Markus 3:7-12: Yesus Menyembuhkan Banyak Orang

Klik:

Mark / Markus 3:7-12


Mar 3:7 Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea,

Mar 3:8 dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya.

Mar 3:9 Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya.

Mar 3:10 Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya.

Mar 3:11 Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah."

Mar 3:12 Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.


Tafsiran Wycliffe


Perkembangan Pertentangan Resmi (2:1-3:12).

Tujuan dari sang penulis di dalam bagian ini ialah menunjukkan perkembangan konflik di antara Kristus dengan para pejabat Yahudi.

Popularitas Tuhan yang makin meluas dengan sendirinya membangkitkan rasa tidak senang mereka, sebab hakikat dari pemberitaan Yesus bertentangan dengan kepercayaan dan kebiasaan mereka.

Oleh karena itu, di dalam setiap peristiwa dari sejumlah lima peristiwa yang dicatat di sini, orang-orang Farisi terlihat menggerutu di antara sesama mereka, atau secara terbuka mengajukan pertanyaan atau keberatan.

7. Peristiwa yang tercatat di dalam ayat 7-12, memberikan gambaran lain tentang meluasnya ketenaran Tuhan yang membuat orang dari jauh dan dari dekat datang untuk melihat dan mendengar-Nya.

Orang banyak itu terdiri dari orang-orang yang berasal dari semua daerah terkecuali Samaria, bahkan juga dari wilayah di luar Palestina seperti Tirus dan Sidon (ay. 7-8).

Danau tempat Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir adalah Danau Galilea.

9. Perahu. Terjemahan yang lebih tepat seharusnya adalah perahu kecil.

Orang-orang yang berjumlah sedemikian banyak sehingga mulai menghimpit (thlibō) Yesus. Karena itu para murid ditugaskan untuk menyediakan perahu kecil itu untuk dinaiki-Nya, apabila tekanan dari orang banyak itu memaksa Dia meloloskan diri.

10. Popularitas yang besar ini berkembang karena Ia menyembuhkan banyak orang.

Keinginan besar dari orang sakit dan orang yang menderita untuk memperoleh bantuan, tampak dari kata-kata: sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya.

Ini artinya mereka datang kepada-Nya dengan penuh semangat.

Kata kerjanya mengandung arti berkesinambungan, melukiskan tindakan terus-menerus.

11. Lihat tafsiran atas 1:24, 34.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel