Yehezkiel 36: Pembaharuan Israel

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 36


Eze 36:1 "Hai engkau, anak manusia, bernubuatlah mengenai gunung-gunung Israel dan katakanlah: Hai gunung-gunung Israel, dengarlah firman TUHAN!

Eze 36:2 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena musuh itu berkata mengenai kamu: Syukur! Bukit-bukit dari dahulu kala sudah menjadi milik kita.

Eze 36:3 Oleh karena itu bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena, ya sungguh karena musuh dari sekitarmu menjadikan kamu sunyi sepi dan mengingini kamu, supaya kamu menjadi milik sisa bangsa-bangsa, dan oleh karena kamu menjadi buah mulut orang dan banyak dipergunjingkan,

Eze 36:4 oleh karena itu, hai gunung-gunung Israel, dengarlah firman Tuhan ALLAH kepada gunung-gunung dan bukit-bukit, kepada alur-alur sungai dan lembah-lembah, kepada reruntuhan-reruntuhan yang sunyi sepi dan kepada kota-kota yang sudah ditinggalkan, yang sudah menjadi jarahan dan olok-olokan bagi sisa bangsa-bangsa yang di sekitarnya;

Eze 36:5 oleh karena itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku pasti berfirman dalam api cemburuan-Ku melawan sisa bangsa-bangsa dan melawan seluruh Edom, yang menentukan tanah-Ku menjadi miliknya dengan segala rasa sukacita dan rasa penghinaan, sehingga tanah-Ku itu dimilikinya dan dapat habis dijarah.

Eze 36:6 Oleh karena itu bernubuatlah mengenai tanah Israel dan katakanlah kepada gunung-gunung dan bukit-bukit, kepada alur-alur sungai dan lembah-lembah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku berfirman dalam amarah cemburuan-Ku, oleh karena kamu sudah menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa.

Eze 36:7 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku bersumpah bahwa bangsa-bangsa yang di sekitarmu sendiri pasti akan menanggung noda mereka.

Eze 36:8 Maka kamu, gunung-gunung Israel, akan bertunas kembali dan akan memberi buah untuk umat-Ku Israel, sebab mereka akan segera kembali.

Eze 36:9 Hati-Ku akan baik kembali dan Aku akan berpaling kepadamu dan kamu akan dikerjakan dan ditaburi.

Eze 36:10 Aku akan membuat manusia banyak di atasmu, yaitu segenap kaum Israel dalam keseluruhannya; kota-kota akan didiami lagi dan reruntuhan-reruntuhan akan dibangun kembali.

Eze 36:11 Aku akan membuat manusia dan binatang banyak di atasmu, dan mereka akan bertambah banyak dan beranak cucu dan Aku akan membuat kamu didiami kembali seperti keadaan semula dan akan berbuat baik kepadamu lebih dari pada keadaan dahulu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Eze 36:12 Aku akan membuat manusia lalu-lalang di atasmu yaitu umat-Ku Israel; mereka akan menduduki engkau dan engkau akan menjadi milik pusaka mereka dan engkau tidak lagi terus memunahkan mereka.

Eze 36:13 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena orang berkata tentangmu: Engkau memakan orang dan engkau memunahkan bangsamu--

Eze 36:14 oleh karena itu engkau tidak akan makan orang lagi dan tidak akan memunahkan bangsamu lagi, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 36:15 Aku tidak lagi membiarkan orang membicarakan noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa terhadap engkau dan engkau tidak lagi menanggung pencelaan bangsa-bangsa dan tidak lagi memunahkan bangsamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Eze 36:16 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 36:17 "Hai anak manusia, waktu kaum Israel tinggal di tanah mereka, mereka menajiskannya dengan tingkah laku mereka; kelakuan mereka sama seperti cemar kain di hadapan-Ku.

Eze 36:18 Maka Aku mencurahkan amarah-Ku ke atas mereka karena darah yang dicurahkan mereka di tanah itu, sedang tanah itu mereka najiskan dengan berhala-berhala mereka.

Eze 36:19 Aku menghamburkan mereka di antara bangsa-bangsa, sehingga mereka berserak-serak di semua negeri, Aku menghakimi mereka selaras dengan tingkah lakunya.

Eze 36:20 Di mana saja mereka datang di tengah bangsa-bangsa, mereka menajiskan nama-Ku yang kudus, dalam hal orang menyindir mereka: Katanya mereka umat TUHAN, tetapi mereka harus keluar dari tanah-Nya.

Eze 36:21 Aku merasa sakit hati karena nama-Ku yang kudus yang dinajiskan oleh kaum Israel di tengah bangsa-bangsa, di mana mereka datang.

Eze 36:22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.

Eze 36:23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.

Eze 36:24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.

Eze 36:25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Eze 36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Eze 36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Eze 36:28 Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu.

Eze 36:29 Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu.

Eze 36:30 Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah bangsa-bangsa.

Eze 36:31 Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatanmu yang keji.

Eze 36:32 Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah firman Tuhan ALLAH, ketahuilah itu. Merasa malulah kamu dan biarlah kamu dipermalukan karena kelakuanmu, hai kaum Israel.

Eze 36:33 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada hari Aku mentahirkan kamu dari segala kesalahanmu, Aku akan membuat kota-kota didiami lagi dan reruntuhan-reruntuhan akan dibangun kembali.

Eze 36:34 Tanah yang sudah lama tinggal tandus akan dikerjakan kembali, supaya jangan lagi tetap tandus di hadapan semua orang yang lintas dari padamu.

Eze 36:35 Sebaliknya mereka akan berkata: Tanah ini yang sudah lama tinggal tandus menjadi seperti taman Eden dan kota-kota yang sudah runtuh, sunyi sepi dan musnah, sekarang didiami dan menjadi kubu.

Eze 36:36 Dan bangsa-bangsa yang tertinggal, yang ada di sekitarmu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang membangun kembali yang sudah musnah dan menanami kembali yang sudah tandus. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.

Eze 36:37 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Dalam hal ini juga Aku menginginkan, supaya kaum Israel meminta dari pada-Ku apa yang hendak Kulakukan bagi mereka, yaitu membuat mereka banyak seperti lautan manusia.

Eze 36:38 Seperti domba-domba persembahan kudus, dan seumpama domba-domba Yerusalem pada waktu-waktu perayaannya, begitulah kota-kota yang sudah runtuh penuh dengan lautan manusia. Dengan begitu mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


1. Gunung-gunung Israel, yang dikecam karena penyembahan berhala dalam 6:1-7, diberi janji-janji yang mulia dalam pasal ini.

2. Musuh itu. Edom dan bangsa-bangsa lain (ay. 3-7). Bandingkan 35:3, 5, 10, 11.

Perhatikan, bahwa dalam ayat 2-7 ungkapan "beginilah firman Tuhan ALLAH" muncul enam kali. Ayat 3-7, 14 semuanya diawali dengan lãkēn, "karena itu".

5. Dalam api cemburuan-Ku. Bandingkan ay. 6; 5:13; 23:25; 38:19; 39:25.

6. Bandingkan ay. 2, 3.

Noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa. Dihina dan dikuasai oleh mereka (lih. ay. 2; 34:29).

7. Aku bersumpah (RSV). Harfiahnya: Aku mengangkat tangan-Ku (bdg. 20:5, 6).

Pemulihan Israel (36:8-15).

Pada zaman pemulihan kelak, tanah itu akan berbuah-buah (ay. 8, 9); penuh dengan manusia (ay. 10-12); bebas dari kekurangan (ay. 13-14); dan bebas dari hinaan (ay. 15). Bandingkan Yesaya 54:1-8.

8. Sebab mereka (umat-Ku Israel) akan segera kembali dari pembuangan. Bandingkan 4:5, 6.

10. Segenap kaum Israel. Baik Israel maupun Yehuda (bdg. 37:16).

11. Seperti keadaan semula (RSV). Pada zaman Keluaran (Hos. 11:1-4; Yer. 2:1-3, 6, 7).

12-14. Gunung-gunung itu, yang dihukum dengan kelaparan dan binatang-binatang liar, diibaratkan sebagai binatang pemangsa dan dikatakan memakan penduduk mereka atau memunahkan bangsa mereka (bdg. Bil. 13:32).

Dalam Yehezkiel 36:13, 14, 15, Israel disebut suatu goy atau suatu bangsa, sebutan umum untuk bangsa yang tidak mengenal Allah (bdg. 2:3). Kata itu diterjemahkan sebagai bentuk tunggal, bersama dengan tulisan pinggir versi Ibrani ketîb dan versi-versi lain.

15. Noda ... pencelaan. Serangan bangsa-bangsa sekitar yang memusuhinya (ay. 6), kekurangan, dan kemiskinan (ay. 30).

Pemulihan Umat Israel: Pemulihan Batin (36:16-38).

Bagian ini berisi filsafat sejarah yang diberikan Tuhan yang menyatakan, bahwa dosa-dosa Israel layak diberi hukuman berupa pembuangan (ay. 16-21); tetapi bahwa Tuhan akan memulihkan Israel, bukan karena suatu kebaikan Israel, melainkan untuk menguduskan nama-Nya.

Hal-hal hebat yang menyertai pemulihan itu disebutkan (ay. 22-32).

Dalam dua bagian tambahan, Tuhan memberi tahu sebelumnya, bahwa kemakmuran Israel dan penduduk yang bertambah akan menyebabkan bangsa-bangsa mengakui kebesaran-Nya (ay. 33-36, 37, 38).

Ayat 16-23 merupakan pengajaran profetik atau haphtarah untuk pembacaan mingguan pada hari Sabat, Bilangan 19:1-22:1, Pãrãh, "Lembu Betina Merah".

17. Cemar kain. Lambang penyembahan berhala. Bandingkan 7:19; 18:6. (Mengenai lambang itu, lihat Im. 15:19)

18. Berhala-berhala (gillûlîm). Bandingkan 6:4; 20:7, 8; 30:13.

20. Menajiskan nama-Ku yang kudus. Pembuangan Israel menyebabkan nama Tuhan yang kudus dinajiskan oleh bangsa-bangsa.

Perhatikan pernyataan "nama-Ku yang kudus" dalam ayat 20-23.

Bandingkan penjelasan dalam 20:9, 14, 22.

Umat TUHAN. Bandingkan Keluaran 6:7; Imamat 20:24; Ulangan 4:20; 7:6.

23. Aku akan menguduskan. Atau mengkhususkan sebagai suci.

Kepulangan Israel setelah hukumannya akan membuat bangsa-bangsa sadar, bahwa Tuhan adalah Allah yang kudus dan tertinggi, dan bahwa Dia ingin menyatakan diri-Nya kepada seluruh dunia.

Lihat juga ay. 36; 29:6; 37:28; 39:7; Maleakhi 1:11; Efesus 1:3-10.

Bagian berikutnya, ayat 25-29, meski pada dasarnya menunjuk pada Israel, dipakai dalam liturgi Kristen, dan disukai oleh seluruh gereja.

25. Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih. Yehezkiel, sang imam, mengingatkan kembali ritual Musa (bdg. Kel. 30:17-21; Im. 14:5-7, 9; Bil. 19:9, 17-19) yang merupakan sebuah gambaran tentang pengampunan.

Lihat juga Mazmur 51:7; Yeremia 33:8; Ibrani 9:13; 10:22.

26. Hati yang baru ... roh yang baru. Bagian Allah dalam pemulihan ditekankan di sini.

Bandingkan 11:19; 18:30-32.

Lihat juga Yeremia 31:31-34; Mazmur 51:10-12.

Tentang hal-hal baru dalam rancangan penebusan Allah, lihat Yesaya 42:9, 10; 62:2; 66:22; II Petrus 3:13; Wahyu 5:1; 21:1, 5.

27. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu. Pencurahan Roh Allah akan merupakan karakteristik zaman baru (bdg. 37:14; 39:29; Yes. 42: 1; 44:3; Yl. 2:28, 29; Hag. 2:5; Kis. 2:16-21; Rm. 8:23; Ef. 1:13; 14; 4:30).

28-32. Hasil pembaharuan Israel akan berupa: pendudukan tetapnya atas tanah itu (ay. 28a); suatu hubungan perjanjian dengan Allah (ay. 28b); perlindungan terhadap kejatuhan ke dalam penyembahan berhala (ay. 29a); penyediaan segala kebutuhan secara melimpah (ay. 29b; 30); dan penyesalan serta pertobatan atas dosa masa lalu (ay. 31, 32; bdg. Plumptre, Pulpit Commentary, in loco).

Keuntungan-keuntungan ini adalah kasih karunia semata (ay. 22).

Akibat Dari Kemakmuran Israel Terhadap Bangsa-bangsa (36:33-36).

Pemulihan Israel akan menyebabkan orang-orang yang melintas (ay. 34b), yakni dari bangsa-bangsa (AV, bangsa-bangsa kafir) yang tertinggal, yang ada di sekitarmu (ay. 36) mengakui kebesaran Tuhan.

35. Sejarah bergerak dari Eden kembali ke Eden. Kota-kota ... menjadi kubu. Bandingkan 38:11.

III. Nubuatan Tentang Pemulihan Israel (33:1-39:29).

Kejatuhan Yerusalem menandai titik balik dalam pelayanan Yehezkiel.

Nubuatan yang sampai saat itu mengecam Yehuda (Ps. 1-24) dan musuh-musuh kafirnya (ps. 25-32), sekarang terbuka untuk pesan-pesan yang menguatkan dari seorang gembala kepada bangsanya yang tercerai-berai (ps. 33-39).

Setelah kejatuhan bangsa itu (33:21), dan keputusasaan dalam pikiran orang-orang itu karena malapetaka yang mereka alami, sang nabi menyampaikan, bahwa Tuhan tidak menghabiskan sama sekali Israel (bdg. ps. 35).

Sebuah zaman baru akan datang baginya.

Dengan kata-kata yang menyentuh, Yehezkiel di sini berbicara tentang penyucian, pemulihan dan kedamaian Israel (ps. 34; 36:16 dst.; 37).

Pertama, sang nabi ditugaskan kembali sebagai seorang penjaga untuk mempersiapkan bangsanya bagi zaman baru (ps. 33).

Suatu pemerintahan baru di bawah hamba Allah, Daud, akan menggantikan dinasti yang lama, di mana gembala-gembala (penguasa-penguasa) yang jahat mencerai-beraikan kawanan domba itu (ps. 34).

Kesatuan wilayah Israel akan dijamin oleh kehancuran Pegunungan Seir dan musuh-musuh lainnya (ps. 35), sementara Israel akan mengalami baik pemulihan luar (36:1-15), maupun pemulihan hati (36:16-38).

Penyatuan kembali bangsa itu menjadi satu bangsa di bawah satu raja, Daud, dilambangkan dengan kebangkitan tulang-tulang kering, dan penyatuan dua papan (ps. 37).

Kedamaian Israel yang dipulihkan akan kekal, karena Tuhan akan menjaganya secara ajaib dari penyerangan Gog, yang mengancam di kemudian hari (ps. 38; 39).

Kesatuan Wilayah Israel Dijamin (35:1-36:38).

Setelah janji akan seorang Gembala Yang Baik untuk menggantikan gembala-gembala fasik yang telah memerintah Israel, selanjutnya ada tiga nubuat tentang keamanan tanah itu sendiri.

Pegunungan Seir, karena permusuhannya dengan Israel, akan menjadi sunyi (35:1-15); sementara gunung-gunung Israel, yang telah dihancurkan oleh bangsa-bangsa, akan berbuah-buah secara melimpah (36:1-15). Tuhan akan melakukan semua ini bagi umat-Nya demi nama-Nya (36:16-38).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel