayahmu adalah orang Amori.

Eze 16:46 Kakakmu yang tertua ialah Samaria, yang beserta anak-anaknya perempuan diam di sebelah utaramu, dan kakakmu yang termuda ialah Sodom, yang beserta anak-anaknya perempuan diam di sebelah selatanmu.

Eze 16:47 Bukankah engkau hidup menurut perbuatan mereka dan engkau lakukan seperti perbuatan-perbuatan mereka yang keji; sebentar lagi saja engkau berbuat lebih jahat dari mereka dalam seluruh hidupmu.

Eze 16:48 Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sesungguh-sungguhnya Sodom, kakakmu yang termuda beserta anak-anaknya perempuan tidak berbuat seperti engkau lakukan beserta anak-anakmu perempuan.

Eze 16:49 Lihat, inilah kesalahan Sodom, kakakmu yang termuda itu: kecongkakan, makanan yang berlimpah-limpah dan kesenangan hidup ada padanya dan pada anak-anaknya perempuan, tetapi ia tidak menolong orang-orang sengsara dan miskin.

Eze 16:50 Mereka menjadi tinggi hati dan melakukan kekejian di hadapan-Ku; maka Aku menjauhkan mereka sesudah Aku melihat itu.

Eze 16:51 Dan Samaria tidak membuat setengahpun dari dosa-dosamu, bahkan engkau melakukan lebih banyak kekejian dari mereka berdua, sehingga dengan segala kekejian-kekejianmu yang engkau lakukan, engkau membuat kakak-kakakmu perempuan kelihatan benar.

Eze 16:52 Tanggunglah nodamu, hai engkau, yang mengakibatkan hukuman lebih ringan kepada kakak-kakakmu perempuan; dengan dosa-dosamu yang lebih keji dari mereka, mereka lebih benar dari padamu. Biarlah engkau merasa malu dan tanggunglah nodamu, oleh karena engkau membuat kakak-kakakmu perempuan kelihatan benar."


Tafsiran Wycliffe


Ketidaksetiaan yang Memalukan dari Sang Istri (16:15-34).

Perzinahannya dengan bangsa Kanaan (ay. 15-22), dan dengan bangsa-bangsa lain (ay. 23-29): Mesir (ay. 26, 27), Asyur (ay. 28), dan Kasdim (ay. 29).

15. Setelah bermukim di Kanaan, Israel sering kali pergi ke kuil-kuil bangsa Kanaan (bdg. 20:28; Yer. 2:5-7; 3:1-3).

16. Tenda-tenda yang berwarna-warni di bukit-bukit pengorbanan (bdg. II Raj. 23:7).

17. Patung-patung. Baal? Ataukah simbol-simbol laki-laki? (May, IB).

18,19. Bandingkan Yeremia 10:9; Hosea 2:8.

20, 21. Korban anak dalam api. Bandingkan 20:26, 31; 23:37-39. Bandingkan Keluaran 22:29; Hakim-Hakim 11:39; II Raja-Raja 16:3; 21:6; 23:10; Yeremia 7:31; 19:5; 32:35.

24. Tempat-tempat yang dibangun untuk penyembahan yang melanggar hukum.

25. Bandingkan 23:8, 17, 30, 40.

26, 27. Persekutuan dengan Mesir. Bandingkan Yesaya 30:1 dan seterusnya; 31:1 dan seterusnya; II Raja Raja 18:21.

Tetanggamu, si aurat besar itu (RSV); bandingkan 23:20, eufemisme untuk kekuatan Mesir.

27. Gangguan Filistin atas Yehuda pada zaman Sanherib (lih. ANET, hlm. 288).

28. Dengan orang Asyur. Kebijakan Ahas dan Manasye yang memihak Asyur (II Raj. 16:7 dst.; 21:1 dst.; II Taw. 33:1 dst.).

29. Negeri perdagangan Kasdim (RSV). Harfiahnya: di tanah Kanaan sampai Kasdim. Di sini kata Kanaan dipakai dalam pengertian "pedagang, penjual"; yaitu sampai ke negeri para pedagang, bahkan Kasdim (bdg. 17:4; Hos. 12:7; Zef. 1:11; Za. 14:21).

30. Betapa besar hawa nafsumu (AV. How weak is thine heart). Dalam bahasa Aram dan Akad, frase tersebut muncul, "Betapa aku dipenuhi dengan murka terhadapmu" (Cook, ICC).

Perbuatan-perbuatan seorang perempuan sundal jahanam (RSV. A brazen harlot).

31. Bandingkan ayat 24, 25. Menolak atau "menghina" upah (bdg. H. G. May, "The Fertility Cult in Rosea," AJSL, 48 (1932) 89-93).

32-34. Perempuan-perempuan sundal lainnya memungut upah; dia berbeda karena dia yang memberikan upah kepada orang-orang asing (bdg. Ul. 23:18; Hos. 2:19; 9:1).

33. Kata nedeh, "hadiah" (AV. gifts), dan nâdân, "hadiah-hadiah pernikahan" (AV, gifts) adalah istilah yang jarang muncul.

Hukuman Atas Istri Yang Berzinah (16:35-43).

Bagian ini menjalin suatu gambaran tentang hukuman atas seorang perempuan yang berzinah, dengan suatu gambaran tentang kehancuran Yerusalem.

36. Kata Ibrani yang diterjemahkan auratmu di tempat lain berarti "tembaga" atau "perunggu".

Ini mungkin kata pinjaman dari bahasa Akad, yaitu "perbuatan keterlaluan, pemborosan".

Bagian akhir dari ayat itu menggemakan ayat 20, 21.

37. Semua kekasihmu. Bangsa-bangsa yang dengannya dia bersekutu; dan yang engkau benci (RSV). Bangsa-bangsa yang dengannya tidak diadakan persekutuan, misalnya Filistin.

38. Berzinah. Bandingkan Imamat 20:10; Ulangan 22:22; Yohanes 8:5-7.

Menumpahkan darah. Bandingkan ayat 20, 36; Kejadian 9:6; Keluaran 21:12; Imamat 24:17.

Murka (AV. Blood in fury). Lihat 23:25.

39. Menelanjangi engkau. Ini mengandung makna penyingkapan perzinahan itu. Lihat juga 23:26; Hosea 2:3, 10.

40. Sekumpulan orang. Sejumlah besar orang yang berkumpul untuk menghakimi, dan melempari batu perempuan yang berzinah itu (bdg. ay. 38).

41. Membakar rumah-rumahmu. Bandingkan Hakim-hakim 15:6; 12:1.

Di hadapan banyak perempuan. Untuk memperingatkan mereka. Bandingkan. 23:10, 48.

42. Murka-Ku akan diredakan. Bandingkan 5:13.

43. Engkau tidak teringat lagi. Sebuah rangkuman dari ayat 35-43.

44, 45. Begitu ibu, begitu anak. Yerusalem dan saudara-saudara perempuannya, mirip dengan ibu mereka yang sama, yakni orang Heti (bdg. ay. 3).

46. Kakakmu yang tertua (harf. lebih besar, yakni dalam kekuatan politik dan wilayah) ialah Samaria, yang tinggal dengan anak-anaknya perempuan (kota-kota yang saling bergantung) di sebelah utaramu (yaitu sebelah kiri jika orang menghadap ke timur; Kej. 14:15), sementara kakakmu yang termuda (yaitu yang kurang penting) di sebelah selatan, atau sebelah kanan (I Sam. 23:19), adalah Sodom ... beserta anak-anaknya perempuan. Perbandingan yang menyakitkan hati. Bandingkan Yeremia 3:6; Yesaya 1:9.

47. Lebih jahat dari mereka. Yerusalem melebihi kejahatan saudara-saudaranya (bdg. Mat. 10:15; 11:20-24).

48-50. Kejahatan Sodom yang mengerikan dalam Kejadian 19 tidak disebutkan, melainkan kecongkakan, makanan yang berlimpah-limpah dan kesenangan hidup (RSV; abundance of idleness, AV), dan tidak menolong orang-orang sengsara dan miskin. Bandingkan Amos 6:4-6; Ester 3:15; Lukas 16:19-31.

51, 52. Samaria. Dosa-dosa Samaria tidak disebutkan, tetapi Samaria dan Sodom tampaknya benar, jika dibandingkan dengan Yerusalem (bdg. Am. 3:2).

I. Nubuat Melawan Yehuda dan Yerusalem (1:1-24:27).

Ucapan peringatan terhadap Yerusalem dan umat Israel, yang diberikan sebelum kejatuhan Yerusalem, terdiri dari: bagian pendahuluan, rincian panggilan sang nabi (ps. 1-3); tindakan-tindakan simbolis dan nubuatan yang menggambarkan penaklukan kota dan bangsa tersebut (ps. 4-7); sejumlah penglihatan yang menggambarkan dosa-dosa yang menjijikkan dari Yerusalem yang mengakibatkan kehancurannya (ps. 8-11); tindakan-tindakan simbolis, perumpamaan-perumpamaan, dan alegori-alegori yang menggambarkan perlunya pembuangan itu secara moral (ps. 12-19); dan sebuah tinjauan tentang sejarah masa lampau bangsa Israel yang sangat memerlukan hukuman tertentu (ps. 20-24).

Perlunya Pembuangan Itu Secara Moral (12:1-19:14).

Pesan-pesan sebelumnya dari Yehezkiel menubuatkan tentang kejatuhan bangsa Israel.

Dalam bagian ini (ps. 12-19), sang nabi berbicara tentang keberatan-keberatan dari orang-orang yang mengira, bahwa badai yang muncul akan berlalu, yang tidak melihat ada bencana yang akan datang, dan yang yakin, bahwa Tuhan tidak akan pernah menolak umat-Nya.

Melalui tindakan-tindakan simbolis, alegori, dan perumpamaan, Yehezkiel menunjukkan perlunya pembuangan itu secara moral.

Dia memberikan dua penyajian simbolis tentang pelarian dari kota yang dikepung itu (12:1-20), berbantah dengan nabi-nabi palsu (12:21-14:23), menggambarkan Israel seperti pohon anggur yang tak berguna (ps. 15), dan dalam sebuah alegori yang rinci mengingatkan kembali sejarah panjang dari ketidaksetiaan Israel kepada mempelai ilahinya (ps. 16).

Dia kembali ke kiasan tentang pohon anggur untuk menekankan ketidaksetiaan Zedekia (ps. 17), menjawab keberatan-keberatan terhadap hukuman ilahi melalui sebuah analisis tentang tanggung jawab perorangan (ps. 18), dan mengucapkan sebuah ratapan atas pemimpin-pemimpin Yehuda dan atas Yehuda sendiri (ps. 19).

Tema pasal 12-24 bisa dikelompokkan ke dalam tiga kategori.

I. Israel yang Tidak Setia: pohon anggur yang tak berguna (ps. 15); anak yatim piatu yang menjadi istri yang tak setia (ps. 16); dua saudara perempuan yang tak setia (ps. 23); sebuah tinjauan tentang sejarah Israel (20:1-44).

II. Dosa dan Penghukumannya: nubuat dan penyalahgunaannya (12:21-14:23); kebebasan moral dan tanggung jawab perorangan (ps. 18); hukuman atas Yerusalem karena dosa-dosanya (ps. 22).

III. Akhir dari Kerajaan itu: dua tindakan simbolis (12:1-20); dua rajawali dan pohon anggur (ps. 17); dua singa dan pohon anggur (ps. 19); pedang pembalasan Tuhan (20:45-21:32); perumpamaan tentang kuali yang berkarat (ps. 24).

Perumpamaan Tentang Bayi Yang Diketemukan (16:1-63).

Perumpamaan ini, seperti yang terdapat dalam pasal 23, menggambarkan hubungan antara Tuhan dan umat-Nya dipandang dari segi hubungan suami istri (bdg. Hos. 2; Yer. 2:1-3; 3:1-5).

Perjanjian Lama jarang menggunakan gambaran ini atau bentuk bapa - anak, sementara dalam agama bangsa Kanaan dan agama-agama politeistis lainnya, perkawinan antara allah dan manusia, dan kelahiran fisik dari allah dan semi - allah adalah sesuatu yang umum.

Setelah penyembahan berhala sepenuhnya disingkirkan dari Israel, penulis-penulis PB bisa menggambarkan secara efektif hubungan antara Allah dan Gereja-Nya, dengan lambang bapa - anak dan suami - istri (Ef. 5:25, 26; I Yoh. 3:1-3).

Mungkin Yehezkiel mengambil sebuah cerita umum, dan mengembangkannya sebagai sebuah perumpamaan, sesuai dengan selera Timur Jauh.

Seorang bayi yang tidak jelas asal-usulnya dan ditinggalkan, yaitu Yerusalem, ditinggalkan di sisi jalan untuk mati.

Tetapi dia diselamatkan oleh Tuhan, yang menjadi pemungutnya (ay. 1-7).

Setelah tumbuh menjadi gadis cantik, dia dinikahi oleh pemungutnya dan menjadi istri raja (ay. 8-14).

Ratu yang sombong itu, ternyata sangat tidak setia dan bersundal dengan orang-orang Kanaan dan orang-orang kafir lainnya (ay. 15-34).

Hukuman untuk perbuatan ini, yang digambarkan dalam ayat 35-43, dibenarkan, karena keburukan moralnya lebih buruk daripada keadaan kedua saudara perempuannya, yaitu Sodom dan Samaria (ay. 44-52).

Sekalipun demikian, Tuhan membuat janji-janji indah tentang pemulihan dari ketiga perempuan bersaudara itu (ay. 53-58), dengan menubuatkan, bahwa Yerusalem yang bertobat akan mengalami rekonsiliasi yang mulia melalui perjanjian yang kekal (ay. 59-63).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel