Lukas 14:1-6: Lagi Penyembuhan Pada Hari Sabat

Klik:

Luke / Lukas 14:1-6


Luk 14:1 Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.

Luk 14:2 Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya.

Luk 14:3 Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?"

Luk 14:4 Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi.

Luk 14:5 Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?"

Luk 14:6 Mereka tidak sanggup membantah-Nya.


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

14:1. Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ (bdg. 11:37). Semua yang hadir mengamat-amati Dia.

Orang-orang Farisi mengamat-amati (Yunani: paretērounto) Yesus dengan cermat (bdg. 6:7), dengan tujuan untuk menjebak Dia, jika mungkin.

2. Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya. Kehadiran orang ini sangat tidak terduga.

Mungkin dia datang ke pesta itu dengan harapan dapat disembuhkan.

Busung air. Tubuh yang membengkak akibat tertahannya cairan secara berlebihan dalam jaringan.

Keadaan menyedihkan dari orang itu pasti terlihat jelas oleh semua orang yang hadir.

3. Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu. Dia mengulangi pertanyaan-Nya dari peristiwa sebelumnya (6:9).

4. Mereka itu diam semuanya. Mereka tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan itu.

Andaikata mereka mengatakan, bahwa penyembuhan pada hari Sabat tidak diperbolehkan, maka mereka tentu akan menyalahkan diri mereka sendiri; andaikata mereka mengatakan, bahwa penyembuhan itu diperbolehkan, maka mereka tentu tidak bisa mengecam Dia.

5. Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur. Yesus sudah memakai argumentasi yang sama dalam dua peristiwa sebelumnya (6:9; 13:15).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel