Yudas 1:1-2: Salam | Garis Besar dan Pendahuluan

Klik:

Jude / Yudas 1:1-2

Jud 1:1 Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.

Jud 1:2 Rahmat, damai sejahtera dan kasih kiranya melimpahi kamu.

Tafsiran Wycliffe

1. Yudas mengidentifikasi dirinya sebagai penulis, menjelaskan hubungannya dengan Kristus dan Yakobus, dan mendefinisikan para pembacanya di dalam satu kalimat pendek.

Yudas adalah sebuah nama yang populer di dalam tradisi Ibrani.

Kata Yang sering dipakai Paulus - hamba atau budak - dipergunakan sebagai ungkapan kesetiaan Yudas kepada Kristus.

Hubungan darah penulis dengan Kristus, tidak begitu penting.

Kedaulatan Allah dan sentralitas Kristus terungkap di dalam pemilihan dari pemeliharaan para pembaca.

Kata kerja yang diterjemahkan menjadi dipelihara menunjuk ke depan kepada kedatangan kembali Kristus.

2. Trilogi salam Yudas, rahmat, damai sejahtera dan kasih bersifat khas Semitis dan erat berkaitan dengan "kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera" yang digunakan oleh Paulus (II Tim. 1:2).

Pendahuluan Kitab Yudas

Penulis dan Tanggal Penulisan.

Surat Yudas, Surat "umum" atau Surat "Katolik" yang terakhir, dinyatakan sebagai ditulis oleh "Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus."

Persoalan tentang keaslian dari pernyataan tersebut sudah setua Eusebius, yang menempatkan Surat ini bersama dengan Surat Ibrani, di dalam golongan Surat-surat yang dicurigai.

Sekalipun demikian, bukti historis dan intern mendukung kebenaran dari pernyataan tersebut.

Matius 13:55 dan Markus 6:3 menyebutkan Yudas dan Yakobus sebagai saudara-saudara Yesus.

Bahwa Yakobus disebut dengan demikian sederhana dalam Surat ini, menunjukkan bahwa dia adalah saudara Yesus.

Beberapa pakar beranggapan, bahwa "Yudas" adalah sebuah nama pinjaman atau nama samaran, tetapi anggapan ini terbuka untuk dipersoalkan.

Selain sebagai penulis Surat ini, Yudas tidak memiliki reputasi atau wewenang tertentu di kalangan Gereja Mula-mula. Karena itu tidak ada alasan untuk berusaha memalsukan namanya.

Sekalipun tanggal penulisan tidak dapat ditentukan, tidak akan salah jika beranggapan, bahwa Surat ini ditulis pada bagian kedua dari abad pertama.

Surat ini tercantum dalam Kanon Muratorian (abad kedua) dan disebut oleh Tertulianus, Clements dan Origenes (abad ketiga).

Sekalipun Surat ini kedudukannya lemah karena kutipan-kutipan dari kitab Enoch dan Assumption of Moses yang nonkanonik, haknya untuk dicantumkan dalam kanon diakui secara universal pada tahun 350 M.

Maksud Penulisan.

Tampaknya merupakan Surat yang umum kepada orang Kristen abad I, Surat ini berisi peringatan terhadap ajaran sesat Gnostik, sebuah filsafat yang secara tajam membedakan antara materi yang dianggap jahat dengan roh yang dianggap baik, yang mulai menyusup ke dalam Gereja.

Sistem berpikir semacam itu memiliki implikasi yang serius terhadap doktrin dan kehidupan orang Kristen.

Ajaran ini menentang ajaran Alkitabiah tentang penciptaan.

Dan ajaran ini juga menimbulkan pengertian, bahwa tubuh Kristus itu hanyalah suatu penampakan dan bukan suatu kenyataan, sebab jika tubuh Kristus itu nyata, maka pastilah Dia itu jahat.

Dampak Gnostik terhadap etika Kristen, ada dua.

Di satu pihak hasilnya ialah antinomianisme, yaitu keyakinan bahwa orang tidak wajib untuk menaati hukum moral, dan di pihak lain semacam penyiksaan tubuh jasmani untuk meningkatkan kerohanian.

Kedua hal ini ditentang oleh Alkitab.

Dapat disimpulkan dari Surat ini, bahwa para pembacanya bersalah dalam berbagai taraf melaksanakan pemberontakan terhadap pihak penguasa, tidak menghormati mereka, percakapan yang angkuh, dan semangat yang liar.

Nada yang dipakai Yudas adalah polemik, sebab dia menentang para guru palsu yang menipu orang-orang percaya yang lemah iman, dan mengotori meja perjamuan Tuhan.

Garis Besar Kitab Yudas

I. Identifikasi, Salam dan Maksud Penulisan (1-4)

II. Nasihat untuk Waspada Terhadap Guru-Guru Palsu (5-16)

III. Berbagai Nasihat untuk Orang Kristen (17-23)

IV. Berkat (24-25)

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel