1 Raja-raja 15:33-16:7: Baesa, Raja Israel

Setelah belajar perikop Nadab, Raja Israel dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Baesa, Raja Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 15:33-16:7) dengan judul perikop Baesa, Raja Israel).

Kita belajar perikop "Baesa, Raja Israel" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Baesa, Raja Israel (Kitab 1Ki 15:33-16:7)


1Ki 15:33 Dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, Baesa bin Ahia menjadi raja atas seluruh Israel di Tirza. Ia memerintah dua puluh empat tahun lamanya.

1Ki 15:34 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam dan menurut dosanya yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.

1Ki 16:1 Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Yehu bin Hanani melawan Baesa, bunyinya:

1Ki 16:2 "Oleh karena engkau telah Kutinggikan dari debu dan Kuangkat menjadi raja atas umat-Ku Israel, tetapi engkau telah hidup seperti Yerobeam dan telah menyuruh umat-Ku Israel berdosa, sehingga mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan dosa mereka,

1Ki 16:3 maka sesungguhnya Aku akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya, kemudian Aku akan membuat keluargamu seperti keluarga Yerobeam bin Nebat.

1Ki 16:4 Siapa yang mati dari pada Baesa di kota, akan dimakan anjing dan yang mati dari padanya di padang akan dimakan burung yang di udara."

1Ki 16:5 Selebihnya dari riwayat Baesa dan apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Ki 16:6 Kemudian Baesa mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Tirza. Maka Ela, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

1Ki 16:7 Juga dengan perantaraan nabi Yehu bin Hanani firman TUHAN telah datang melawan Baesa dan melawan keluarganya, baik karena segala yang jahat yang telah dilakukannya di mata TUHAN, sehingga ia menimbulkan sakit hati TUHAN dengan perbuatan tangannya, dan dengan demikian menjadi sama seperti keluarga Yerobeam, maupun oleh karena ia telah membunuh Yerobeam.


34. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam. Sekalipun Baesa telah memusnahkan keluarga Yerobeam, sayang sekali ia tidak memusnahkan juga dosa-dosa Yerobeam, baik dari kerajaan Israel pada umumnya maupun dari kehidupannya sendiri pada khususnya.

16:1. Kemudian datanglah Firman Tuhan kepada Yehu bin Hanani melawan Baesa. Sekalipun kerajaan utara tidak setia kepada Tuhan, Allah Israel, Allah tetap mencurahkan kemurahan-Nya dengan mengingatkan mereka akan hukuman yang akan menimpa.

2. Oleh karena engkau telah Kutinggikan dari debu dan Kuangkat menjadi raja atas umat-Ku. Baesa akan dihajar dengan sepatutnya.

Alasannya ialah, bahwa sekalipun dia dipilih oleh Allah untuk memerintah umat-Nya Israel, raja Baesa telah melecehkan pekerjaan kudusnya.

Dia telah berpaut pada dosa-dosa Yerobeam bin Nebat yang mengakibatkan Israel berbuat dosa.

3. Maka sesungguhnya Aku akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya. Ancaman yang sama telah dilancarkan kepada keturunan Yerobeam oleh nabi Ahia (14:10, 11).

Karena Baesa telah memilih untuk ikut berbagi kejahatan dengan keturunan Yerobeam, maka dia juga harus ikut berbagi hukuman berat karenanya, bahkan juga sampai menjadi makanan anjing.

6. Kemudian Baesa mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya. Masa pemerintahan Baesa diakhiri secara memalukan dan Baesa diganti oleh Ela, putranya.

Kita dapat melihat Ela sebagai tidak lebih dari tiruan ayahnya.

Berlandaskan pada ayat 7, tampaknya pelayanan Yehu sebagai nabi terus berlangsung sepanjang masa pemerintahan Ela.

Berbahagialah raja yang memiliki seorang nabi sebagai penasihatnya, tetapi terkutuklah wahai raja yang tidak mau mendengarkan apa yang dikemukakan seorang nabi Allah.

Perikop Selanjutnya: Ela, Raja Israel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel