Lukas 13:1-5: Dosa dan Penderitaan

Klik:

Luke / Lukas 13:1-5


Luk 13:1 Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan.

Luk 13:2 Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?

Luk 13:3 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.

Luk 13:4 Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem?

Luk 13:5 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

13:1. Yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan. Mungkin orang-orang Galilea, golongan nasionalis yang fanatik, telah mengganggu ketenangan Yerusalem.

Pilatus yang ada di sana sepanjang perayaan, mengirim tentara untuk turun tangan.

Hasilnya adalah pertempuran berdarah di halaman Bait Suci.

Tindakan semacam itu memang sesuai dengan sifat yang sudah dikenal dari Pilatus.

2. Lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea? Suatu musibah besar sering kali ditafsirkan sebagai hukuman khusus bagi para korban.

3. Tidak! kata-Ku kepadamu. Yesus tidak menyetujui pendapat, bahwa para korban tindakan Pilatus itu luar biasa dosanya, tetapi Ia menyatakan, bahwa nasib yang sama menanti semua orang yang tidak bertobat.

Mungkin Dia sedang berpikir tentang dihancurkannya Yerusalem beberapa tahun kemudian (bdg. 19:41-44; 21:20-24), yang terjadi pada tahun 70 M.

4. Atau sangkamu kedelapan belas orang. Dia mengacu kepada suatu peristiwa lain yang baru saja terjadi, dan masih merupakan buah bibir penduduk setempat, dan Dia menggunakan penerapan yang sama.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel