Zakaria 6:9-15: Kerajaan Sang Tunas di Yerusalem

Klik:

Zechariah / Zakaria 6:9-15


Zec 6:9 Datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya:

Zec 6:10 "Pergilah pada hari ini juga ke rumah Yosia bin Zefanya dan pungutlah persembahan dari pihak orang-orang buangan, yaitu dari Heldai, Tobia dan Yedaya, semuanya orang-orang yang sudah datang kembali dari Babel,

Zec 6:11 pungutlah perak dan emas, buatlah mahkota dan kenakanlah itu pada kepala imam besar Yosua bin Yozadak;

Zec 6:12 katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Inilah orang yang bernama Tunas. Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN.

Zec 6:13 Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.

Zec 6:14 Dan mahkota itu akan tetap tinggal dalam bait TUHAN sebagai tanda peringatan akan Heldai, Tobia, Yedaya dan akan Yosia bin Zefanya.

Zec 6:15 Orang-orang dari jauh akan datang untuk turut membangun bait TUHAN; maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu. Dan hal ini akan terjadi, apabila kamu dengan baik-baik mendengarkan suara TUHAN Allahmu."


Tafsiran Wycliffe


10. Dari Heldai, Tobia dan Yedaya. Sebagai semacam catatan tambahan untuk penglihatan-penglihatan malam hari tersebut, nabi mengakhiri dengan sebuah tindakan simbolis.

Tiga orang telah datang sebagai utusan dari Babel ke rumah Yosia, anak Zefanya dengan suatu pemberian dari orang-orang di pembuangan bagi pembangunan Bait Allah yang sedang dibangun.

Pada hari ini juga. Ini adalah hari yang sama dengan yang ada pada 1:7; malam itu sang nabi diberi serangkaian penglihatan.

11. Mahkota (crowns). Versi aslinya menunjukkan, bahwa hanya ada satu mahkota sangat indah yang dibuat dari beberapa cincin bundar, karena mahkota itu hanya dimaksudkan untuk kepala Yosua.

Sebagaimana pada pasal 3, dia adalah lambang Mesias, baik dalam nama maupun jabatannya.

Keimaman orang Lewi menetapkan tidak adanya pemahkotaan bagi imam besar.

Sebuah mahkota tidak berkaitan dengan pelayanan atau jabatannya.

Serban dipakai untuk jabatan imam, mahkota untuk jabatan raja.

12. Orang yang bernama Tunas. Gambaran mengenai Mesias dalam 6:12-13 dinyatakan sebagai yang paling eksklusif dalam PL.

Pada Tunas terdapat ide tentang kerendahan hati.

Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN. Ini bukanlah Bait Allah yang diperbaiki pada masa itu, sebab kepada Zerubabel dijanjikan, bahwa dia akan menyelesaikan pembangunannya (bdg. ps. 4). Ini adalah Bait Suci Milenial dalam Yehezkiel 40-48.

13. Akan ada seorang imam. Menurut peraturan Melkisedek yang sebenarnya (bdg. Ibr. 5:10), dia seharusnya merupakan seorang Imam Raja (bdg. Mzm. 110:4).

Konsep-konsep mengenai keabadian, keamanan, dan suatu pendamaian yang sudah selesai, semuanya ada di sini.

Permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua. Dalam satu orang, akan disatukan martabat sebagai imam dan raja; kedua fungsi ini akan dipadukan dalam Pribadi Mesias.

14. Sebagai tanda peringatan. Mahkota akan disimpan sebagai tanda peringatan tentang perhatian penuh kesalehan dari sang utusan (dan dari orang-orang yang mereka wakili) terhadap hal-hal yang menyangkut Allah.

15. Orang-orang dari jauh. Zakharia sekarang melihat sang utusan yang datang dari Babel sebagai perwakilan dari bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang akan datang pada masa pemerintahan Mesias untuk membangun Bait Suci TUHAN (bdg. Yes. 60:10, 11).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel