Matius 21:12-17: Yesus Menyucikan Bait Allah

Klik:

Matthew / Matius 21:12-17


Mat 21:12 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati

Mat 21:13 dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."

Mat 21:14 Maka datanglah orang-orang buta dan orang-orang timpang kepada-Nya dalam Bait Allah itu dan mereka disembuhkan-Nya.

Mat 21:15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,

Mat 21:16 lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"

Mat 21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam di situ.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Di Yerusalem (21:1-25:46).

Dalam menelusuri gerakan Yesus sampai ke Yerusalem, Matius mengabaikan perjalanan dari Yerikho ke Betania enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1), yang terjadi satu hari sebelum Kedatangan Penuh Kemenangan di Yerusalem (Yoh. 12:12).

Penyucian Bait Allah (21:12-17).

Penyucian yang sama atas Bait Allah tercatat dilakukan pada awal pelayanan Yesus (Yoh. 2:13-22), tetapi tidak ada alasan untuk meragukan, bahwa ada dua tindakan penyucian semacam itu.

Yesus sering kali mengulangi ucapan dan tindakan-Nya.

Orang-orang yang jahat ini, tidak lama kemudian kembali lagi ke jalan mereka yang jahat itu, sebab daya tarik keuangan sangatlah kuat.

12. Lalu Yesus masuk ke Bait Allah. Hal ini terjadi satu hari sesudah Ia masuk Yerusalem dengan penuh Kemenangan (Mrk. 11:11-12).

Di sini, Matius mencatat peristiwa tanpa menerangkan waktu.

Yang berjual beli di halaman Bait Allah. Pelataran luar bagi orang bukan Yahudi, juga ditempati oleh kandang tempat hewan yang akan dipersembahkan dapat dibeli, dan meja tempat mata uang asing dapat ditukarkan dengan mata uang syikal untuk dipersembahkan.

Pasar yang merupakan sumber pemerasan yang hebat ini, dikelola oleh keluarga imam besar Anas.

Sesaat sebelum perang di antara orang Yahudi dengan Romawi, kebencian umum terhadap pasar-pasar Anas ini, telah mengakibatkan penghapusannya (lihat Edersheim, Life and Times of Jesus, I. 367-372).

13. Ada tertulis. Yesaya 56:7 dan Yeremia 7:11.

Sarang penyamun. Tempat bersembunyi bagi para penyamun, yang perbuatan jahatnya terlindung oleh halaman suci.

14-16. Hanya Matius yang mencatat berbagai kesembuhan, yang membuat anak-anak (maskulin, anak-anak laki-laki) kembali menyerukan Hosana di dalam Bait Allah.

Ketika menanggapi para imam yang tidak menyetujui peristiwa itu, Yesus menggunakan Mazmur 8:3 untuk menunjukkan, bahwa Allah akan memperoleh pujian bagi diri-Nya, sekalipun dari mereka yang tidak diperhitungkan orang.

17. Pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam di situ. Desa di kaki Bukit Zaitun (bdg. Luk. 21:37).

Apakah Dia bermalam di sebuah rumah di desa itu? ataukah di udara terbuka? Tidak dapat dipastikan (bdg. Luk. 24:50 dengan Kis. 1:12 untuk pertukaran kedua nama ini).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel