Lukas 13:10-17: Menyembuhkan Orang Sakit pada Hari Sabat

Klik:

Luke / Lukas 13:10-17


Luk 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

Luk 13:11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.

Luk 13:12 Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."

Luk 13:13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.

Luk 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."

Luk 13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?

Luk 13:16 Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"

Luk 13:17 Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

10. Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Bagian ini merupakan salah satu dari sejumlah kisah yang diulang dalam kitab-kitab Injil mengenai tindakan penyembuhan yang dilakukan pada hari Sabat oleh Tuhan Yesus.

Suatu tindakan yang selalu merupakan sumber pertengkaran antara Yesus dengan orang-orang Farisi.

11. Seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh. Perempuan itu merupakan korban kerasukan setan.

Kuasa jahat kadang-kadang dimanifestasikan dalam perilaku bengis (8:29), atau dengan melumpuhkan suatu anggota tubuh korban (11:14).

Yesus berbicara tentang perempuan itu sebagai seorang yang telah diikat oleh Iblis (13:16).

12. Ia memanggil dia (perempuan itu). TindakanNya spontan: Dia mengambil inisiatif.

14. Kepala rumah ibadat menunjukkan norma-norma Yudaisme dengan penafsiran yang ketat atas Hukum Taurat.

Dia tidak berbicara secara langsung, tetapi dengan pernyataannya, dia menyalahkan tindakan Yesus.

15. Tuhan menjawab dia. Kepala rumah ibadat mengetahui peraturan itu.

Tuhan mengetahui kapan harus menggunakan perkecualian.

Mengapa perempuan ini tidak boleh disembuhkan pada hari Sabat apabila Hukum Taurat mengatur agar hewan-hewan tidak kehausan?

16. Bukankah perempuan ini ... harus dilepaskan. Yesus tidak hanya menyatakan, bahwa penyembuhan itu diperbolehkan; Dia menegaskan, bahwa penyembuhan itu merupakan suatu keharusan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel