Matius 4:23-25: Yesus Mengajar dan Menyembuhkan Banyak Orang

Klik:

Matthew / Matius 4:23-25


Mat 4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

Mat 4:24 Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.

Mat 4:25 Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Ulasan Umum Mengenai Pelayanan di Galilea (4:23-25).

Ayat-ayat ini merangkum kisah-kisah yang akan diungkapkan di dalam pasal-pasal berikutnya.

Pelayanan Kristus sepanjang hari-hari itu meliputi mengajar (didaskōn), memberitakan (kērussōn) dan melenyapkan segala penyakit (menyembuhkan; therapeuōn).

23-24. Rumah-rumah ibadat (sinagoge) adalah tempat-tempat lokal untuk ibadat dan pengajaran agama.

Contoh khotbah Yesus di sinagoge dapat kita lihat di Injil Lukas 4:16-30.

Injil Kerajaan Allah merupakan kabar baik yang diberitakan Yesus, yaitu bahwa Raja Mesianis telah tiba untuk mendirikan kerajaan yang dijanjikan.

Pemberitaan ini diikuti dengan mukjizat-mukjizat penyembuhan, sebagaimana dinubuatkan tentang kerajaan itu, sehingga merupakan bukti kebenaran dari Sang Raja (Yes. 35:4-6; Mat. 11:2-6).

Siria. Di sini mengacu ke wilayah di bagian utara.

Yang kerasukan. Alkitab di sini jelas membedakan kerasukan dengan penyakit alamiah biasa.

25. Di samping orang-orang yang datang untuk disembuhkan, banyak orang lain dari daerah jauh mengikuti Dia tanpa memiliki motivasi ingin disembuhkan.

Dekapolis adalah sebuah perserikatan dari sepuluh kota bebas di Yunani di bawah perlindungan Siria, terletak di bagian timur Gelilea.

Seberang Yordan adalah wilayah di bagian timur yang dikenal dengan nama Perea.

Jadi, seluruh wilayah Palestina dan daerah-daerah di sekitarnya terpengaruh oleh pelayanan ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel