Mikha 4:6-5:1: Penyelamatan Puteri Sion

Klik:

Micah / Mikha 4:6-5:1


Mic 4:6 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengumpulkan mereka yang pincang, dan akan menghimpunkan mereka yang terpencar-pencar dan mereka yang telah Kucelakakan.

Mic 4:7 Mereka yang pincang akan Kujadikan pangkal suatu keturunan, dan yang diusir suatu bangsa yang kuat, dan TUHAN akan menjadi raja atas mereka di gunung Sion, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Mic 4:8 Dan engkau, hai Menara Kawanan Domba, hai Bukit puteri Sion, kepadamu akan datang dan akan kembali pemerintahan yang dahulu, kerajaan atas puteri Yerusalem.

Mic 4:9 Maka sekarang, mengapa engkau berteriak dengan keras? Tiadakah raja di tengah-tengahmu? Atau sudah binasakah penasihatmu, sehingga engkau disergap kesakitan seperti perempuan yang melahirkan?

Mic 4:10 Menggeliatlah dan mengaduhlah, hai puteri Sion, seperti perempuan yang melahirkan! Sebab sekarang terpaksa engkau keluar dari kota dan tinggal di padang, terpaksa engkau berjalan sampai Babel; di sanalah engkau akan dilepaskan, di sanalah engkau akan ditebus oleh TUHAN dari tangan musuhmu.

Mic 4:11 Sekarang banyak bangsa berkumpul melawan engkau, dengan berkata: "Biarlah dia dicemarkan, biarlah mata kita puas memandangi Sion!"

Mic 4:12 Tetapi mereka itu tidak mengetahui rancangan TUHAN; mereka tidak mengerti keputusan-Nya, bahwa Ia akan menghimpunkan mereka seperti berkas gandum ke tempat pengirikan.

Mic 4:13 Bangkitlah dan iriklah, hai puteri Sion, sebab tandukmu akan Kubuat seperti besi, dan kukumu akan Kubuat seperti tembaga, sehingga engkau menumbuk hancur banyak bangsa; engkau akan mengkhususkan rampasan mereka bagi TUHAN dan kekayaan mereka bagi Tuhan seluruh bumi.

Mic 5:1 (4-14) Sekarang, engkau harus mendirikan tembok bagimu; pagar pengepungan telah mereka dirikan melawan kita; dengan tongkat mereka memukul pipi orang yang memerintah Israel.


Tafsiran Wycliffe


Kemenangan Terakhir Yerusalem (4:1-5:1).

Ayat 1-3 terdapat hampir kata demi kata dalam Yesaya 2:2-4.

Walaupun Mikha dan Yesaya hidup sezaman (Yer. 26:18; Yes. 1:1), sangatlah diragukan, bahwa sang nabi yang lebih tua, Yesaya, akan mengopi dari karya nabi yang lebih muda.

Selanjutnya, ayat-ayat ini lebih sesuai dan lebih lengkap dalam Kitab Mikha.

Sebagian pakar mengemukakan sumber ketiga yang darinya, Roh Kudus memimpin kedua nabi untuk memperoleh materi bagi tulisan-tulisan mereka.

Janji Tentang Kembalinya Orang-orang Buangan (4:6-7).

Sabda TUHAN adalah bahwa orang-orang buangan akan kembali, namun pada hari-hari yang "terakhir" (ay. 1), setelah menderita dan mengalami penghakiman.

TUHAN akan mengumpulkan mereka yang pincang dan terbuang, orang-orang yang dengan kejam dibawa ke pembuangan, yang dibuat menderita oleh Tuhan akibat dosa-dosa mereka.

Mereka ini akan menjadi pangkal suatu keturunan (ay. 7), atau orang-orang yang masih tersisa yang dikatakan oleh para nabi (bdg. Yes. 37:32; 46:3; Yer. 23:3; Am. 5:15).

Orang-orang yang dibuang itu akan menjadi bangsa yang kuat milik TUHAN sendiri.

Dan Dia akan menjadi raja atas mereka di gunung Sion mulai dari kepulangan mereka bahkan sampai selama-lamanya. (Lih. penutup dari ps. 5 sebagai penggenapan nubuatan ini.)

Yerusalem Akan Dipulihkan Menjadi Lebih Megah dan Lebih Kuat (4:8).

Pemerintahan yang dahulu. Kerajaan Daud dan Salomo menampilkan Yerusalem dalam kemuliaannya.

Di sini ditunjukkan, bahwa kemegahan yang lebih besar akan datang atas Sion, ke Menara, yaitu sebagian dari istana Daud, dari mana gembala yang baik, secara kiasan, menjaga kawanan dombanya.

Penebusan Akan Didahului oleh Penderitaan Sebagai Hukuman atas Dosa (4:9-10).

Keluarga Yakub harus menderita pembuangan di Babel. Di sanalah dia akan dibebaskan.

Para Musuh Akan Melihat Allah Membenarkan Umat-Nya (4:11-12).

Cemoohan akan datang dari bangsa-bangsa jahat penyembah berhala yang ingin mencemari Israel.

Namun, bangsa-bangsa ini tentu tidak memperhatikan kebijaksanaan TUHAN, bahwa Ia akan menghimpunkan mereka ke Yerusalem seperti berkas gandum ke tempat pengirikan.

Beberapa pihak berpendapat, bahwa musuh-musuh itu adalah bangsa Asyur ("Micah" The Cambridge Bible, hlm. 40), atau pasukan Antiokhus Epifanes, seperti yang digambarkan dalam Kitab Daniel dan dalam I dan II Makabe (Cowles, The Minor Prophets, hlm. 200), atau bangsa-bangsa yang berkumpul pada perang besar terakhir dalam Yoel 3; Yehezkiel 38; 39; Zakharia 12; dan Wahyu 20:8 dan seterusnya.

13. Bangkitlah dan iriklah. Sion akan menghukum dengan tanduk seperti besi dan kuku seperti tembaga.

Musuh-musuhnya akan dihancurkan seperti berkas gandum diinjak-injak oleh lembu jantan di tempat pengirikan.

Musuh-musuh Sion akan berpikir untuk mencari untung bagi tujuan-tujuan kepentingannya sendiri, namun, sebaliknya, keuntungan itu akan dikhususkan bagi TUHAN.

5:1. Mikha secara tiba-tiba beralih kepada sebuah pengalaman yang akan segera berlangsung.

Israel, di sini artinya Yehuda, akan menyusun kekuatannya untuk pengepungan, di mana raja yang memerintah, yang adalah hakim, akan dipermalukan.

Ini sebagian digenapi dengan pengepungan Sanherib pada tahun 701 SM, dengan perebutan Yerusalem oleh Nebukadnezar pada tahun 587 SM serta pukulannya terhadap raja Zedekia, dan dengan setiap pengepungan secara berturut-turut sampai kehancuran Yerusalem pada tahun 70 M.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel