Daftar Raja-raja Yang Kalah

Setelah belajar perikop Kemenangan-kemenangan Orang Israel dari kitab Yosua, maka sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Daftar Raja-raja Yang Kalah.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Yosua (Joshua 12 dengan judul perikop Daftar Raja-raja Yang Kalah).

Kita belajar perikop Daftar Raja-raja Yang Kalah ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Daftar Raja-raja Yang Kalah (Kitab Yosua 12)


Jos 12:1 Inilah raja-raja negeri yang dikalahkan oleh orang Israel dan yang negerinya diduduki mereka di seberang Yordan ke arah matahari terbit, dari sungai Arnon sampai gunung Hermon, serta seluruh Araba-Yordan ke arah timur:

Jos 12:2 yakni Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon, yang memerintah atas suatu daerah dari Aroer, yang letaknya di tepi sungai Arnon, pada pertengahan sungai itu, ditambah setengah Gilead, sampai sungai Yabok, batas daerah bani Amon,

Jos 12:3 dan atas Araba-Yordan sampai sebelah timur danau Kinerot dan sampai sebelah timur Laut Araba, yakni Laut Asin, ke arah Bet-Yesimot dan ke arah selatan sampai kaki lereng-lereng gunung Pisga.

Jos 12:4 Selanjutnya daerah Og, raja Basan, seorang dari sisa-sisa orang Refaim. Raja ini diam di Asytarot dan di Edrei,

Jos 12:5 dan memerintah atas gunung Hermon, atas Salkha dan atas seluruh Basan sampai daerah orang Gesur dan orang Maakha dan atas setengah Gilead, sampai daerah Sihon, raja Hesybon.

Jos 12:6 Musa, hamba TUHAN itu, beserta orang Israel, telah mengalahkan mereka, dan Musa, hamba TUHAN itu, telah memberikan daerah itu kepada orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah itu, menjadi milik mereka.


Raja-raja di sebelah timur Sungai Yordan (12:1-6)

Wilayah Raja Sihon dan Og yang dikalahkan pada zaman Musa diutarakan di sini. Lihat Bilangan 21; Ulangan 2:24-3:17.

Jos 12:7 Inilah raja negeri yang dikalahkan oleh Yosua dan oleh orang Israel di sebelah barat sungai Yordan, dari Baal-Gad di lembah gunung Libanon sampai Pegunungan Gundul, yang mendaki ke arah Seir--negeri ini diberikan Yosua kepada suku-suku Israel menjadi miliknya, menurut pembagiannya,

Jos 12:8 di Pegunungan, di Daerah Bukit, di Araba-Yordan, di Lereng Gunung, di Padang Gurun dan di Tanah Negeb, yakni di negeri orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus--:

Jos 12:9 Raja negeri Yerikho, satu; raja negeri Ai, di sebelah Betel, satu;

Jos 12:10 raja negeri Yerusalem, satu; raja negeri Hebron, satu;

Jos 12:11 raja negeri Yarmut, satu; raja negeri Lakhis, satu;

Jos 12:12 raja negeri Eglon, satu; raja negeri Gezer, satu;

Jos 12:13 raja negeri Debir, satu; raja negeri Geder, satu;

Jos 12:14 raja negeri Horma, satu; raja negeri Arad, satu;

Jos 12:15 raja negeri Libna, satu; raja negeri Adulam, satu;

Jos 12:16 raja negeri Makeda, satu; raja negeri Betel, satu;

Jos 12:17 raja negeri Tapuah, satu; raja negeri Hefer, satu;

Jos 12:18 raja negeri Afek, satu; raja negeri Lasaron, satu;

Jos 12:19 raja negeri Madon, satu; raja negeri Hazor, satu;

Jos 12:20 raja negeri Simron Meron, satu; raja negeri Akhsaf, satu;

Jos 12:21 raja negeri Taanakh, satu; raja negeri Megido, satu;

Jos 12:22 raja negeri Kedesh, satu; raja negeri Yokneam di dekat gunung Karmel, satu;

Jos 12:23 raja negeri Dor di tanah bukit Dor, satu; raja negeri Goyim di Galilea, satu;

Jos 12:24 raja negeri Tirza, satu; jadi jumlah semua raja itu, tiga puluh satu orang.


Raja-raja di sebelah barat Sungai Yordan (12:7-24)

Ketiga puluh satu raja yang telah dikalahkan oleh Yosua, baik dalam tiga penyerangannya maupun dalam pertempuran-pertempuran terpisah berikutnya, adalah raja-raja kerajaan kota yang otonom dan hanya memiliki kekuasaan setempat.

Surat-surat Amarna yang ditulis oleh para raja kecil tersebut kepada Firaun di Mesir sekitar tahun 1400-1360 sM juga menunjukkan adanya banyak negara kota di Siria dan Palestina.

Tidak dikatakan bahwa Israel menduduki kota-kota dari semua raja tersebut.

Pembagian tanah yang diutarakan di 12:7, 8 merupakan pembagian yang dikemukakan di 10:40; 11:16-17).

Raja-raja di Kanaan utara (12:17-24)

Tapuah (ay. 17a) lebih besar kemungkinan adalah kota yang disebutkan dalam 16:8; 17:7, 8 yang terletak pada situs Jiljulieh, tiga setengah mil di sebelah utara Antipatris di tepi wadi Kanah, ketimbang Tapuah yang di 15:34 yang mungkin adalah Beit-Netif di bagian timur Azeka.

Hefer (ay. 17b) mungkin adalah et-Tayibeh yang terletak sekitar sepuluh mil di sebelah barat Samaria yaitu pada jalur perdagangan gading yang dipakai demikian sering untuk melaksanakan ekspedisi militer Mesir.

Jalur tersebut membentang sepanjang tepi timur Daratan Syaron yang ketika itu merupakan daerah yang berawa dan berhutan lebat.

Afek (ay. 18a; I Sam. 4:1; 29:1) adalah Ras el-Ain (Antipatris; lih. Kis. 29:31) sembilan mil di sebelah timur Yope pada muara Sungai Yarkon (19:46), ditaklukkan oleh Firaun Thutmose III dan Amenhotep II. Lasaron (ay. 18b).

Di dalam LXX 12:18 ini berbunyi, Raja Afek dari Saron; jadi hanya satu raja saja yang disebutkan di sini.

Simron Meron (ay. 20a), menurut LXX, yang dimaksudkan adalah dua orang raja - Raja Simron (11:1) dan Raja Meron (11:5).

Dengan demikian, dengan hanya satu raja yang disebutkan di 12:18 dan tiga di 12:20, jumlah tiga puluh satu raja tetap dipertahankan.

Raja negeri Goyim di Galilea (ay. 23b). Dalam LXX terjemahannya adalah Raja Goyim dari Galil. Ini kemungkinan besar sebutan untuk Haroset Hagoyim atau Haroset dari Orang Kafir (Goyint) dari Hakim-Hakim 4:2, sebuah kota di wilayah Galilea yang mungkin didiami oleh pelaut dari wilayah Laut Aegea.

Tirza (ay. 24) sangat mungkin merupakan ibu kota Kerajaan Utara (I Raj. 14:17; 14:21, 23; 16:6-23) yang kemungkinan letaknya di Tel el-Farah, enam mil di sebelah barat daya Sikhem. Raja ini mendengarkan panggilan Yabin (11:1-3) atau diserbu ketika Yosua kembali dari Hazor, atau terbunuh kemudian di dalam suatu pertempuran tersendiri.

Perikop Selanjutnya: Daerah-daerah Yang Belum Direbut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel