Zakaria 12:10-14: Ratapan Atas Dia Yang Tertikam

Klik:

Zechariah / Zakaria 12:10-14


Zec 12:10 "Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Zec 12:11 Pada waktu itu ratapan di Yerusalem akan sama besarnya dengan ratapan atas Hadad-Rimon di lembah Megido.

Zec 12:12 Negeri itu akan meratap, setiap kaum keluarga tersendiri; kaum keluarga keturunan Daud tersendiri dan isteri mereka tersendiri; kaum keluarga keturunan Natan tersendiri dan isteri mereka tersendiri;

Zec 12:13 kaum keluarga keturunan Lewi tersendiri dan isteri mereka tersendiri; kaum keluarga Simei tersendiri dan isteri mereka tersendiri;

Zec 12:14 juga segala kaum keluarga yang masih tinggal, setiap kaum keluarga tersendiri dan isteri mereka tersendiri."


Tafsiran Wycliffe


10. Aku akan mencurahkan ... atas keluarga Daud. Ketika musuh yang menyerbu telah dihancurkan, Allah akan beralih pada hal-hal rohani yang harus diatur dengan benar di Israel.

Roh pengasihan dan roh permohonan. Pada akhirnya, yang diacu adalah Roh Kudus.

Allah hendak mencurahkan atas bangsa itu, baik yang berkedudukan tinggi maupun rendah, roh keyakinan yang akan mendorong mereka untuk berdoa (bdg. Yeh. 39:29; Yl. 2:28, 29).

Mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam. Namun, apakah generasi yang akan datang itu akan menikam Mesias?

Dengan menolak untuk mempercayai-Nya, mereka akan bersekutu dengan nenek moyang mereka yang juga melakukan demikian pada suatu masa dalam sejarah (bdg. Yun. 19:37).

Akan meratapi dia. Ini adalah Hari Pendamaian bangsa Israel pada masa mendatang.

Ketika Pribadi yang lebih mulia daripada Yusuf memperkenalkan diri kepada saudara-saudara-Nya, mereka akan remuk hati dengan dukacita dan penyesalan yang mendalam.

Anak tunggal. Kesedihan pribadi yang paling hebat ditunjukkan dalam kematian anak tunggal atau anak sulung.

Ayat ini mengajarkan dengan jelas, bahwa pada masa mendatang, Israel akan menyaksikan Mesias yang tertikam, kembali dari surga.

Ini adalah Mesias yang sama yang mereka tolak dahulu kala, dengan menanggung luka-luka yang sama, yang waktu itu mereka timbulkan.

11. Ratapan atas Hadad-Rimon. Acuan historisnya adalah pada pembunuhan oleh Firaun Nekho dari Mesir terhadap raja saleh dari Yehuda, yakni raja Yosia, sebuah malapetaka sangat penting bagi masyarakat dan terjadi di Megido (II Raj. 23:29, 30; II Taw. 35:22-27).

12. Setiap kaum keluarga tersendiri. Seluruh lapisan masyarakat akan menunduk dalam dukacita universal, baik raja, nabi, imam, maupun kaum awam.

Dan isteri mereka tersendiri. Akan demikian hebatnya kesedihan tersebut, sehingga, bahkan istri-istri pun tidak mau bergabung dengan suami-suami mereka dalam ratapan; masing-masing akan menghadapi kesedihannya sendiri.

Kesedihan itu akan melebihi berbagai ikatan duniawi yang paling erat sekalipun.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel