Lukas 13:31-35: Yesus Harus Mati di Yerusalem - Keluhan Terhadap Yerusalem

Klik:

Luke / Lukas 13:31-35


Luk 13:31 Pada waktu itu datanglah beberapa orang Farisi dan berkata kepada Yesus: "Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau."

Luk 13:32 Jawab Yesus kepada mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu: Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai.

Luk 13:33 Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem.

Luk 13:34 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

Luk 13:35 Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat Aku lagi hingga pada saat kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

31. Herodes hendak membunuh Engkau. Orang Farisi mungkin hanya berusaha untuk menakut-nakuti Yesus, agar Dia meninggalkan wilayah itu.

Dalam pada itu, Herodes memiliki perasaan yang tidak enak, dan berpikir, bahwa Yesus mungkin adalah Yohanes Pembaptis yang telah bangkit (bdg. 9:7).

32. Si serigala. Salah satu dari sedikit istilah penghinaan yang dipakai oleh Tuhan kita.

Istilah itu mengandung arti kelicikan dan pengecut.

Pada hari yang ketiga Aku akan selesai. Yesus menunjukkan, bahwa Dia mempunyai suatu rencana hidup yang pasti, dan bahwa Ia tidak takut pada ancaman Herodes.

33. Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. Jawaban-Nya kepada orang Farisi berarti, bahwa diri-Nya tidak merasa bahaya oleh ancaman Herodes, tetapi oleh kekerasan dari kota mereka sendiri.

34. Yerusalem, Yerusalem. Kristus meratapi kota itu karena kasih-Nya dan karena apa yang Ia lihat tentang masa depan.

Dia sangat mengetahui apa yang akan menimpa kota itu.

35. Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Penghancuran Bait Suci pada tahun 70 M dan pengusiran orang-orang Yahudi kemudian oleh Hadrian (135 M), memusnahkan sama sekali persemakmuran Yahudi itu.

Diberkatilah Dia yang datang dalam Nama Tuhan. Sebuah kutipan dari Mzm. 118:26 yang dikenakan kepada Mesias. Yesus mengidentifikasi diri-Nya dengan pengharapan bangsa itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel