Yohanes 20:30-31: Maksudnya Injil Ini Dicatat

Klik:

Joh / Yohanes 20:30-31


Joh 20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,

Joh 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.


Tafsiran Wycliffe


Maksud Penulisan Injil Ini (20:30-31).

Banyak tanda yang ada dalam kisah Yohanes mencapai puncaknya pada tanda yang terbesar, yakni kebangkitan Tuhan.

Agar supaya pembaca tidak memiliki pikiran lain, penulis bergegas untuk mencatat, bahwa tanda-tanda itu jumlahnya banyak.

Hanya sebagian kecil pilihan saja yang tercantum di dalam Kitab ini.

Sekalipun demikian, adalah harapan penulis, bahwa tanda-tanda yang dicatatnya dapat membuat orang yang membacanya menjadi percaya, bahwa Yesus adalah Kristus (obyek pengharapan orang Yahudi, berlandaskan pada nubuat Perjanjian Lama apabila pengharapan itu tidak disesatkan oleh pengertian yang salah tentang Mesias) dan Anak Allah, yang menyatakan Sang Bapa melalui perkataan dan perbuatan, yang mencapai puncaknya dengan ketaatan pada kehendak Bapa, bahkan taat sampai mati di kayu salib.

Percaya mengandung ide tentang langkah awal iman dan juga pertumbuhan iman.

Memperoleh hidup dalam Nama-Nya, yaitu persatuan dengan diriNya sendiri.

Karena bagian ini tampaknya merupakan kesimpulan yang wajar dari Injil ini, beberapa pakar telah berkesimpulan, bahwa pasal selanjutnya baru ditambahkan kemudian, oleh Yohanes sendiri atau oleh orang lain.

Tetapi, tidak ada dasar untuk mengklaim pandangan semacam itu mengenai pasal penutup.

Pasal tersebut penuh dengan gagasan tentang bagaimana kehadiran dan kuasa Tuhan yang berkesinambungan memberikan kemampuan kepada Gereja untuk memenuhi tugasnya di dunia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel