Matius 28:16-20: Perintah Untuk Memberitakan Injil

Klik:

Matthew / Matius 28:16-20


Mat 28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.

Mat 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Mat 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


Tafsiran Wycliffe


Kebangkitan Yesus Kristus (28:1-20).

Kebangkitan yang dikisahkan oleh Matius mencakup rincian yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikisahkan Lukas dan Yohanes.

Sekalipun demikian, hanya Matius yang berjasa melaporkan tentang tindakan para prajurit (ay. 11-15) dan rumusan baptisan yang lengkap (ay. 19).

Persamaan mendasar di antara keempat narasi dipadukan dengan keragaman rincian, dan sudut pandangan yang cukup luas, menunjukkan, bahwa mereka masing-masing menyatakan apa yang sebenarnya, dan tidak bergantung satu sama lain.

Amanat Agung (28:16-20).

16. Penampakan kepada kesebelas murid di Galilea yang menggenapi pemberitaan sebelumnya (26:32; 28:7, 10), tidak dapat disangkal lagi merupakan penampakan kepada "lebih dari lima ratus saudara" yang disebutkan Paulus (I Kor. 15:6).

Galilea merupakan tempat tinggal sebagian besar pengikut Yesus, dan tempat yang paling mungkin bagi orang sebanyak itu tanpa diganggu pihak penguasa.

17. Mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Pengakuan sungguh-sungguh akan keilahian diri-Nya oleh sebagian besar orang yang hadir (bdg. kasus Tomas sebelumnya, Yoh. 20:28); dan keraguan di dalam diri beberapa orang.

Kesulitan untuk memahami, bahwa orang-orang yang ragu ini adalah di antara anggota Sebelas Murid setelah berbagai penampakan kepada mereka di Yerusalem, telah membuat banyak penafsir menganggap, bahwa mereka adalah orang-orang di antara yang disebutkan Paulus.

Sekalipun demikian, tanpa mengabaikan kehadiran orang-orang lain, Matius nyaris mustahil berpandangan seperti itu di sini.

Lebih baik menerima hal ini sebagai penafsiran yang mengejutkan, tetapi jujur atas berbagai kenyataan tersebut, dan sebagai petunjuk selanjutnya, bahwa para murid bukan kelompok yang mudah mempercayai sesuatu, namun baru benar-benar percaya berdasarkan "banyak tanda" (Kis. 1:3).

18. Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Penugasan yang diberikan, ditopang dengan kuasa dari Dia yang oleh Allah dijadikan Raja perantara, dengan kekuasaan atas segala sesuatu.

19. Jadikanlah semua bangsa murid-Ku. Tugas untuk memberitakan Injil, mendaftarkan orang di bawah ketuhanan Kristus.

Baptislah mereka. Upacara simbolik dengan mana seseorang secara terbuka mengakui komitmen pribadinya terhadap berita Kristiani.

Dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Rumusan lengkap yang harus dipergunakan, dengan menekankan ciri khas Kristen dari baptisan ini dibandingkan bentuk-bentuk penyucian Yahudi sebelumnya.

20. Ajarlah mereka. Menanamkan ketetapan-ketetapan kepada para pengikut-Nya.

Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Sebuah janji indah, bahwa kehadiran dan juga kekuasaan Kristus akan senantiasa memberikan kekuatan kepada hamba-hamba-Nya di dalam melaksanakan amanat ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel