Matius 19:27-30: Upah Mengikut Yesus

Klik:

Matthew / Matius 19:27-30


Mat 19:27 Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?"

Mat 19:28 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Mat 19:29 Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Mat 19:30 Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Di Daerah Seberang Sungai Yordan (Perea) (19:1-20:16).

Matius mencatat keberangkatan Yesus dari Galilea dan melukiskan perjalanan terakhir menuju ke Yerusalem.

Perbandingan dengan Lukas 9:51-18:14, menunjukkan adanya kunjungan lain ke Yerusalem dan suatu pelayanan selama beberapa bulan.

Jadi, harus disimpulkan, bahwa ada selang waktu selama sekitar enam bulan antara berangkatlah Ia dari Galilea dan tiba di daerah Yudea yang di seberang Sungai Yordan, dalam 19:1.

27. Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu. Apa yang orang muda itu tidak bersedia lakukan (bdg. Mat. 4:20, 22; 9:9).

Apakah yang akan kami peroleh? Belum tentu mencerminkan adanya pamrih, tetapi merupakan suatu pertanyaan tegas yang dijawab dengan tepat.

28. Penciptaan kembali. Kata ini, di dalam Perjanjian Baru hanya dipergunakan lagi di dalam Titus 3:5 (mengenai kelahiran kembali setiap orang secara rohani).

Di sini, yang dimaksudkan adalah kelahiran (penciptaan) kembali, yang akan terjadi di dalam masyarakat dan dunia pada saat Mesias mendirikan pemerintahan-Nya (bdg. Kis. 3:21; Rm. 8:19).

Dua belas takhta. Khusus bagi Dua Belas Murid di Kerajaan Seribu Tahun.

29-30. Setiap pengorbanan demi Kristus, akan memperoleh pahala yang memadai.

Sekalipun demikian, suatu peringatan harus diperhatikan.

Banyak orang (tidak semua) yang terdahulu akan menjadi yang terakhir. Aksioma ini, yang diulang kembali dalam 20:16 setelah suatu perumpamaan penjelasan, berlaku dalam banyak hal.

Di sini, konteks menunjukkan berlakunya hal itu pada orang-orang, yang mula-mula sudah berhubungan dengan Kristus, dan kemudian mungkin bersikap angkuh.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel