Matius 15:32-39: Yesus Memberi Makan Empat Ribu Orang

Klik:

Matthew / Matius 15:32-39


Mat 15:32 Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan."

Mat 15:33 Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?"

Mat 15:34 Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil."

Mat 15:35 Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah.

Mat 15:36 Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak.

Mat 15:37 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

Mat 15:38 Yang ikut makan ialah empat ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

Mat 15:39 Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu pulang. Ia naik perahu dan bertolak ke daerah Magadan.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Kembali ke Danau Galilea (Dekapolis, Mrk. 7:31) dan Mengadakan Mukjizat (15:29-38).

Markus menunjukkan, bahwa Yesus bergerak terus ke utara di Fenisia melalui Sidon, kemudian ke Timur melintasi Yordan, akhirnya ke selatan melalui Dekapolis mencapai Danau Galilea.

Jalan yang dilalui ini memberi kesan, bahwa Dia dengan sengaja menghindari wilayah kekuasaan Herodes Antipas.

32-38. Memberi makan empat ribu orang.

Menyatakan bahwa narasi ini mengisahkan peristiwa yang sama dengan peristiwa memberi makan lima ribu orang, berarti menjadikan Injil ini dan Injil Markus sekadar kumpulan tradisi yang telah dikelirukan, dan berarti memperlakukan ucapan-ucapan Yesus dalam Matius 16:9-10 sebagai hasil khayalan belaka.

Perbedaan yang ada cukup banyak, dan tidak ada hal yang mustahil tentang dua kali pemberian makan secara mukjizat.

32. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku. Makanan apa pun yang merupakan bekal kini sudah habis.

33. Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya? Bersikukuh bahwa Dua Belas Murid itu telah melupakan peristiwa pemberian makan sebelumnya adalah tidak berdasar.

Mereka hanya menyatakan ketidakmampuan mereka untuk menyediakan kebutuhan tersebut, dan menahan diri untuk tidak meminta Yesus melakukan mukjizat lainnya (mengingat Yoh. 6:26).

34-38. Dari tujuh roti dan beberapa ikan kecil, Kristus memberi makan sampai kenyang empat ribu orang laki-laki dan keluarga mereka dengan cara yang kurang lebih sama dengan ketika Ia memberi makan lima ribu orang.

Potongan yang tidak termakan berjumlah sampai tujuh bakul penuh.

Di sini, bakul yang dipergunakan adalah jenis spurides yang lebih besar dan mungkin dibawa oleh para murid di dalam perjalanan ini, dibandingkan dengan kophinoi yang lebih kecil dalam 14:20, suatu pembedaan yang ditunjukkan dalam 16:9-10.

Tujuh bakul ini mungkin isinya lebih banyak daripada dua belas pada peristiwa sebelumnya.

39. Magadan. Juga disebut Magdala, tetapi lebih baik Magadan. Lokasinya tidak diketahui.

Menurut Markus 8:10 tempat itu adalah Dalmanuta, yang lokasinya juga tidak pasti.

Tempat ini rupanya terletak di pantai Barat Galilea.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel