Lukas 22:14-23: Penetapan Perjamuan Malam

Klik:

Luke / Lukas 22:14-23


Luk 22:14 Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya.

Luk 22:15 Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.

Luk 22:16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah."

Luk 22:17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu.

Luk 22:18 Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang."

Luk 22:19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

Luk 22:20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Luk 22:21 Tetapi, lihat, tangan orang yang menyerahkan Aku, ada bersama dengan Aku di meja ini.

Luk 22:22 Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!"

Luk 22:23 Lalu mulailah mereka mempersoalkan, siapa di antara mereka yang akan berbuat demikian.


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

15. Aku sangat rindu. Sebenarnya, "Dengan rindu Aku menginginkan". Sebuah ungkapan khas Ibrani yang memperkuat arti dari kata kerjanya (bdg. Kej. 22:17).

Sebelum Aku menderita. Dia menunjukkan, bahwa seluruh perjamuan itu harus ditafsirkan dalam kaitan dengan kematian-Nya.

16. Sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah. Ada hubungan di antara Paskah dengan Kerajaan Allah.

Kerajaan Allah adalah penggenapan dari tujuan penebusan Allah, sebagaimana Paskah adalah salah satu dari manifestasi awalnya.

19. Inilah tubuh-Ku. Dia mengidentifikasi diri-Nya dengan lambang-lambang Paskah.

Sebagaimana tubuh dan darah anak domba merupakan korban yang menjadi sarana tercapainya penebusan dari Mesir, demikian pula Kristus akan merupakan korban yang menjadi sarana Perjanjian Yang Baru.

Tidak ada petunjuk di dalam bahasa-Nya, bahwa tubuh dan darah-Nya akan diubah secara lahiriah menjadi roti dan anggur.

Yang diserahkan bagi kamu. Di dalam teks Barat, ungkapan ini dan seluruh ayat 20 tidak dicantumkan, padahal biasanya teks Barat menjelaskan dan bukan menghilangkan.

Mungkin kalimat-kalimat ini tidak ada di dalam teks asli Injil Lukas (lihat WH, II, Appendix, hlm. 64), sekalipun terdapat kesamaan yang besar dengan I Korintus 11:23-26.

22. Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan. Kematian Sang Juruselamat merupakan bagian dari rencana ilahi untuk menebus umat manusia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel