Imamat 7:1-10: Korban Penebus Salah

Korban Penebus Salah​.

Setelah belajar perikop Korban Penghapus Dosa dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Korban Penebus Salah.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 7:1-10 dengan judul perikop Korban Penebus Salah).

Kita belajar perikop Korban Penebus Salah ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Korban Penebus Salah (Kitab Imamat 7:1-10)


Lev 7:1 "Inilah hukum tentang korban penebus salah. Korban itu ialah persembahan maha kudus.

7:1. Inilah hukum tentang korban penebus salah. Sepuluh ayat pertama dari pasal tujuh ini mengulas hukum-hukum yang berkenaan dengan kurban penebus salah yang diberikan mulai 5:14 hingga 6:7.

Tetapi, di sini hukum tersebut disajikan dengan lebih terinci.

Lev 7:2 Di tempat orang menyembelih korban bakaran, di situlah harus disembelih korban penebus salah, dan darahnya haruslah disiramkan pada mezbah itu sekelilingnya.

2. Tempat orang menyembelih korban bakaran. Kurban penebus salah dan kurban penebus dosa harus disembelih di tempat yang sama dengan kurban bakaran (bdg. 6:25; 1:11), yaitu di sisi utara mezbah.

Lev 7:3 Segala lemak dari korban itu haruslah dipersembahkan, yakni ekornya yang berlemak dan lemak yang menutupi isi perut,

Lev 7:4 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang, dan umbai hati yang harus dipisahkan beserta buah pinggang itu.

Lev 7:5 Haruslah imam membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai korban api-apian bagi TUHAN; itulah korban penebus salah.

Lev 7:6 Setiap laki-laki di antara para imam haruslah memakannya; haruslah itu dimakan di suatu tempat yang kudus; itulah bagian maha kudus.


6. Haruslah itu dimakan di suatu tempat yang kudus. Upacara memakan kurban yang dipersembahkan juga sama dengan upacara memakan kurban penghapus dosa (bdg. 6:26,29).

Lev 7:7 Seperti halnya dengan korban penghapus dosa, demikian juga halnya dengan korban penebus salah; satu hukum berlaku atas keduanya: imam yang mengadakan pendamaian dengan korban itu, bagi dialah korban itu.

Lev 7:8 Imam yang mempersembahkan korban bakaran seseorang, bagi dia juga kulit korban bakaran yang dipersembahkannya itu.


8. Imam yang mempersembahkan korban bakaran seseorang, bagi dia juga kulit korban. Kulit (ôr) kurban bakaran diperuntukkan bagi imam yang melaksanakan upacara persembahan tersebut.

Berlandaskan pada pernyataan pada ayat 7, Misynah memperluas hak istimewa ini bagi imam yang bertugas melaksanakan upacara persembahan kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah.

Lev 7:9 Tiap-tiap korban sajian yang dibakar di dalam pembakaran roti, dan segala yang diolah di dalam wajan dan di atas panggangan adalah bagi imam yang mempersembahkannya.

Lev 7:10 Tiap-tiap korban sajian yang diolah dengan minyak atau yang kering adalah bagi semua anak-anak Harun, semuanya dapat bagian."


9. Tiap-tiap korban sajian ... adalah bagi imam yang mempersembahkannya. Para imam akan menerima kurban sajian itu.

Perikop Selanjutnya: Korban Keselamatan (Imamat 7).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel