Imamat 20: Kudusnya Umat TUHAN

Kudusnya Umat TUHAN​.

Setelah belajar perikop Kudusnya Hidup dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Kudusnya Umat TUHAN.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 20 dengan judul perikop Kudusnya Umat TUHAN).

Kita belajar perikop Kudusnya Umat TUHAN ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Kudusnya Umat TUHAN (Kitab Imamat 20)


Lev 20:1 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 20:2 "Engkau harus berkata kepada orang Israel: Setiap orang, baik dari antara orang Israel maupun dari antara orang asing yang tinggal di tengah-tengah orang Israel, yang menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, pastilah ia dihukum mati, yakni rakyat negeri harus melontari dia dengan batu.

Lev 20:3 Aku sendiri akan menentang orang itu dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya, karena ia menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, dengan maksud menajiskan tempat kudus-Ku dan melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus.


3. Menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh. Dengan pemberontakan yang terbuka semacam itu di kalangan Bangsa Pilihan, rumah dan nama Allah akan direndahkan.

Lev 20:4 Tetapi jikalau rakyat negeri menutup mata terhadap orang itu, ketika ia menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, dan tidak menghukum dia mati,

Lev 20:5 maka Aku sendiri akan menentang orang itu serta kaumnya dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya dan semua orang yang turut berzinah mengikuti dia, yakni berzinah dengan menyembah Molokh.


4. Menutup mata. Jika bangsa itu tidak melaksanakan tugas mereka, yaitu melaksanakan hukuman mati, maka Allah akan menghukum orang itu dan keluarganya, serta seluruh kerabatnya yang ikut bersama dengan dia melakukan kemurtadan atau menjadi pelacur rohani (dari kata zânâ).

Lev 20:6 Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya.

6. Berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal. Allah akan menghadapi orang yang berpaling kepada peramal dan tukang sihir dengan cara yang sama, sebab tindakan ini juga merupakan bentuk perzinahan rohani.

Hukuman yang harus dikenakan padanya oleh sesama bangsa disebutkan dalam ayat 27.

Lev 20:7 Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Lev 20:8 Demikianlah kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan melakukannya; Akulah TUHAN yang menguduskan kamu.


7. Kamu harus menguduskan dirimu. Menguduskan dirimu (hitqaddishtem dari qãdash, "menjadi kudus, disucikan, dicerahkan") dapat juga diterjemahkan menyucikan dirimu (Revised Standard Version), atau tunjukkanlah bahwa dirimu kudus.

Lev 20:9 Apabila ada seseorang yang mengutuki ayahnya atau ibunya, pastilah ia dihukum mati; ia telah mengutuki ayahnya atau ibunya, maka darahnya tertimpa kepadanya sendiri.

Lev 20:10 Bila seorang laki-laki berzinah dengan isteri orang lain, yakni berzinah dengan isteri sesamanya manusia, pastilah keduanya dihukum mati, baik laki-laki maupun perempuan yang berzinah itu.

Lev 20:11 Bila seorang laki-laki tidur dengan seorang isteri ayahnya, jadi ia melanggar hak ayahnya, pastilah keduanya dihukum mati, dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.


9. Bandingkan Keluaran 21:17 dan Ulangan 27:16.

Darahnya tertimpa kepadanya sendiri, berarti bahwa hukum balas dendam tidak akan berlaku bagi orang-orang yang membunuhnya.

Lev 20:12 Bila seorang laki-laki tidur dengan menantunya perempuan, pastilah keduanya dihukum mati; mereka telah melakukan suatu perbuatan keji, maka darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.

Lev 20:13 Bila seorang laki-laki tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, jadi keduanya melakukan suatu kekejian, pastilah mereka dihukum mati dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.


12. Mereka telah melakukan suatu perbuatan keji (mereka telah berbuat zina, Revised Standard Version), sebab mereka telah melanggar tatanan yang diciptakan secara ilahi.

Lev 20:14 Bila seorang laki-laki mengambil seorang perempuan dan ibunya, itu suatu perbuatan mesum; ia dan kedua perempuan itu harus dibakar, supaya jangan ada perbuatan mesum di tengah-tengah kamu.

Lev 20:15 Bila seorang laki-laki berkelamin dengan seekor binatang, pastilah ia dihukum mati, dan binatang itupun harus kamu bunuh juga.

Lev 20:16 Bila seorang perempuan menghampiri binatang apapun untuk berkelamin, haruslah kaubunuh perempuan dan binatang itu; mereka pasti dihukum mati dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.

Lev 20:17 Bila seorang laki-laki mengambil saudaranya perempuan, anak ayahnya atau anak ibunya, dan mereka bersetubuh, maka itu suatu perbuatan sumbang, dan mereka harus dilenyapkan di depan orang-orang sebangsanya; orang itu telah menyingkapkan aurat saudaranya perempuan, maka ia harus menanggung kesalahannya sendiri.

Lev 20:18 Bila seorang laki-laki tidur dengan seorang perempuan yang bercemar kain, jadi ia menyingkapkan aurat perempuan itu dan membuka tutup lelerannya sedang perempuan itupun membiarkan tutup leleran darahnya itu disingkapkan, keduanya harus dilenyapkan dari tengah-tengah bangsanya.


14. Harus dibakar. Mungkin, seperti dalam Yosua 7:15, 25 hukuman ini tidak dilaksanakan dengan pembakaran, tetapi yang dimusnahkan dengan api adalah harta milik orang yang dihukum.

Lev 20:19 Janganlah kausingkapkan aurat saudara perempuan ibumu atau saudara perempuan ayahmu, karena aurat seorang kerabatnya sendirilah yang dibuka, dan mereka harus menanggung kesalahannya sendiri.

Lev 20:20 Bila seorang laki-laki tidur dengan isteri saudara ayahnya, jadi ia melanggar hak saudara ayahnya, mereka mendatangkan dosa kepada dirinya, dan mereka akan mati dengan tidak beranak.

Lev 20:21 Bila seorang laki-laki mengambil isteri saudaranya, itu suatu kecemaran, karena ia melanggar hak saudaranya laki-laki, dan mereka akan tidak beranak.


19. Mereka harus menanggung kesalahannya sendiri. Hukuman oleh khalayak untuk dosa-dosa yang diutarakan pada 20:19-21 tidak ditentukan. Tampaknya Allah sendirilah yang akan menangani masalah ini.

10-21. Ulasan Mengenai Beberapa Hukum Tentang Dosa Seksual. Lihat pasal 18 untuk penetapan hukum-hukum ini. Di sini disebutkan hukuman-hukuman atas pelanggaran terhadap hukum-hukum itu.

Lev 20:22 Demikianlah kamu harus berpegang pada segala ketetapan-Ku dan segala peraturan-Ku serta melakukan semuanya itu, supaya jangan kamu dimuntahkan oleh negeri ke mana Aku membawa kamu untuk diam di sana.

Lev 20:23 Janganlah kamu hidup menurut kebiasaan bangsa yang akan Kuhalau dari depanmu: karena semuanya itu telah dilakukan mereka, sehingga Aku muak melihat mereka.

Lev 20:24 Tetapi kepadamu Aku telah berfirman: Kamulah yang akan menduduki tanah mereka dan Akulah yang akan memberikannya kepadamu menjadi milikmu, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya; Akulah TUHAN, Allahmu, yang memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain.

Lev 20:25 Kamu harus membedakan binatang yang tidak haram dari yang haram, dan burung-burung yang haram dari yang tidak haram, supaya kamu jangan membuat dirimu jijik oleh binatang berkaki empat dan burung-burung dan oleh segala yang merayap di muka bumi, yang telah Kupisahkan supaya kamu haramkan.

Lev 20:26 Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

Lev 20:27 Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuk arwah atau roh peramal, pastilah mereka dihukum mati, yakni mereka harus dilontari dengan batu dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri."


22. Kamu harus berpegang pada segala ketetapan-Ku. Karena Allah telah memisahkan orang-orang Yahudi untuk diri-Nya sendiri (ay. 24, 26), di dalam segala hal mereka harus memisahkan diri dari kebiasaan orang kafir yang telah diusir dari Negeri yang Dijanjikan (ay. 23).

Negeri yang Dijanjikan ini akan "berlimpah susu dan madu" (ay. 24), namun kenyataan tersebut tidak akan bertahan jika orang-orang Yahudi tidak terus-menerus menjadi bangsa yang khusus untuk Tuhan (ay. 22). Mereka harus kudus, sebab Tuhan yang memiliki mereka kudus adanya.

Perikop Selanjutnya: Kudusnya Para Imam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel