Imamat 25:23-28: Penebusan Tanah

Penebusan Tanah​.

Setelah belajar perikop Tahun Sabat dan Tahun Yobel dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Penebusan Tanah.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 25:23-28 dengan judul perikop Penebusan Tanah).

Kita belajar perikop Penebusan Tanah ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Penebusan Tanah (Kitab Imamat 25:23-28)


Lev 25:23 "Tanah jangan dijual mutlak, karena Akulah pemilik tanah itu, sedang kamu adalah orang asing dan pendatang bagi-Ku.

Lev 25:24 Di seluruh tanah milikmu haruslah kamu memberi hak menebus tanah.


24. Hak menebus tanah. Ada berbagai cara melalui mana tanah dapat ditebus (dari ga'al: membeli kembali, tebusan. Boas melaksanakan tugas sebagai kerabat penebus, go'el, ketika ia menikahi Rut. Di salib, Yesus merupakan gô'èl kita).

Lev 25:25 Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu.

25. Apabila saudaramu jatuh miskin. Kemiskinan merupakan satu-satunya alasan yang membuat seorang Israel akan menjual tanahnya (bdg. I Raj. 21:3).

Di dalam kasus semacam itu, seorang kerabat penebus bisa tampil dan membeli kembali tanah yang telah dijual itu dan mengembalikannya kepada pemilik semula.

Lev 25:26 Apabila seseorang tidak mempunyai penebus, tetapi kemudian ia mampu, sehingga didapatnya yang perlu untuk menebus miliknya itu,

Lev 25:27 maka ia harus memasukkan tahun-tahun sesudah penjualannya itu dalam perhitungan, dan kelebihannya haruslah dikembalikannya kepada orang yang membeli dari padanya, supaya ia boleh pulang ke tanah miliknya.


26-27. Tidak mempunyai penebus. Jika orang itu tidak memiliki kerabat untuk menebus tanahnya dan telah berhasil mengumpulkan dana yang cukup, dia sendiri bisa membeli kembali tanahnya dengan ikut memperhitungkan jumlah hasil tanah yang tersisa sampai Tahun Yobel, dan membayar orang itu dengan harga yang pantas.

Lev 25:28 Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk mengembalikannya kepadanya, maka yang telah dijualnya itu tetap di tangan orang yang membelinya sampai kepada tahun Yobel; dalam tahun Yobel tanah itu akan bebas, dan orang itu boleh pulang ke tanah miliknya."

28. Tidak mampu untuk mengembalikannya. Jika orang itu tidak memiliki kerabat penebus maupun dana yang cukup, maka tanah itu dengan sendirinya kembali kepadanya pada Tahun Yobel.

Pembeli tidak rugi apa-apa melalui pengaturan ini, sebab dia hanya membayar hasil panen hingga Tahun Yobel saja.

Perikop Selanjutnya: Penebusan Rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel