Lukas 23:8-12: Yesus di Hadapan Herodes

Klik:

Luke / Lukas 23:8-12


Luk 23:8 Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda.

Luk 23:9 Ia mengajukan banyak pertanyaan kepada Yesus, tetapi Yesus tidak memberi jawaban apapun.

Luk 23:10 Sementara itu imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat maju ke depan dan melontarkan tuduhan-tuduhan yang berat terhadap Dia.

Luk 23:11 Maka mulailah Herodes dan pasukannya menista dan mengolok-olokkan Dia, ia mengenakan jubah kebesaran kepada-Nya lalu mengirim Dia kembali kepada Pilatus.

Luk 23:12 Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka bermusuhan.


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

8. Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Ketenaran Yesus sudah terdengar oleh Herodes, dan telah membuatnya menjadi tertarik (9:9).

9. Yesus tidak memberi jawaban apapun. Yesus tidak takut terhadap Herodes, Dia tidak bersedia menjawab pertanyaan yang tidak perlu.

Bagi Herodes, seluruh peristiwa ini merupakan sebuah lelucon besar.

11. Jubah kebesaran yang dipakaikan kepada Yesus mungkin merupakan jubah Herodes yang tidak dipakai lagi, dan dilakukan oleh Herodes untuk mengejek Yesus yang mengaku diri-Nya Raja.

12. Pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus. Tindakan Pilatus mengakui kepemimpinan Herodes telah meredakan ketegangan akibat persaingan di antara kedua pejabat ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel