Hosea 5:8-14: Israel Mencari Pertolongan Di Mana-mana Tetapi Sia-sia

Klik:

Hosea 5:8-14


Hos 5:8 Tiuplah sangkakala di Gibea, dan nafiri di Rama. Berteriaklah di Bet-Awen, gemetarlah, hai Benyamin!

Hos 5:9 Efraim akan menjadi tandus, pada hari penghukuman; mengenai suku-suku Israel Aku memberitahu apa yang pasti.

Hos 5:10 Para pemuka Yehuda adalah seperti orang-orang yang menggeser batas; ke atas mereka akan Kucurahkan gemas-Ku seperti air.

Hos 5:11 Efraim tertindas, diremukkan oleh hukuman, sebab ia berkeras untuk berjalan mengikuti kesia-siaan.

Hos 5:12 Sebab itu Aku ini akan seperti ngengat bagi Efraim dan seperti belatung bagi kaum Yehuda.

Hos 5:13 Ketika Efraim melihat penyakitnya, dan Yehuda melihat bisulnya, maka pergilah Efraim ke Asyur dan mengutus orang kepada Raja 'Agung'. Tetapi iapun tidak dapat menyembuhkan kamu dan tidak dapat melenyapkan bisul itu dari padamu.

Hos 5:14 Sebab Aku ini seperti singa bagi Efraim, dan seperti singa muda bagi kaum Yehuda. Aku, Aku ini akan menerkam, lalu pergi, Aku akan membawa lari dan tidak ada yang melepaskan.


Tafsiran Wycliffe


8. Sangkakala ... dan nafiri. Nama-nama ini muncul dalam hubungan paralel.

Hosea tidak bermaksud untuk menekankan perbedaan di antara kedua instrumen itu.

Keduanya mungkin sedikit berlainan, tetapi dari jenis yang sama.

Misynah menyatakan, bahwa shôpâr (di sini diterjemahkan sangkakala) kadang-kadang berbentuk lurus dan kadang-kadang berbentuk melingkar. Biasanya alat ini hanya dari tanduk kambing jantan.

Nafiri perak, hasôsrâ, ditentukan oleh Hukum Taurat untuk dibunyikan pada peristiwa-peristiwa tertentu (Bil. 10:1-10; 31:6).

Gibea dan Rama adalah gunung yang tinggi di Palestina tengah. Suara tanda dari tempat-tempat tinggi itu dapat terdengar, baik di Yehuda maupun di Israel.

Bet-Awen. Bandingkan 4:15.

Gemetarlah, hai Benyamin, mungkin adalah peringatan yang ditujukan kepada Benyamin oleh orang-orang Bet-Awen (Betel). Ini akan berarti: "Benyamin, musuh berada di belakangmu."

9. Penghukuman. Allah akan memberikan keputusan bersalah kepada Israel karena menyembah berhala, dan Bala tentara Asyur akan menjadi alat-alat-Nya untuk menghukum umat-Nya yang tidak setia itu.

Allah memberitahu apa yang pasti akan terjadi. Penghukuman yang akan datang itu telah ditetapkan oleh Allah. Karena itu, hukuman tersebut pasti.

10. Orang-orang yang menggeser batas. Batas adalah tanda atau penunjuk batas. Dan hukum Israel (Ul. 19:14; 27:17; Ams. 22:28; 23:10) melarang orang untuk menggeser penunjuk batas.

Yehuda digambarkan sebagai menantikan kejatuhan Israel, karena setelah itu ia dapat menyeberangi perbatasan dan mengambil wilayah Israel.

Murka Allah akan dicurahkan seperti air. Sungai yang meluap mendatangkan kehancuran, dan raja-raja Yehuda layak mendapat penghukuman.

11. Diremukkan oleh hukuman menunjukkan konsep tentang peperangan sebagai hukuman dari Allah.

Bala tentara lawan digambarkan sebagai membela perkara mereka di depan pengadilan Allah.

Di sini, penghakiman jatuh atas Israel.

Hakim memberikan keputusan yang merugikan.

Israel tidak mematuhi perintah Allah, tetapi menyembah berhala.

LXX, Targum dan Peshitta menerjemahkan: 'kesia-siaan', 'berhala-berhala'.

Traktat Talmud Sanh 56 b menafsirkan perikop ini sebagai penjatuhan hukuman terhadap penyembahan berhala.

Yerobeam I memerintahkan Israel untuk menyembah anak lembu di Betel dan juga di Dan.

Hosea mungkin mengacu kepada perintah itu.

JPS memperbaiki teks itu menjadi: ia bersedia mengikuti kecemaran.

12. Allah menyamakan kehancuran yang datang atas Israel dengan pekerjaan ngengat dan belatung yang memakan habis barang-barang di rumah.

Keduanya bekerja diam-diam.

Ngengat makan dari luar, belatung makan dari dalam.

Israel hancur karena kerusakan dalam dirinya sendiri, dan juga karena musuh dari luar.

13. Menyadari kesukaran-kesukarannya, Efraim mencari bantuan dari Asyur, dan meminta pertolongan raja 'Agung', "raja yang berperang", mungkin Tiglat-pileser III.

14. Allah menyatakan, bahwa Ia akan seperti singa yang membawa pergi Israel dan Yehuda sebagai mangsa.

Tidak ada yang cukup kuat untuk menantang singa itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel