Matius 8:18-22: Hal Mengikut Yesus

Klik:

Matthew / Matius 8:18-22


Mat 8:18 Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang.

Mat 8:19 Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: "Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi."

Mat 8:20 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

Mat 8:21 Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku."

Mat 8:22 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38).

Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Markus dan Lukas.

Sekalipun demikian, penggambaran Matius mengenai penyembuhan orang yang sakit kusta langsung sesudah Khotbah di Bukti pastilah kronologis (bdg. 8:1), sedangkan Markus dan Lukas tidak merinci waktunya.

18-22. Wawancara dengan calon pengikut.

Hubungan kronologis bagian ini diperumit oleh penyajiannya di dalam Injil Lukas (9:57 dst.) yang menempatkannya jauh kemudian.

Mungkin wawancara yang pertama terjadi pada saat Yesus akan berangkat, dan Matius menambahkan peristiwa yang belakangan pada paragraf yang sama, sedangkan Lukas mengelompokkan tiga peristiwa sejenis dengan salah satu peristiwa yang lain.

Seorang ahli Taurat. Sekalipun hanya sedikit di antara para sarjana religius ini yang tertarik kepada Kristus (bdg. Mrk. 12:28-34; Luk. 11:53, 54), orang ini menawarkan diri untuk menjadi murid tetap.

Tetapi, jelas Yesus melihat di dalam tawaran ini, bahwa orang itu tidak memperhitungkan sepenuhnya betapa beratnya pemuridan sejati.

Anak Manusia. Gelar yang oleh orang Yahudi dipahami sebagai Mesias (Yoh. 12:34) dan sebagai sama dengan "Anak Allah" (Luk. 22:69-70).

Istilah ini merupakan sebutan Kristus bagi diri-Nya sendiri, rupanya berasal dari Daniel 7:13-14.

Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku. Orang yang sudah menjadi murid ini diminta oleh Yesus untuk mengikut-Nya (Luk. 5:59).

Karena baru saja mendengar tentang kematian ayahnya, dia memohon penundaan.

Gagasan, bahwa ayah orang ini masih hidup (karena penguburan orang Yahudi dilaksanakan pada hari kematian, dan penundaan sejenak tidak akan membuat Kristus perlu menjawab) tidak mengurangi kesulitan, sebab di kalangan Yahudi kewajiban seseorang terhadap orang tuanya yang sudah lanjut usia sama besarnya dengan terhadap orang yang mati.

Di dalam keraguan orang itu, Yesus melihat kelemahan kesetiaan.

Biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka. Apabila Kristus memanggil seseorang untuk melakukan tugas tertentu (Luk. 9:60), murid itu kadang-kadang harus meninggalkan apa yang sebetulnya akan dilakukannya.

Orang-orang yang mati secara rohani, mampu mengurus orang yang mati secara jasmani.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel