Lukas 21:25-33: Kedatangan Anak Manusia - Perumpamaan Tentang Pohon Ara

Klik:

Luke / Lukas 21:25-33


Luk 21:25 "Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.

Luk 21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.

Luk 21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Luk 21:28 Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."

Luk 21:29 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja.

Luk 21:30 Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat.

Luk 21:31 Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.

Luk 21:32 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi.

Luk 21:33 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

25. Akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang. Jika ayat-ayat sebelumnya menubuatkan kejatuhan Yerusalem dan kehancuran terakhir persemakmuran Yahudi, maka ayat-ayat selanjutnya pasti membahas akhir zaman, dan juga tanda-tanda kedatangan Kristus (bdg. ay. 11).

26. Orang akan mati ketakutan. Berbagai krisis politik dan sosial, bersamaan dengan berbagai bencana alam, akan melebihi kekuatan manusia untuk menanggungnya.

Kuasa-kuasa langit akan goncang. Penghakiman terakhir Allah akan disertai dengan perubahan seluruh alam semesta (bdg. II Ptr. 3:10, 11).

27. Datang dalam awan. Awan kemuliaan yang cemerlang akan mengantar Kristus kembali ke bumi, suatu "tanda" yang jelas mengenai realitas-Nya (bdg. 9:31, 32, 34; Mat. 17:5: Kis. 1:9, 11; Why. 1:7).

28. Apabila semuanya itu mulai terjadi. Bahasa yang dipakai menunjukkan suatu proses yang akan berlangsung selama jangka waktu tertentu, sehingga merupakan peringatan bagi orang-orang yang mampu menafsirkan tanda-tanda itu.

Penyelamatan artinya pembebasan, penyempurnaan keselamatan dari Allah (bdg. Rm. 13:11).

29. Perhatikanlah pohon ara. Pohon yang umum di Palestina, yang mengeluarkan kuncup pada awal musim semi.

31. Kerajaan Allah sudah dekat. Melalui kata-kata ini, Yesus menunjukkan, bahwa Kerajaan Allah belum digenapi sepenuhnya, dan bahwa Kerajaan itu baru akan digenapi masa yang akan datang.

Kata-kata ini melengkapi 17:21, "Kerajaan Allah ada di antara kamu."

32. Angkatan ini. Matius (24:34), Markus (13:30) dan Lukas mengutip ucapan ini dengan kata-kata yang pada hakikatnya sama.

Apabila yang dimaksudkan adalah angkatan yang hidup ketika kata-kata ini diucapkan, maka seluruh pasal hingga ayat 25 harus diartikan sebagai mengacu kepada kehancuran Yerusalem dan keruntuhan persemakmuran Yahudi.

Tetapi apabila angkatan ini mengacu kepada bangsa Israel, maka Yesus hanya menubuatkan, bahwa bangsa itu akan bertahan hingga kedatangan-Nya kembali.

Kedua penafsiran ini selaras dengan penggunaan istilah tersebut oleh Lukas.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel