Hagai 2:15-19: Pembangunan Bait Suci Mendatangkan Berkat

Klik:

Hagai 2:15-19


Hag 2:15 (2-16) "Maka sekarang, perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya! Sebelum ditaruh orang batu demi batu untuk pembangunan bait TUHAN,

Hag 2:16 (2-17) bagaimana keadaanmu? Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang, hanya ada sepuluh; dan ketika orang pergi ke tempat pemerasan anggur untuk mencedok lima puluh takar, hanya ada dua puluh.

Hag 2:17 (2-18) Aku telah memukul kamu dengan hama dan penyakit gandum dan segala yang dibuat tanganmu dengan hujan batu; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Hag 2:18 (2-19) Perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya--mulai dari hari yang kedua puluh empat bulan kesembilan. Mulai dari hari diletakkannya dasar bait TUHAN perhatikanlah

Hag 2:19 (2-20) apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung, dan apakah pohon anggur dan pohon ara, pohon delima dan pohon zaitun belum berbuah? Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!"


Tafsiran Wycliffe


2:15. Sebelum ditaruh orang batu demi batu. Umat Allah diminta untuk memikirkan keadaan-keadaan sulit mereka pada masa mereka mengganggu pekerjaan Bait Allah.

2:16. Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang. Pada masa sukar dulu itu, ketika seorang mendatangi timbunan gandum yang dia pikir dia akan mendapatkan sebanyak dua puluh gantang, ternyata setelah mengirik, hasilnya hanya setengahnya saja.

Tempat pemerasan anggur. Anggur yang akan diperas, yang diperkirakan menghasilkan lima puluh takar, ternyata hanya menghasilkan dua puluh takar.

Harapan-harapan terus mengecewakan, sebab tangan Allah yang membuat makmur, tidak ada bersama mereka.

2:17. Aku telah memukul kamu. Seperti pada zaman nabi Amos (bdg. Amos 4:9), TUHAN memukul ladang-ladang dan kebun-kebun anggur umat-Nya dengan hama, suatu akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan, dan dengan lumut, sebagai akibat dari kelembaban yang berlebihan.

Sisa dari pekerjaan tangan mereka, dihancurkan oleh hujan batu.

Seluruh alam diatur supaya melawan mereka.

Namun kamu tidak berbalik kepada-Ku. Tanda-tanda ketidaksenangan Allah ini, seharusnya sudah merupakan peringatan cukup jelas tentang hukuman-hukuman yang lebih lanjut, namun, bangsa ini lamban mengerti dan tidak kembali kepada Allah dengan bertobat dan percaya.

2:18. Perhatikanlah mulai dari hari ini. Ayat ini memberikan nasihat ganda untuk memperhatikan.

Betapa sedikitnya manusia menggunakan akal pikiran mereka bagi hubungan yang mereka bina dengan TUHAN.

Sebelum hari yang kedua puluh empat, bangsa ini belum memberikan diri secara nyata pada pekerjaan itu, sebagaimana yang seharusnya mereka lakukan.

Mereka harus membandingkan keadaan sebelum dan sesudah mereka taat.

2:19. Apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung? Bangsa ini dengan mudah dapat menguji kebenaran atau kepalsuan dari kesimpulan-kesimpulan sang nabi.

Dengan berbuat demikian, mereka akan menemukan dalam waktu singkat, bahwa tidak ada benih dalam lumbung, dan pohon anggur serta pohon ara belum menghasilkan apa-apa.

Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat. Tetapi sekarang, setelah bertindak taat, Israel akan melihat segalanya berbeda.

Sang Nabi tidak berbicara sebagai seorang ahli pertanian yang pandai, yang menubuatkan panen yang bagus, melainkan sebagai nabi Allah yang menyatakan berkat karena iman, kemakmuran karena percaya.

Allah yang mampu menahan berkat, mampu juga melimpahkannya atas umat-Nya yang setia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel