1 Timotius 2:1-7: Mengenai Doa Jemaat

Klik:

1 Timothy / 1 Timotius 2:1-7

1Ti 2:1 Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,

1Ti 2:2 untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.

1Ti 2:3 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita,

1Ti 2:4 yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

1Ti 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

1Ti 2:6 yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

1Ti 2:7 Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul--yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta--dan sebagai pengajar orang-orang bukan Yahudi, dalam iman dan kebenaran.

Tafsiran Wycliffe

Sejumlah Nasihat dan Pengajaran Kepada Gereja Tentang Allah yang Hidup (2:1-6:2).

Pokok-pokok yang dibahas oleh Paulus di dalam bagian ini mudah dilihat, sebagaimana kentara dari garis besar umumnya.

Yang tidak terlalu jelas kelihatan ialah pokok pandangan yang menentukan pemilihan topik-topik tersebut, serta urutan pembahasannya.

Ide utama dari surat ini ialah pemeliharaan iman dan kesaksian.

Oleh karena itu, tidaklah mengejutkan, bahwa pada bagian tengah surat ini terdapat paragraf yang menyajikan Gereja sebagai tiang penopang dan dasar kebenaran, sebagai alat yang mempertahankan dan menyebarkan amanat Injil (lihat Pendahuluan, Struktur dan Tema I Timotius).

Sesudah paragraf ini, yaitu pada 4:6, muncul dengan pembagian dengan sendirinya.

Hingga 4:6, Paulus tampaknya membahas berbagai aspek dari kesaksian seluruh Gereja.

Sesudah ayat ini, Paulus berbicara kepada perseorangan dan golongan-golongan perseorangan tertentu, sambil mengarahkan nasihat-nasihatnya kepada masalah kesaksian.

Kepada Gereja yang Bersaksi (2:1-3:13).

Secara umum, pokok pandangan di bagian ini adalah aspek umum dan bersama dari Gereja, yaitu ibadah dan para petugasnya.

Doa umum Dalam Kaitannya dengan Maksud Pekabaran Injil Gereja (2:1-8).

Topik pertama yang dibahas Paulus ialah doa syafaat untuk semua orang, dan untuk semua pembesar.

Penekanan universalnya tampak dari kata semua di dalam ayat 1, 2, 4, 6 dan dari catatan misioner rasul dalam ayat 7.

Di sini Paulus tidak membahas dengan lengkap hubungan Gereja dengan pemerintahan sipil, tetapi hanya menasihatkan, agar doa dipanjatkan bagi para pejabat supaya orang-orang percaya dapat menikmati hidup yang damai dan tenang.

Hal ini berguna untuk maksud yang lebih besar, yaitu mendatangkan keselamatan bagi manusia.

1. Permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur. Kata-kata yang berarti doa ini, sama dengan yang dipakai dalam Filipi 4:6 dan sering kali terdapat di dalam Perjanjian Baru, terkecuali doa syafaat, yang hanya dipakai di sini dan di 4:5 (kata kerja yang terkait dipakai dalam Kis. 25:24; Rm. 8:27, 34; 11:2, Ibr. 7:25).

3. Itulah. Terutama mengacu kepada doa, tetapi tentu mencakup juga hasil doa yang diharapkan.

Masing-masing memainkan peranannya sendiri di dalam menyampaikan berita keselamatan kepada manusia.

Juruselamat. Mengulangi tema keselamatan (1:1) dan menekankan kemurahan dan kasih Allah kepada semua orang.

Yang ditekankan di dalam ayat ini ialah kecukupan, kegunaan dan penawaran universal dari Injil.

Hal ini tampak dari cara Paulus melukiskan penyerahan diri Kristus sebagai saksi, dan dari caranya menekankan kedudukannya sendiri sebagai pemberita Injil, rasul dan pengajar bagi orang bukan Yahudi.

Ayat 3-7 merupakan perluasan dari sebuah pemikiran dasar yang penting dalam nasihat sang rasul tentang berdoa.

Permohonan doa sang penulis diarahkan kepada pemberitaan Injil.

Adalah tepat, jika pemberitaan Injil ditempatkan pada landasannya yang terdalam; kesungguhan dari tawaran kepada semua orang, kegunaannya, dan kecukupannya, sebagaimana terdapat dalam karya Kristus.

Doa kita baik dan dapat diterima Allah karena merupakan doa bagi semua orang dan bagi para pembesar dengan tujuan agar Gereja dapat bersaksi dengan baik.

Allah menginginkan agar melalui kesaksian ini semua orang dapat diselamatkan dan memperoleh suatu pemahaman mengenai kebenaran.

4. Yang menghendaki. Tidak boleh ditafsirkan sebagai berarti "telah ditetapkan" sebab tidak semua orang selamat.

5. Sebuah ayat terdahulu (1:1) berbicara tentang "Allah, Juruselamat kita".

Di sini Paulus memakai formula yang pendek dan tepat: "Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus."

Di dalam Matius 19:17, urutan kata dan pemikirannya sama: "Hanya satu yang baik."

Pemberian predikat Baik, dan Allah, dan Pengantara bersifat eksklusif dan hanya dapat dipakai untuk Satu pihak saja.

Inilah pernyataan paling tajam dan paling tegas mengenai keilahian dan kemanusiaan Kristus.

Juga tercakup di dalam ide mengenai Pengantara yang esa itu, bahwa Dia pastilah Allah (bdg. Ibr. 7:22; 8:6; 9:15; 12:24).

Pribadi inilah yang menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua orang.

6. Tebusan. Di dalam Perjanjian Baru dipakai hanya di sini, tetapi kata itu menggabungkan dua unsur dari pernyataan tebusan Kristus dalam Matius 20:28 dan Markus 10:45.

Kata sambung bagi dan kata benda tebusan dari Injil di sini dipadukan dalam satu kata.

(Lihat tafsiran atas 2:3 di atas untuk penjelasan mengenai tebusan bagi semua manusia).

Kesaksian pada waktu yang ditentukan. Kristus, yang sepenuhnya Allah dan sepenuhnya Manusia, menyerahkan diri sebagai Tebusan bagi semua orang, sebagai kesaksian pada waktu yang ditentukan.

Ketika sudah genap waktunya, Allah mengutus Anak-Nya.

7. Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul. Untuk (kesaksian) itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul ... Penekanan dan pujian Paulus atas jabatannya menunjukkan arah pemikirannya; karena kesaksian mengenai Injil Kristus, dan demi keberhasilan kesaksian itulah, dia mengajak orang berdoa.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel