Keluaran 9:1-7: Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak

Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak​.

Setelah belajar perikop Tulah Keempat: Lalat Pikat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 9:1-7 dengan judul perikop Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak).

Kita belajar perikop Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Tulah Kelima: Penyakit Sampar Pada Ternak (Kitab Keluaran 9:1-7)


Exo 9:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun dan berbicaralah kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku.

Exo 9:2 Sebab jika engkau menolak membiarkan mereka pergi dan masih menahan mereka,

Exo 9:3 maka ternakmu, yang ada di padang, kuda, keledai, unta, lembu sapi dan kambing domba, akan kena tulah TUHAN, yakni kena penyakit sampar yang dahsyat.


3. Unta. Disebutnya unta telah dianggap sebagai suatu keganjilan; tetapi ketika itu terdapat banyak kafilah berunta yang memasuki Mesir, dan pastilah ada sejumlah orang Mesir yang memiliki kepentingan dengan unta-unta ini.

Sampar pada ternak. Tulah yang sangat hebat (Revised Standard Version); sampar yang mematikan (Moffatt).

Penyakit yang dimaksudkan tidak dapat diketahui dengan pasti, tetapi jelas bahwa penyakit tersebut merupakan wabah yang hebat dan mematikan, sehingga menyerang semua jenis hewan piaraan.

Exo 9:4 Dan TUHAN akan membuat perbedaan antara ternak orang Israel dan ternak orang Mesir, sehingga tidak ada yang akan mati seekorpun dari segala ternak orang Israel."

Exo 9:5 Selanjutnya TUHAN menentukan waktunya, firman-Nya: "Besoklah TUHAN akan melakukan hal itu di negeri ini."

Exo 9:6 Dan TUHAN melakukan hal itu keesokan harinya; segala ternak orang Mesir itu mati, tetapi dari ternak orang Israel tidak ada seekorpun yang mati.

Exo 9:7 Lalu Firaun menyuruh orang ke sana dan sesungguhnyalah dari ternak orang Israel tidak ada seekorpun yang mati. Tetapi Firaun tetap berkeras hati dan tidak mau membiarkan bangsa itu pergi.


6. Segala ternak. Seringkali di dalam bahasa Ibrani istilah segala berarti jumlah yang sangat besar.

Jika dikatakan: "Semua orang sakit", maka yang dimaksudkan adalah bahwa orang sakit dapat ditemukan di mana-mana.

Tulah ini menimpa semua ternak yang ada di padang (ay. 3).

Perikop Selanjutnya: Tulah Keenam: Barah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel