Markus 13:24-32: Kedatangan Anak Manusia - Perumpamaan Tentang Pohon Ara

Klik:

Mark / Markus 13:24-32


Mar 13:24 "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya

Mar 13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

Mar 13:26 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Mar 13:27 Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.

Mar 13:28 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

Mar 13:29 Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

Mar 13:30 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi.

Mar 13:31 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Mar 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37).

Di dalam bagian ini, Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir Sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya.

Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem.

Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37).

Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Yahudi berakhir.

Khotbah ini dibagi-bagi menjadi bagian-bagian seperti berikut: pertanyaan para murid (13:1-4), kondisi-kondisi yang merupakan ciri khas zaman ini (13:5-13), krisis yang akan datang (13:14-23), kedatangan Kristus yang kedua kali (13:24-27), pengajaran untuk berjaga-jaga (13:28-37).

24-25. Nubuat sekarang berpindah kepada kedatangan kedua (ay. 24-27).

Kristus secara khusus menempatkan peristiwa besar ini sesudah siksaan itu, yang jelas mengacu kepada waktu yang dilukiskan dalam 13:14-23.

Hal ini memerlukan salah satu dari dua penjelasan.

Entah itu berarti Kristus akan datang tidak lama sesudah tahun 70 M, atau semua penganiayaan dalam ayat 14-23 memiliki acuan ganda, yaitu mengacu pada penghancuran Yerusalem oleh Titus dan pada Masa Penganiayaan Besar pada akhir zaman.

Karena penjelasan yang pertama tidak mungkin, maka penjelasan yang kedua dianggap sebagai kunci untuk memahami seluruh pasal ini.

Bahasa yang dipakai untuk melukiskan semua gangguan di langit sebagian besar diambil dari Perjanjian lama (Yes. 13:10; 34:4; Yl. 2:10, 30, 31).

Meskipun sebaiknya kita menghindari penafsiran yang terlalu harfiah di sini, tidak ada alasan untuk tidak memahami ungkapan-ungkapan ini sebagai mengacu kepada berbagai perubahan di angkasa, yang akan langsung mendahului kedatangan Kristus.

Sama sekali tidak aneh, bahwa peristiwa sepenting itu akan diperkenalkan dengan cara ini.

26. Yang dimaksudkan di sini adalah kedatangan kembali Kristus pribadi ke bumi dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, yang dilukiskan di dalam ayat-ayat seperti Kisah Para Rasul 1:11; II Tesalonika 1:7-10; 2:8: Wahyu 1:7; 19:11-16.

"Bertentangan dengan latar belakang langit yang mungkin gelap, Anak Manusia diperlihatkan di dalam kemuliaan Syekina Allah ... " (G. R. Beasley-Murray, A Commentary on Mark Thirteen, hlm. 89).

Kalimat yang dipergunakan di sini diambil dari Daniel 7:13. Akan melihat. Kedatangan-Nya akan bisa dilihat oleh semua orang.

27. Pada titik ini, kebangkitan orang benar yang sudah mati dan transformasi orang kudus yang masih hidup, akan terjadi (bdg. I Kor. 15:51-53; I Tes. 4:13-18).

Kemudian Dia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya, orang-orang tertebus dari segala zaman, yang lalu dan yang sekarang.

Mengenai orang-orang pilihan, lihat tafsiran atas 13:22.

Kata episynaxei, mengumpulkan, adalah bentuk kata kerja dari kata benda episynagoge, terhimpunnya, di dalam II Tesalonika 2:1.

Mereka akan berkumpul di sekitar Tuhan yang turun itu dari seluruh penjuru bumi (keempat penjuru bumi), bahkan dari tempat-tempat yang paling jauh sekalipun (ujung bumi sampai ke ujung langit).

28-29. Setelah selesai melukiskan rangkaian peristiwa masa depan, Tuhan beralih ke pembahasan tentang perlunya berjaga-jaga (ay. 28-37).

Tidak ada petunjuk, bahwa yang dilambangkan dengan pohon ara di sini adalah Israel.

Justru, perumpamaan ini merupakan peragaan sederhana tentang kebenaran, bahwa rangkaian peristiwa itu akan terjadi membayangi mereka.

Apabila semua ini mulai terjadi, kita akan mengetahui, bahwa kesudahan sudah dekat.

Hal-hal itu
yang dimaksudkan oleh Kristus adalah peristiwa-peristiwa yang dilukiskan dalam ayat 14-25.

30. Penjelasan yang paling masuk akal dari ungkapan, angkatan ini, ialah bahwa ungkapan tersebut mengacu kepada orang-orang yang hidup ketika Kristus berbicara.

Dalam masa hidup mereka, semua hal ini akan terjadi pada saat penghancuran Yerusalem dalam tahun 70 M.

Peristiwa ini dipergunakan oleh Kristus sebagai lukisan pendahuluan yang memberikan gambaran pendahuluan tentang akhir zaman dengan segala ciri hakikinya (bdg. Mrk. 9:1).

32. Hari dan saat dari kedatangan kembali Kristus tidak dapat diketahui oleh manusia.

Sesungguhnya, waktu itu hanya diketahui oleh Allah Bapa.

Pernyataan, bahwa Anak juga tidak mengetahui saat itu, harus dipahami dengan mengingat pembatasan diri yang dilakukan oleh-Nya selama masa Dia direndahkan (bdg. Flp. 2:5-8).

Dia telah mengambil kedudukan tunduk sepenuhnya kepada Bapa, dengan mempergunakan sifat-sifat ilahi-Nya hanya apabila diminta oleh Bapa (bdg. Yoh. 8:26, 28, 29).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel