Lukas 23:13-25: Yesus Kembali di Hadapan Pilatus

Klik:

Luke / Lukas 23:13-25


Luk 23:13 Lalu Pilatus mengumpulkan imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin serta rakyat,

Luk 23:14 dan berkata kepada mereka: "Kamu telah membawa orang ini kepadaku sebagai seorang yang menyesatkan rakyat. Kamu lihat sendiri bahwa aku telah memeriksa-Nya, dan dari kesalahan-kesalahan yang kamu tuduhkan kepada-Nya tidak ada yang kudapati pada-Nya.

Luk 23:15 Dan Herodes juga tidak, sebab ia mengirimkan Dia kembali kepada kami. Sesungguhnya tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati.

Luk 23:16 Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya."

Luk 23:17 (Sebab ia wajib melepaskan seorang bagi mereka pada hari raya itu.)

Luk 23:18 Tetapi mereka berteriak bersama-sama: "Enyahkanlah Dia, lepaskanlah Barabas bagi kami!"

Luk 23:19 Barabas ini dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan yang telah terjadi di dalam kota dan karena pembunuhan.

Luk 23:20 Sekali lagi Pilatus berbicara dengan suara keras kepada mereka, karena ia ingin melepaskan Yesus.

Luk 23:21 Tetapi mereka berteriak membalasnya, katanya: "Salibkanlah Dia! Salibkanlah Dia!"

Luk 23:22 Kata Pilatus untuk ketiga kalinya kepada mereka: "Kejahatan apa yang sebenarnya telah dilakukan orang ini? Tidak ada suatu kesalahanpun yang kudapati pada-Nya, yang setimpal dengan hukuman mati. Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya."

Luk 23:23 Tetapi dengan berteriak mereka mendesak dan menuntut, supaya Ia disalibkan, dan akhirnya mereka menang dengan teriak mereka.

Luk 23:24 Lalu Pilatus memutuskan, supaya tuntutan mereka dikabulkan.

Luk 23:25 Dan ia melepaskan orang yang dimasukkan ke dalam penjara karena pemberontakan dan pembunuhan itu sesuai dengan tuntutan mereka, tetapi Yesus diserahkannya kepada mereka untuk diperlakukan semau-maunya.


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

15. Tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati. Pilatus siap untuk membebaskan Yesus dalam kasus ini.

16. Menghajar Dia. Pilatus mengusulkan sebuah penyesahan "untuk memberi Dia sedikit pelajaran".

17. Ia wajib melepaskan seorang bagi mereka. Adalah kebiasaan dari gubernur Romawi untuk membebaskan satu tahanan politik pada hari Paskah sebagai hadiah perdamaian kepada bangsa itu (lihat Yoh. 18:39).

18. Lepaskanlah Barabas bagi kami. Barabas dalam bahasa Aram artinya putra sang ayah.

19. Dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan. Barabas adalah seorang penjahat, mungkin anggota kelompok orang Zelot Galilea yang tertangkap ketika mengadakan suatu pemberontakan (bdg. Yoh. 18:40).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel