Jeremiah 52:31-34: Yoyakhin Dikasihani

Klik:

Jeremiah 52:31-34


Jer 52:31 Kemudian dalam tahun ketiga puluh tujuh sesudah Yoyakhin, raja Yehuda, dibuang, dalam bulan yang kedua belas, pada tanggal dua puluh lima bulan itu, maka Ewil-Merodakh, raja Babel, dalam tahun ia menjadi raja, menunjukkan belas kasihannya kepada Yoyakhin, raja Yehuda, dengan melepaskannya dari penjara.

Jer 52:32 Ewil-Merodakh berbicara baik-baik dengan dia dan memberikan kedudukan kepadanya lebih tinggi dari pada kedudukan raja-raja yang bersama-sama dengan dia di Babel.

Jer 52:33 Yoyakhin boleh mengganti pakaian penjaranya dan boleh selalu makan roti di hadapan raja selama hidupnya.

Jer 52:34 Dan tentang belanjanya, raja Babel selalu memberikannya kepadanya, sekadar yang perlu tiap-tiap hari, selama hidupnya, sampai hari matinya.


Tafsiran Wycliffe


Yoyakhin Dibebaskan dari Penjara (52:31-34).

Bagian ini diceritakan kembali dalam II Raja-Raja 25:27-30 (bdg. Yer. 22:24-30).

Setelah berkuasa selama tiga bulan, Yoyakhin ditawan ke Babel (II Raj. 24:8-17).

Dia tidak pernah kembali.

Meterai yang ditemukan di Palestina membawa kita pada kesimpulan, bahwa orang-orang Yehuda tetap menganggap dia sebagai raja yang memerintah, sementara Zedekia (pamannya) menjadi raja pendamping.

Lempengan-lempengan bertuliskan huruf paku yang ditemukan di Babel menguatkan cerita tentang masa pensiun Yoyakhin ini (bdg. tafsiran atas 22:30).

31. Ewil-Merodakh. Anak laki-laki dan penerus Nebukadnezar.

Menunjukkan belas kasihan. Ungkapan dalam bahasa Ibrani untuk bagian ini secara harfiah artinya: Merodakh melihat yoyakhin dengan kemurahan dan mengizinkan dia menemui raja - arti harfiah frasa itu diterjemahkan menjadi pelayan pribadi raja (ay. 25).

Bertemu raja (di istana) adalah kemurahan terbesar yang bisa diharapkan orang dalam politik (bdg. Kej. 40:13,20; bandingkan Est. 7:8).

34. Raja Babel selalu memberikannya kepadanya. Inilah cara pada zaman kuno untuk menyatakan, bahwa biaya hidup Yoyakhin ditanggung oleh pemerintah; dia diberi hak pensiun.

Apendiks: Jatuhnya Yerusalem dan Peristiwa-peristiwa yang Berkaitan (52:1-34).

Pasal ini nyaris sama dengan II Raja-Raja 24:18-25:30.

Materi dalam II Raja-Raja yang dihilangkan di sini dimuat dalam Yeremia 40:7-43:7 (bdg. tafsiran atas 39:1).

Apendiks ini mungkin ditambahkan pada Kitab Yeremia untuk menunjukkan betapa pesan sang nabi tentang hukuman digenapi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel