Keluaran 27:9-19: Mengenai Pelataran Kemah Suci

Mengenai Pelataran Kemah Suci​.

Setelah belajar perikop Mengenai Mezbah Korban Bakaran, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Pelataran Kemah Suci.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 27:9-19 dengan judul perikop Mengenai Pelataran Kemah Suci).

Kita belajar perikop Mengenai Pelataran Kemah Suci ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Pelataran Kemah Suci (Kitab Keluaran 27:9-19)


Exo 27:9 "Haruslah engkau membuat pelataran Kemah Suci; untuk pelataran itu pada sebelah selatan harus dibuat layar dari lenan halus yang dipintal benangnya, seratus hasta panjangnya pada sisi yang satu itu.

Exo 27:10 Tiang-tiangnya harus ada dua puluh, dan alas-alas tiang itu harus dua puluh, dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya harus dari perak.

Exo 27:11 Demikian juga pada sebelah utara, pada panjangnya, harus ada layar yang seratus hasta panjangnya, tiang-tiangnya harus ada dua puluh dan alas-alas tiang itu harus dua puluh, dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya harus dari perak.

Exo 27:12 Dan pada lebar pelataran itu pada sebelah barat harus ada layar yang lima puluh hasta, dengan sepuluh tiangnya dan sepuluh alas tiang itu.

Exo 27:13 Lebar pelataran itu, yaitu bagian muka pada sebelah timur harus lima puluh hasta,

Exo 27:14 yakni lima belas hasta layar untuk sisi yang satu di samping pintu gerbang itu, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;

Exo 27:15 dan juga untuk sisi yang kedua di samping pintu gerbang itu lima belas hasta layar, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;

Exo 27:16 tetapi untuk pintu gerbang pelataran itu tirai dua puluh hasta dari kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan dari lenan halus yang dipintal benangnya--tenunan yang berwarna-warna--dengan empat tiangnya dan empat alas tiang itu.

Exo 27:17 Segala tiang yang mengelilingi pelataran itu haruslah dihubungkan dengan penyambung-penyambung perak, dan kaitan-kaitannya harus dari perak dan alas-alasnya dari tembaga.

Exo 27:18 Panjang pelataran itu harus seratus hasta, lebarnya lima puluh hasta dan tingginya lima hasta, dari lenan halus yang dipintal benangnya, dan alas-alasnya harus dari tembaga.

Exo 27:19 Adapun segala perabotan untuk seluruh perlengkapan Kemah Suci, dan juga segala patoknya dan segala patok pelataran: semuanya harus dari tembaga."


Pelataran Kemah Suci (27:9-19).

Sebuah wilayah berbentuk persegi panjang, seratus lima puluh kaki panjangnya dan tujuh puluh lima kaki lebarnya di sekitar Kemah Suci.

Wilayah tersebut dikelilingi oleh tirai dari kain lenan putih yang tingginya tujuh setengah kaki dan diikat pada tiang.

Terdapat dua puluh lima tonggak untuk sisi panjangnya dan sepuluh tonggak untuk sisi lebarnya.

Setiap tiang dibuat dari tembaga dengan penyambung-penyambung yang terbuat dari perak (38:17), dan dimasukkan ke dalam rongga-rongga penopang yang terbuat dari tembaga.

Tirai-tirai tersebut dikaitkan pada tiang-tiang itu dengan memakai kait-kait perak yang diikatkan pada penyambung perak yang sudah disiapkan.

Tali dan pasak tenda dari tembaga dipasang untuk membuat tirai tersebut tetap dalam keadaan kencang (38:19).

Pintu masuk ke dalam pelataran ini terletak di sisi timur.

Di bagian tersebut, tirai-tirai disambung ke dalam sepanjang lima belas hasta dari setiap sudut, sehingga meninggalkan jalan masuk selebar tiga puluh kaki.

Jalan masuk tersebut ditutup oleh sebuah tirai berupa kain tenun yang disulam seperti tirai jalan masuk ke dalam Kemah Suci itu sendiri.

Seluruh perlengkapan Kemah Suci (ay. 19). Mungkin alat-alat yang dipakai untuk mendirikan dan membongkar Kemah Suci.

Perikop Selanjutnya: Mengenai Minyak Untuk Lampu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel