Lukas 9:10-17: Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang

Klik:

Luke / Lukas 9:10-17


Luk 9:10 Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia.

Luk 9:11 Akan tetapi orang banyak mengetahuinya, lalu mengikuti Dia. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan.

Luk 9:12 Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi."

Luk 9:13 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini."

Luk 9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok."

Luk 9:15 Murid-murid melakukannya dan menyuruh semua orang banyak itu duduk.

Luk 9:16 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak.

Luk 9:17 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

10. Menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida. Sebenarnya ke wilayah tak berpenghuni yang masih termasuk kawasan Betsaida.

Betsaida adalah sebuah kota kecil di pantai utara Danau Galilea, sebelah timur sebuah teluk kecil Sungai Yordan, pada jarak sedang dari kota-kota yang lebih besar di pantai barat danau itu.

12. Pada waktu hari mulai malam. Para murid sadar, bahwa orang-orang itu mulai kelaparan, dan harus diberi makan sebelum ada yang pingsan.

13. Kamu harus memberi mereka makan. Yesus memerintahkan para murid untuk menghitung persediaan mereka dan mempergunakan apa yang ada pada mereka.

Lima roti dan dua ikan. Roti yang dimaksudkan adalah kue yang bundar seperti biskuit, dan ikan di sini adalah ikan kecil yang dikeringkan, yang digunakan sebagai makanan penyedap.

14. Lima ribu orang laki-laki. Apabila ada wanita dan anak-anak sebagaimana disebutkan Matius (Mat. 14:21), maka semua orang itu bisa berjumlah sepuluh ribu orang.

Suruhlah mereka duduk berkelompok. Yesus tahu cara mengatur orang banyak.

Mendudukkan mereka secara berkelompok, akan mencegah terjadinya kekacauan, dan membuat pembagian makanan menjadi lebih mudah.

16. Ia mengambil ... mengucap berkat ... memecah-mecahkan ... dan memberikannya. Pada saat Yesus memecah-mecahkan roti dan ikan, Dia memperbanyak makanan tersebut, sehingga Dia bisa terus memberikan makanan kepada para murid-Nya untuk dibagikan kepada orang banyak.

17. Dua belas bakul merupakan bagian yang cukup besar bagi setiap murid.

Bakul (Yunani: kophinos) adalah sebuah wadah besar, kurang lebih sebesar gantang.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel