Markus 13:1-2: Bait Allah Akan Diruntuhkan

Klik:

Mark / Markus 13:1-2


Mar 13:1 Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: "Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!"

Mar 13:2 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Kaulihat gedung-gedung yang hebat ini? Tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37).

Di dalam bagian ini, Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir Sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya.

Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem.

Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37).

Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Yahudi berakhir.

Khotbah ini dibagi-bagi menjadi bagian-bagian seperti berikut: pertanyaan para murid (13:1-4), kondisi-kondisi yang merupakan ciri khas zaman ini (13:5-13), krisis yang akan datang (13:14-23), kedatangan Kristus yang kedua kali (13:24-27), pengajaran untuk berjaga-jaga (13:28-37).

1. Mengingat penggambaran Bait Suci oleh Yosefus, tidak mengejutkan, kalau salah seorang murid mengungkapkan kekagumannya atas kokohnya batu-batu dan megahnya gedung-gedung itu.

Yosefus melukiskan batu-batu itu sebagai berukuran tiga puluh tujuh kali dua belas kali delapan belas kaki.

Dia selanjutnya mengatakan, bahwa " ... bagian depan seluruhnya terbuat dari batu yang digosok sedemikian rupa sehingga keserasiannya, bagi yang belum menyaksikan, tidak masuk akal, dan bagi mereka yang sudah menyaksikan, sangat menakjubkan" (Antiquities, XV.xi.3-5).

2. Yesus memakai bentuk negatif ganda yang kuat dari bahasa Yunani (ou mē) sebanyak dua kali di dalam ayat ini untuk menyatakan, bahwa tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain.

Adalah sangat pasti, bahwa Bait Suci itu akan dimusnahkan sama sekali, suatu kenyataan yang dibenarkan oleh sejarah, ketika pada tahun 70 M di bawah pemerintahan Titus, Bait Suci itu, bersama dengan Kota Yerusalem, dihancurkan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel