Yehezkiel 32: Nyanyian Ratapan Mengenai Firaun

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 32


Eze 32:1 Pada tahun kedua belas, dalam bulan yang kedua belas, pada tanggal satu bulan itu, datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 32:2 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai Firaun, raja Mesir dan katakanlah kepadanya: Engkau menyamakan dirimu dengan singa muda di antara bangsa-bangsa. Tetapi engkau seperti buaya di laut; sungai-sungaimu kaubuat berbuih, engkau mengeruhkan airnya dengan kaki dan menggelompar dalam lumpur sungainya.

Eze 32:3 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku memasang jaringku menangkap engkau dengan sekumpulan bangsa-bangsa yang banyak, dan mengangkat engkau di dalam pukat-Ku.

Eze 32:4 Kuhempaskan engkau ke tanah, Kulemparkan engkau ke padang. Dan ke atasmu Kusuruh hinggap segala burung di udara, dengan dagingmu Kukenyangkan binatang-binatang seluruh bumi.

Eze 32:5 Dagingmu Kubiarkan berhamburan di atas pegunungan, lembah-lembah Aku penuhi dengan bangkai-bangkaimu.

Eze 32:6 Bumi Kuberi minum darahmu yang mengalir, ya, juga gunung-gunung; dan alur-alur sungai akan penuh dengannya.

Eze 32:7 Waktu Aku membinasakan engkau, langit akan Kututup dan bintangnya Kubuat berkabut. Matahari Kututup dengan awan dan bulan, cahayanya tak disinarkan.

Eze 32:8 Semua yang bersinar di langit akan Kugelapkan demi engkau. Kegelapan Kudatangkan atas tanahmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 32:9 Aku menggelisahkan hati banyak bangsa, kalau Aku membawa kamu sebagai tawanan di tengah bangsa-bangsa, ke negeri-negeri yang belum kamu kenal.

Eze 32:10 Aku akan membuat banyak bangsa kaget melihat engkau, dan raja-rajanya akan menggigil melihatmu, kalau Aku menetak-netakkan pedang-Ku di hadapan mereka. Mereka akan gentar, terus-menerus, masing-masing demi hidupnya, pada hari kesudahanmu.

Eze 32:11 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Pedang raja Babel akan datang atasmu.

Eze 32:12 Aku akan membuat khalayak pengikutmu berebahan oleh pedang para pahlawan, semuanya yang terganas di antara bangsa-bangsa. Kecongkakan Mesir akan dipatahkan dan khalayak pengikutnya semua dipunahkan.

Eze 32:13 Semua binatangnya akan Kubinasakan dari tepi sungai-sungai besar; kaki manusia tidak lagi mengeruhkannya dan di dalamnya tiada hewan menggelompar.

Eze 32:14 Maka airnya akan Kujernihkan, sungai-sungainya akan Kubuat mengalir seperti minyak, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 32:15 Pada saat Mesir Kujadikan sunyi sepi, juga habis dilenyapkan segala isi negeri dan semua penduduknya habis Kumusnahkan, mereka akan tahu bahwa Akulah TUHAN.

Eze 32:16 Inilah ratapan yang seharusnya dinyanyikan; kaum perempuan bangsa-bangsa akan menyanyikannya; mereka akan menyanyikannya atas Mesir dan atas seluruh rakyatnya yang banyak, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Eze 32:17 Pada tahun kedua belas, dalam bulan pertama, pada tanggal lima belas bulan itu, datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 32:18 "Hai anak manusia, perdengarkanlah suatu ratapan--engkau bersama kaum perempuan bangsa-bangsa yang hebat--mengenai khalayak ramai di Mesir dan turunkanlah mereka ke bumi yang paling bawah menjumpai mereka yang telah turun ke liang kubur.

Eze 32:19 Dari siapakah engkau lebih cantik? Turunlah dan berbaringlah bersama orang-orang yang tidak bersunat!

Eze 32:20 Mereka akan rebah di tengah orang-orang yang mati terbunuh oleh pedang dan seluruh rakyatnya yang banyak akan telentang bersama dia.

Eze 32:21 Orang-orang berkuasa yang gagah perkasa beserta pembantu-pembantunya akan berbicara mengenai dia dari tengah dunia orang mati: Mereka telah turun dan telentang, orang-orang yang tidak bersunat itu, yang mati terbunuh oleh pedang.

Eze 32:22 Di situ Asyur dengan semua sekutunya, sekelilingnya terdapat kuburnya; mereka semuanya mati terbunuh, rebah oleh pedang.

Eze 32:23 Kuburnya ditentukan pada bagian yang terdalam dari liang dan kumpulan pengikutnya terdapat sekeliling kuburnya; mereka semuanya mati terbunuh, rebah oleh pedang, yaitu yang menimbulkan ketakutan di dunia orang-orang hidup.

Eze 32:24 Di situ Elam dan sekeliling kuburnya seluruh rakyatnya yang banyak; mereka semuanya mati terbunuh, rebah oleh pedang, yaitu yang tanpa disunat turun ke bumi yang paling bawah, yang dari pihaknya menimbulkan ketakutan di dunia orang-orang hidup. Mereka menanggung nodanya bersama orang-orang yang turun ke liang kubur.

Eze 32:25 Di tengah orang-orang yang mati terbunuh disediakan tempat tidur baginya dengan seluruh rakyatnya yang banyak sekeliling kuburnya; mereka semuanya orang-orang yang tidak disunat, mati terbunuh oleh pedang. Oleh sebab ketakutan terhadap mereka sudah ditimbulkan di dunia orang-orang hidup, dan mereka menanggung nodanya bersama orang-orang yang turun ke liang kubur; mereka ditempatkan di tengah orang-orang yang mati terbunuh.

Eze 32:26 Di situ Mesekh dan Tubal dengan seluruh rakyatnya yang banyak sekeliling kuburnya; mereka semuanya orang-orang yang tidak disunat, mati terbunuh oleh pedang, sebab mereka menimbulkan ketakutan di dunia orang-orang hidup.

Eze 32:27 Mereka tidak dibaringkan bersama pahlawan-pahlawan yang mati rebah pada zaman dahulu, yang turun ke dunia orang mati bersama segala senjata perangnya dan yang pedang-pedangnya ditaruh orang di bawah kepalanya serta perisai-perisainya terletak di atas tulang-tulangnya; sebab ketakutan terhadap pahlawan-pahlawan itu meliputi dunia orang-orang hidup.

Eze 32:28 Engkau akan telentang di tengah orang-orang yang tidak bersunat bersama orang-orang yang mati terbunuh oleh pedang.

Eze 32:29 Di situ Edom, raja-rajanya dan semua pemimpinnya, yang ditempatkan dekat orang-orang yang mati terbunuh oleh pedang, walaupun mereka kuat; mereka dibaringkan dekat orang-orang yang tidak disunat dan dekat orang-orang yang turun ke liang kubur.

Eze 32:30 Di situ pemimpin-pemimpin dari utara, semuanya mereka, dan semua orang Sidon, yang dengan malu turun dekat orang-orang yang mati terbunuh, walaupun dengan kekuatannya mereka sudah menimbulkan ketakutan terhadap mereka; mereka dibaringkan tanpa disunat dekat orang-orang yang mati terbunuh oleh pedang dan mereka menanggung nodanya bersama orang-orang yang turun ke liang kubur.

Eze 32:31 Firaun akan melihat mereka semuanya dan ia akan merasa terhibur dengan nasib khalayak ramai yang mengikutinya. Firaun mati terbunuh oleh pedang dengan seluruh tentaranya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 32:32 Oleh karena ia menimbulkan ketakutan di dunia orang-orang hidup, maka ia dibaringkan di tengah orang-orang yang tidak disunat, dekat orang yang mati terbunuh oleh pedang. Firaun dengan seluruh khalayak ramai yang mengikutinya, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


Tafsiran Wycliffe


1. Tahun kedua belas, dalam bulan yang kedua belas, pada tanggal satu. Februari - Maret, 584 (585) SM, satu tahun tujuh bulan setelah kejatuhan Yerusalem.

2. Ratapan (19:1). Di sini, sebuah nyanyian tragis dengan kutukan: "Firaun, singa muda bangsa-bangsa, engkau akan dihancurkan."

Engkau seperti buaya di laut (tannîm; bdg. 29:3), yang menimbulkan kesulitan di antara bangsa-bangsa.

4, 5. Kuhempaskan engkau. Binatang itu akan dibunuh dan mayatnya dibuang untuk dimangsa. Bandingkan 29:3-5.

7, 8. Waktu Aku membinasakan engkau. Firaun dibandingkan dengan benda-benda langit yang bersinar yang kehancurannya membuat langit dan bintang menjadi gelap.

Bandingkan 30:18; Amos 5:18, 20; Yesaya 13:9, 10; 14:12.

9, 10. Aku menggelisahkan hati banyak bangsa. Kejatuhan Mesir akan memberi pengaruh besar atas bangsa-bangsa.

Bandingkan pasal 30; 31.

11, 12. Pedang raja Babel dan para prajuritnya akan datang ke Mesir (bdg. 21:19; 29:8; 30:11).

13, 14. Akan Kubinasakan. Suatu gambaran dramatis dari Mesir yang tidak berpenghuni.

Bandingkan ayat 2; 29:11.

14. Maka airnya akan Kujernihkan. Kotorannya akan mengendap dan airnya akan menjadi jernih, dan sungai-sungainya akan mengalir seperti minyak, tidak ada lagi yang diinjak oleh manusia atau ternak.

Inilah perbandingan satu-satunya antara sungai yang mengalir tenang dengan minyak.

15. Tujuan penghukuman itu.

16. Ratapan ... yang dinyanyikan oleh kaum perempuan bangsa-bangsa. Kaum perempuan disewa sebagai peratap (bdg. ay. 18; 19:14; Yer. 9:16, 17).

17. Tahun kedua belas, dalam bulan pertama, pada tanggal lima belas (demikian Teks Masoret). Berdasarkan 32:1, bisa diperkirakan nubuatan ini diberi tanggal dalam bulan kedua belas, dua minggu kemudian.

Nubuatan ini berisi gambaran yang paling nyata dari Lubang Kubur atau Syeol dalam PL.

Ini adalah tempat dari orang mati secara internasional, penuh dengan kubur (ay. 22, 23), dihuni oleh bangsa-bangsa yang dulunya hebat (ay. 18, 29, 30); bangsa-bangsa yang mulia atau hina (ay. 23-25, 30); raja-raja di atas takhta mereka dikelilingi oleh rakyatnya (bdg. Yes. 14:9, 10, 18, 19); para prajurit yang dikubur bersama senjata mereka di bawah kepala mereka (ay. 27); bangsa-bangsa lemah (ay. 20, 21; Yes. 14:10; bdg. juga Ayb. 3:17-19).

19. Mesir akan dibaringkan di antara orang-orang yang tak bersunat. Bandingkan 31:18.

22, 23. Asyur akan dikirim ke dasar Syeol.

24, 25. Elam (dataran tinggi), yang disebutkan hanya di sini di Yehezkiel, terletak di sebelah timur Sungai Tigris dan sebelah utara Teluk Persia. Ibu kotanya adalah Susan (Neh. 1:1; Dan. 8:2). Bangsa Elam bukan bangsa Semit.

26, 28. Mesekh dan Tubal. Bandingkan 27:13.

27. LXX dan Siria menghilangkan tidak, sehingga berbunyi: mereka berbaring bersama pahlawan-pahlawan, yang telah mati pada zaman dulu, di mana senjata-senjata mereka dikubur bersama mereka.

Cara mati dan penguburan mereka akan sesuai dengan kehidupan mereka yang penuh penumpahan darah dan kekerasan.

29. Edom. Bandingkan 25:12-14. Orang-orang Edom disunat, tetapi di sini mereka akan dibaringkan dekat orang-orang yang tidak disunat.

30. Pemimpin-pemimpin (atau penguasa-penguasa, nãshîk, dari nãshak, "melantik"; bdg. Yos. 13:21; Mi. 5:4; Mzm. 83:11; Dan. 11:8) dari utara (Sapôn), yakni dari wilayah Siria yang mengelilingi Gunung Saphon (bdg. 28:14).

Orang Sidon, atau Fenisia secara umum. Bandingkan Ulangan 3:9; I Raja-Raja 16:31.

Orang-orang Siria dan Sidon disunat, maka teks itu seharusnya berbunyi seperti dalam ayat 29: "mereka akan dibaringkan dekat orang-orang yang tidak disunat".

31, 32. Firaun akan melihat mereka. Firaun akan mendapat penghiburan yang menyedihkan ketika mengetahui, bahwa dia tidak sendirian dalam nasibnya. Bandingkan 14:22; 31:16.

II. Nubuatan Melawan Bangsa-bangsa Asing (25:1-32:32).

Nubuatan yang mengumumkan hukuman atas bangsa-bangsa yang menjadi musuh Israel (ps. 25-32), merupakan sebuah peralihan antara nubuatan tentang penghakiman atas Yehuda dan Yerusalem (ps. 1-24) dengan nubuatan tentang pemulihannya (ps. 33-39; 40-48).

Nubuatan melawan bangsa-bangsa asing, juga dikelompokkan bersama-sama dalam kitab nabi-nabi lain: Yesaya 13-23; Yeremia 46-51; Amos 1; 2; Zefanya 2:4-15.

Sebelum bangsa yang ideal bisa diwujudkan, musuh-musuh harus dihancurkan dan Israel dibuat aman di tanahnya (28:24, 26; 34:28, 29).

Tujuh bangsa, mungkin suatu simbol kesempurnaan, ditetapkan untuk menerima hukuman.

Lima di antaranya telah bersekutu melawan Kasdim (Yer. 27:1-3).

Babel, kekuatan anti Allah dari PL, tidak termasuk dalam bangsa-bangsa yang mendapat penuduhan-penuduhan tersebut, mungkin karena bangsa itu menjadi alat keadilan Allah (29:17 dst.), sekalipun Yehezkiel mengetahui karakter bangsa Kasdim (7:21, 22, 24; 28:6; 30:11, 12; 31:12).

Tuhan akan memberikan hukuman atas musuh-musuh di sekitar Israel, karena perbuatan mereka terhadap Israel (25:3, 8, 12, 15; 26:2; 29:6) dan karena kesombongan serta pemujaan diri mereka yang jahat (28; 29:3).

Di sini, sebagaimana dalam nubuatan untuk bangsa asing dari kitab-kitab nabi-nabi lain, ditunjukkan pandangan internasional dari nubuatan Ibrani, dengan penekanannya pada kedaulatan universal Allah dan tanggung jawab moral dari semua manusia.

"Kedudukan sebuah bangsa di antara bangsa-bangsa bergantung pada kontribusinya kepada tujuan Allah bagi umat manusia, dan pada penghormatannya kepada peraturan universal Allah" (Cook, ICC, hlm. 282).

Bangsa-bangsa yang berada dalam penelitian sang nabi adalah Amon, Moab, Edom, Filistin (25:1-7, 8-11, 12-14, 15-17), Tirus (tiga nubuatan: 26; 27; 28:1-19), Sidon (28:20-26), dan Mesir (tujuh nubuatan: 29:1-16, 17-21; 30:1-19, 20-26; 31; 32:1-16, 17-32).

Empat nubuatan yang pertama, pendek dan sederhana (ps. 25), sementara nubuatan melawan Tirus (ps. 26-28) dan Mesir (ps. 29-32), merupakan puisi-puisi indah yang panjang, penuh warna dan berapi-api, yang dengan baik menggambarkan beragam gaya Yehezkiel.

Penanggalan yang diberikan untuk beberapa nubuatan yang ada dalam bagian ini, antara tahun 587/586 SM (tujuh bulan sebelum kejatuhan Yerusalem, 29:1) dan 571/570 SM (16 tahun sesudah kejatuhan Yerusalem, 29:17).

Tujuh Nubuat Melawan Mesir (29:1-32:32).

Kutukan-kutukan lainnya atas Mesir muncul dalam Yesaya 19; Yeremia 46; Zakharia 14:18, 19.

Dosa Mesir adalah kesombongannya (Yeh. 29:3, 9b; 30:10) dan tindakannya membawa Israel menjauh dari Tuhan (29:6-9a).

Hubungan Israel dengan Mesir pada zaman itu dijelaskan dalam Pendahuluan Kitab Yehezkiel.

Karena Mesir adalah kekuatan dunia yang besar, yang memerintah atas bangsa-bangsa dan ingin menguasai dunia (29:15), sang nabi mengecamnya dalam skala dunia.

Penghakiman atas Mesir akan menjadi "hari TUHAN" (30:3).

Kejatuhan bangsa besar itu akan dirasakan di seluruh dunia (32:10), bahkan alam ciptaan akan gemetar (31:15).

Dunia akan mengetahui, bahwa Allah adalah Tuhan (30:19,26).

Tujuh nubuat menggambarkan penghakiman Allah atas Mesir dalam beragam cara:

(1) Firaun sebagai monster laut atau buaya akan dilemparkan untuk dimangsa, dan bangsa itu akan dipulihkan menjadi bangsa yang lemah setelah 40 tahun (29:1-16).

(2) Mesir akan diberikan kepada Nebukadnezar sebagai imbalan karena pengepungan yang sia-sia atas Tirus (29:17-21).

(3) Mesir akan diruntuhkan bersama dengan sekutu, kekayaan, raja-raja dan kota-kotanya (30:1-19).

(4) Lengan Mesir akan dipatahkan oleh lengan-lengan raja Babel (30:20-26).

(5) Dalam sebuah perumpamaan, Firaun, sebagai kayu aras yang kuat, dipotong dan masuk ke dalam dunia orang mati secara tidak hormat (31:1-18).

(6) Ratapan atas Firaun, sang buaya Mesir, yang dihancurkan oleh raja Babel (32: 1-16).

(7) Ratapan yang dinyanyikan pada saat kejatuhan Mesir ke dalam dunia orang mati (32:17-32).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel