Lukas 13:6-9: Perumpamaan Tentang Pohon Ara yang Tidak Berbuah

Klik:

Luke / Lukas 13:6-9


Luk 13:6 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.

Luk 13:7 Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!

Luk 13:8 Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,

Luk 13:9 mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

6. Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini. Pohon ara yang tidak berbuah adalah melambangkan bangsa Yahudi.

Yesaya (5:2) mempergunakan perumpamaan serupa dengan landasan pokok anggur.

Pemilik pohon ara itu sangat berhak untuk mengharapkan buah dari pohon tersebut, dan layak kecewa ketika buah yang diharapkan itu tidak ada.

7. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! Hukuman adalah satu-satunya jawaban bagi orang-orang yang tidak berbuah.

8. Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi. Tukang kebun dari perkebunan itu meminta kesempatan bagi pohon tersebut, agar pohon tersebut diberi satu kesempatan lagi.

Yesus secara tidak langsung mengatakan, bahwa bangsa itu mendapat kesempatan terakhir, sebelum Allah menghukum mereka karena pemberontakan mereka dan karena keadaan mereka yang tidak menghasilkan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel