Lukas 8:1-3: Perempuan-perempuan Yang Melayani Yesus

Klik:

Luke / Lukas 8:1-3


Luk 8:1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,

Luk 8:2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,

Luk 8:3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

8:1. Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa. Yesus menjelajahi Galilea secara sistematik, menjangkau penduduk dalam rangka persiapan bagi tawaran-Nya yang terakhir kepada mereka.

Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia. Apakah pernyataan ini secara tidak langsung berarti, bahwa mereka sebelumnya tidak selalu bersama dengan Dia?

Mungkin sebagian dari waktu mereka digunakan untuk mencari nafkah.

2. Beberapa orang perempuan. Lukas rupanya secara pribadi mengenal mereka.

Yohana (ay. 3) tidak pernah disebutkan di luar Injil ini.

3. Melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka. Rasa terima kasih orang-orang karena disembuhkan oleh Yesus, membuat mereka tergerak memberikan persembahan yang mendukung Yesus dan murid-murid-Nya sepanjang perjalanan pemberitaan Injil Kerajaan Allah.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel