Lukas 17:20-37: Kedatangan Kerajaan Allah

Klik:

Luke / Lukas 17:20-37


Luk 17:20 Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah,

Luk 17:21 juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."

Luk 17:22 Dan Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Akan datang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya.

Luk 17:23 Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut.

Luk 17:24 Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya.

Luk 17:25 Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini.

Luk 17:26 Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia:

Luk 17:27 mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua.

Luk 17:28 Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.

Luk 17:29 Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.

Luk 17:30 Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

Luk 17:31 Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali.

Luk 17:32 Ingatlah akan isteri Lot!

Luk 17:33 Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.

Luk 17:34 Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

Luk 17:35 Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan."

Luk 17:36 (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)

Luk 17:37 Kata mereka kepada Yesus: "Di mana, Tuhan?" Kata-Nya kepada mereka: "Di mana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar."


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

20. Apabila Kerajaan Allah akan datang. Baik Yohanes Pembaptis maupun Yesus memberitakan, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.

Orang-orang Farisi beranggapan, bahwa apabila Yesus itu Mesias, Dia akan memperkenalkan pemerintahan-Nya dengan cara segera menyatakan kuasa dan menaklukkan negeri itu secara lahiriah.

Yesus mempunyai program yang berbeda, dan jawaban-Nya mencakup dua pokok utama dari program tersebut.

Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah. Kedatangan awalnya tidak akan merupakan suatu gerakan politik atau hasil dari suatu gerakan yang kelihatan.

21. Kerajaan Allah ada di antara kamu. Di antara merupakan terjemahan dari kata Yunani: entos.

Suatu kerajaan tidak hanya merupakan suatu wilayah, juga bukan suatu sistem roda pemerintahan.

Eksistensi pokok dari kerajaan ialah kesatuan dan kesetiaan dari sekelompok orang.

Yesus menyatakan, bahwa Kerajaan Allah itu sudah ada dan hanya perlu dikenali saja.

Dia telah membawa Kerajaan itu bersama diri-Nya dan sudah ada di antara mereka.

22. Hari-hari Anak Manusia. Orang Yahudi mempergunakan istilah ini untuk menunjuk kepada zaman Mesias.

Anak Manusia merupakan gelar Mesias yang terdapat dalam Daniel 7:13-14.

Kamu tidak akan melihatnya. Kedatangan Mesias akan tertunda untuk jangka waktu yang lama.

24. Seperti kilat memancar dari ujung langit. Seperti pancaran kilat langsung kelihatan dari satu ujung cakrawala ke ujung cakrawala yang lain, demikianlah Mesias yang sejati akan kelihatan oleh semua orang ketika Dia datang untuk mendirikan Kerajaan-Nya.

Dia tidak akan muncul secara diam-diam, juga tidak terbatas pada satu tempat tertentu.

25. Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu. Ayat ini menunjukkan secara pasti, bahwa Yesus sedang berbicara tentang diri-Nya sendiri, karena Dia mengembangkan tema yang sama dalam 18:31-34.

Para penanya itu tidak mempunyai konsep mengenai seorang Mesias yang menderita, tetapi kata harus di dalam ayat ini mengacu kepada ayat-ayat nubuat dalam Alkitab sebagaimana ditunjukkan oleh 24:44.

Dia memandang kematian-Nya yang akan datang di Yerusalem sebagai bagian dari tugas-Nya sebagai Mesias, yang akan diikuti kemudian oleh penyataan kuasa "pada hari kedatangan-Nya" (ay. 24).

26. Sama seperti terjadi pada zaman Nuh. Ayat ini menunjukkan adanya masa penundaan sementara di antara berbagai pelanggaran dengan saat penghakiman terakhir.

Hari-hari Anak Manusia. Hukuman tidak akan datang segera, tetapi pasti tidak terelakkan.

27. Mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan. Hal-hal tersebut sebenarnya tidak salah, tetapi dengan terlalu memperhatikan hal-hal semacam itu, orang menunjukkan, bahwa mereka hidup semata-mata pada taraf materialistis, sama sekali tanpa memikirkan Allah. Hukuman air bah menimpa mereka secara tidak terduga.

Sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera. Saat penghakiman terjadi bersamaan atau langsung sesudah pemindahan hamba Allah.

Baik di dalam kasus Nuh maupun kasus Lot (lih. ay. 29), umat Allah diambil dahulu dari tempat penghukuman sebelum penghukuman itu dilaksanakan.

34. Yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Ayat 34, 35 dan 36 memiliki arti yang sama, tetapi masing-masing mengacu kepada saat yang berbeda.

Orang sedang tidur pada malam hari, dua wanita sedang menggiling padi pada dini hari sebelum matahari terbit, dan pekerja yang ada di ladang sepanjang hari.

Kesan yang timbul adalah adanya tindakan yang segera, sebab kedatangan Tuhan pada satu saat akan terjadi pada waktu yang berbeda di tempat berbeda di bumi ini.

Dibawa / diambil sering kali digunakan untuk orang-orang kudus, tetapi dapat juga mengacu kepada pengumpulan para penyesat untuk dihakimi. Bandingkan gambaran itu dengan lalang (Mat. 13:41-42) dan pohon anggur di bumi (Why. 14:18-9).

37. Di mana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar. Ketika para murid ingin mengetahui ke mana orang-orang yang diambil tersebut akan dibawa, Yesus menjawab dengan sebuah amsal.

Penafsiran bahwa burung nazar ini melambangkan orang kudus yang berkumpul di sekitar Kristus merupakan pengertian yang asing dari amsal ini.

Burung nazar ini malah mengacu kepada datangnya penghukuman secara tiba-tiba atas suatu kebudayaan yang rusak dan jahat.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel