Markus 4:21-25: Perumpamaan Tentang Pelita dan Tentang Ukuran

Klik:

Mark / Markus 4:21-25


Mar 4:21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.

Mar 4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Mar 4:23 Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

Mar 4:24 Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.

Mar 4:25 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."


Tafsiran Wycliffe


Perumpamaan-perumpamaan di Tepi Danau (4:1-34).

Di sini, ditampilkan metode mengajar yang berbeda.

Sekalipun sebelumnya Kristus telah mempergunakan metode ini secara terbatas, baru di sinilah dalam pelayanan-Nya, Dia mempergunakan metode ini sebagai sarana pengajaran yang utama.

Pada saat orang yang berkumpul bertambah banyak, perlawanan meningkat, dan para pengikut yang tidak sungguh-sungguh menjadi berlipat ganda, Yesus mempergunakan perumpamaan di satu sisi sebagai sarana untuk mengajar murid-murid-Nya sendiri, dan di sisi lain untuk menutup inti ajaran-Nya dari para pendengar yang tidak sungguh-sungguh dan yang bersikap menentang.

Dalam kesempatan ini, Dia mempergunakan perumpamaan untuk mengilustrasikan ciri-ciri tertentu dari Kerajaan Allah.

21. Perkataan-perkataan dalam 4:21-25 merupakan pernyataan umum yang mungkin telah dipakai Kristus pada berbagai kesempatan.

Untuk ay. 21 bdg. Mat. 5:15; untuk ay. 23 bdg. Mat. 11:15, 13:9, 43, Luk. 14:35; untuk ay. 24b, bdg. Mat. 7:2, untuk ay. 25, bdg. Mat. 25:29.

Tujuan Kristus dalam kesempatan ini ialah menekankan tanggung jawab yang diwajibkan kepada para pendengar perumpamaan.

Barangsiapa yang telah dicerahkan pada gilirannya harus mencerahkan orang lain (Mrk. 4:21-23).

Pelita. Terjemahan yang lebih tepat daripada lilin dalam Authorized Version.

Gantang. Tidak sama dengan gantang pada saat ini; dapat disamakan dengan takaran pengukuran kita saat ini.

Kaki dian sesungguhnya adalah sebuah penyangga lampu untuk lampu minyak yang tempat minyaknya terbuka sebagaimana dipakai ketika itu.

25. Siapa yang mempunyai. Prinsip yang dikemukakan di dalam pernyataan ini berlaku khusus untuk soal kebenaran dan pelaksanaannya.

Barangsiapa memegang erat kebenaran dan mempergunakannya akan menerima pencerahan lebih banyak, tetapi barangsiapa menolak untuk melaksanakan kebenaran akan kehilangan, bahkan pemahaman mengenai kebenaran yang pernah dimilikinya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel