Matius 21:23-27: Pertanyaan Mengenai Kuasa Yesus

Klik:

Matthew / Matius 21:23-27


Mat 21:23 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?"

Mat 21:24 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.

Mat 21:25 Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?" Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?

Mat 21:26 Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi."

Mat 21:27 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Dan Yesuspun berkata kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Di Yerusalem (21:1-25:46).

Dalam menelusuri gerakan Yesus sampai ke Yerusalem, Matius mengabaikan perjalanan dari Yerikho ke Betania enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1), yang terjadi satu hari sebelum Kedatangan Penuh Kemenangan di Yerusalem (Yoh. 12:12).

23. Sepanjang kunjungan ketiga ke Bait Allah selama tiga hari berturut-turut ini, Yesus dihampiri oleh para pejabat dari Sanhedrin (imam-imam kepala, tua-tua bangsa dan ahli-ahli Taurat, Mrk. 11:27).

Dengan kuasa manakah? Pemberian kuasa pada umumnya diberikan oleh Sanhedrin, atau oleh seorang rabi terkemuka yang berani menjamin kebenaran pengajaran yang seharusnya diterima dari sumber-sumber tradisional yang benar (lihat Edersheim, Life and Times of Jesus, II, 381-383).

Hal-hal itu. Sebuah acuan terhadap tindakan-tindakan Kristus (membersihkan Bait Allah, mengadakan mukjizat), maupun ajaran dan kesediaan-Nya menerima pengakuan sebagai Mesias.

25-27. Baptisan Yohanes. Wakil dari pelayanan Yohanes.

Pertanyaan balik Kristus, bukan merupakan pengelakan tuntutan Sanhedrin, tetapi memiliki tujuan ganda, yang memberikan jawaban secara tersirat (bdg. Yoh. 5:33-35), dan menyingkapkan ketidakjujuran Sanhedrin.

Pelayanan Yohanes Pembaptis, yang secara popular diakui sebagai pelayanan kenabian, telah menyatakan di hadapan umum, bahwa Yesus adalah Mesias dan mengajarkan orang untuk percaya kepada-Nya (Yoh. 3:26-30; Yoh. 1:29-37; Kis. 19:4).

Dengan demikian, para pejabat tersebut melihat dengan jelas, dilema yang dimunculkan oleh pertanyaan Kristus kepada mereka.

Apabila mereka mengakui pemberian kuasa ilahi kepada Yohanes, mereka wajib mengakui apa yang telah diajarkan Yohanes tentang Yesus, bahwa Dia adalah Mesias.

Tetapi, menyangkal Yohanes akan membuat mereka dibenci oleh masyarakat.

Orang yang licik dan tidak jujur seperti mereka, memang tidak layak memperoleh jawaban yang lain.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel