Zakaria 6:1-8: Penglihatan Kedelapan: Empat Kereta

Klik:

Zechariah / Zakaria 6:1-8


Zec 6:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak keluar empat kereta dari antara dua gunung. Adapun gunung-gunung itu adalah gunung-gunung tembaga.

Zec 6:2 Kereta pertama ditarik oleh kuda merah, kereta kedua oleh kuda hitam.

Zec 6:3 Kereta ketiga oleh kuda putih, dan kereta keempat oleh kuda yang berbelang-belang dan berloreng-loreng.

Zec 6:4 Berbicaralah aku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"

Zec 6:5 Berbicaralah malaikat itu kepadaku: "Semuanya ini keluar ke arah keempat mata angin, sesudah mereka menghadap kepada Tuhan seluruh bumi."

Zec 6:6 Yang ditarik oleh kuda hitam itu keluar ke Tanah Utara; yang putih itu keluar ke arah barat; yang berbelang-belang itu keluar ke Tanah Selatan;

Zec 6:7 dan yang merah itu keluar, gelisah untuk pergi, hendak menjelajahi bumi. Lalu berkatalah ia: "Pergilah, jelajahilah bumi!" Maka mereka menjelajahi bumi.

Zec 6:8 Kemudian berteriaklah ia kepadaku: "Lihat, mereka yang keluar ke Tanah Utara itu akan menenteramkan roh-Ku di Tanah Utara."


Tafsiran Wycliffe


1. Tampak keluar empat kereta. Penglihatan tentang kereta ini melengkapi rentetan penglihatan yang dilihat oleh Zakharia dalam satu malam.

Disimpulkan dalam pikiran apa yang dinyatakan dalam penglihatan pertama.

Kereta-kereta itu secara jelas menjalankan keputusan penghukuman TUHAN.

Karena kereta dipakai dalam peperangan, maka tujuan penglihatan ini sudah jelas.

Angka empat tidak berarti empat kekuatan dunia seperti dalam Kitab Daniel, sebab empat catatan geografis dalam bagian ini tidak sesuai dengan kerajaan-kerajaan dalam Daniel 2 dan 7.

Angka empat ini lebih berarti alat-alat Allah, yang melalui mereka, Allah akan menuangkan penghukuman atas musuh-musuh Israel.

Dari antara dua gunung. Versi aslinya memakai kata sandang tertentu, kedua gunung, yaitu Gunung Moria dan Gunung Zaitun.

Kereta-kereta ini melaju melewati Lembah Yosafat.

2. Kuda merah. Ini berarti peperangan.

Kuda hitam. Barangkali menunjukkan malapetaka.

3. Kuda putih. Kemenangan dan kegembiraan dilambangkan oleh warna ini.

Kuda yang berbelang-belang dan berloreng-loreng. Mungkin penyakit dan wabah yang ditunjukkan oleh warna-warna ini.

5. Keluar ... sesudah mereka menghadap kepada Tuhan. Setiap alat TUHAN itu pergi untuk melaksanakan kehendak Allah berkenaan dengan tujuan utamanya.

8. Menenteramkan roh-Ku di Tanah Utara. Murka Tuhan dibuat tenang di Tanah Utara, atau Babel. (Walaupun tidak benar-benar terletak di utara Israel, Babel dicapai melalui perjalanan ke arah utara).

Memang benar, bahwa orang-orang yang tersisa telah dilepaskan dari pemerintahan Babel oleh hukuman Allah atas bangsa itu melalui Koresy.

Namun, walaupun Babel telah ditundukkan oleh Koresy, Babel memberontak pada tahun kelima pemerintahan Darius, yang dengan cepat merusakkan dan memusnahkan penduduk negeri itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel