Keluaran 11: Tulah Kesepuluh diberitahukan

Tulah Kesepuluh diberitahukan​.

Setelah belajar perikop Tulah Kesembilan: Gelap Gulita, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Tulah Kesepuluh diberitahukan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 11 dengan judul perikop Tulah Kesepuluh diberitahukan).

Kita belajar perikop Tulah Kesepuluh diberitahukan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Tulah Kesepuluh diberitahukan (Kitab Keluaran 11)


Exo 11:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Aku akan mendatangkan satu tulah lagi atas Firaun dan atas Mesir, sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi dari sini; apabila ia membiarkan kamu pergi, ia akan benar-benar mengusir kamu dari sini.

1. Ia akan benar-benar mengusir kamu. Orang-orang Mesir akan begitu ingin agar orang-orang Israel meninggalkan negeri itu, sehingga mereka tidak akan menghalangi, tetapi justru mendesak orang Israel untuk keluar secepatnya.

Exo 11:2 Baiklah katakan kepada bangsa itu, supaya setiap laki-laki meminta barang-barang emas dan perak kepada tetangganya dan setiap perempuan kepada tetangganya pula."

2. Meminta. Bandingkan ayat 3:22 dalam perikop: Musa diutus TUHAN.

Exo 11:3 Lalu TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu; lagipula Musa adalah seorang yang sangat terpandang di tanah Mesir, di mata pegawai-pegawai Firaun dan di mata rakyat.

Exo 11:4 Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir.


4. Pada waktu tengah malam. Bukan tengah malam dari hari ketika mana dia berbicara, melainkan tengah malam dari hari yang ditetapkan Allah (bdg. 12:6).

Exo 11:5 Maka tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir akan mati, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung budak perempuan yang menghadapi batu kilangan, juga segala anak sulung hewan.

5. Tiap-tiap anak sulung. "Anak sulung merupakan lambang dari seluruh bangsa di mana mereka adalah kekuatan dan kesehatan" (KD).

Exo 11:6 Dan seruan yang hebat akan terjadi di seluruh tanah Mesir, seperti yang belum pernah terjadi dan seperti yang tidak akan ada lagi.

Exo 11:7 Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjingpun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel.


7. Bahkan gonggongan anjing yang galak sekalipun tidak bisa menahan Israel untuk pergi.

Exo 11:8 Dan semua pegawaimu ini akan datang kepadaku dan sujud kepadaku serta berkata: Keluarlah, engkau dan seluruh rakyat yang mengikut engkau; sesudah itu aku akan keluar." Lalu Musa meninggalkan Firaun dengan marah yang bernyala-nyala.

8. Keluarlah. Jaminan Musa ialah janji Allah (ay. 1).

Exo 11:9 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun tidak akan mendengarkan kamu, supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir."

Exo 11:10 Musa dan Harun telah melakukan segala mujizat ini di depan Firaun. Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak membiarkan orang Israel pergi dari negerinya.


9. Firaun tidak akan mendengarkan kamu. Andaikata Firaun mau mendengarkan permohonan Musa, bahkan pada saat yang sudah sangat mendesak ini pun, akan tetap ada pintu harapan terbuka baginya; tetapi ia tidak mau mendengarkan (bdg. Mat. 23:37).

11) Pengumuman Tulah Terakhir (11:1-10).
Pendekatan kritis terhadap Alkitab telah menghasilkan banyak kekacauan yang tidak perlu dalam menentukan urutan yang tepat.

Tampaknya jelas bahwa 11:1-3 mengacu kepada berbagai perintah yang sebelumnya diberikan kepada Musa, sedangkan 11:4-8 adalah peringatan perpisahan kepada Firaun yang merupakan kelanjutan dari 10: 29.

Perikop Selanjutnya: Tentang Perayaan Paskah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel