Hakim-hakim 3:7-11: Otniel

Otniel.

Setelah belajar perikop Bangsa-bangsa Asli Yang Dibiarkan Tinggal di Kanaan dari kitab Hakim-hakim, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Otniel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Hakim-hakim (Judges 3:7-11 dengan judul perikop Otniel).

Kita belajar perikop Otniel ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Otniel (Kitab Hakim-hakim 3:7-11)


Jdg 3:7 Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera.

Jdg 3:8 Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya.

Jdg 3:9 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb.

Jdg 3:10 Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.

Jdg 3:11 Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.


Para Penindas dan Pelepas Israel (3:7-16:31).

Sesudah pendahuluan umum, yang melukiskan kehidupan sepanjang masa para Hakim, kepada kita disajikan serangkaian episode khusus.

Setiap episode, mengisahkan kemurtadan Israel dengan penghajaran oleh Allah sebagai akibatnya.

8. Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim. Penindas pertama itu memakai nama yang artinya Kusyan yang jahat lipat ganda.

Nama ini, mungkin merupakan gelar yang diberikan oleh musuhnya.

Juga bisa saja risyataim adalah kata asing, mungkin nama sebuah tempat yang telah di-Ibranikan.

Kusyan berasal dari Mesopotamia, atau sebagaimana telah dialih-aksarakan oleh Masyarakat Penerbit Yahudi (The Jewish Publication Society), menjadi Aram-Naharaim.

Sepanjang masa Hakim-hakim, orang Het menguasai Mitani, yaitu wilayah penyangga di Mesopotamia utara di antara kerajaan Het dan kerajaan Asyur.

Pada masa ini, Kanaan pada dasarnya tunduk pada Mesir.

Kusyan, mungkin adalah seorang pangeran Het terpencil, yang berusaha untuk menantang kekuasaan Mesir di Kanaan.

Sebuah pandangan alternatif berpendapat, bahwa Kusyan berasal dari Edom, dan bukan dari Aram.

Kedua kata ini di dalam bahasa Ibrani sangat mirip, dan hubungan yang erat di antara Edom dengan suku Yehuda, merupakan unsur yang mendukung pandangan alternatif ini.

Menurut orang-orang yang membaca Edoin sebagai ganti dari Aram, kata Naharaim merupakan sisipan kemudian.

Serangan militer yang luas di Lembah Sabit Subur, telah dilaksanakan sejak masa pemerintahan Sargon dari Akadia (kurang lebih 2400 sM), sehingga Mesopotamia sebagai asal Kusyan, tidak bisa dihilangkan atas dasar apriori.

Tokoh ini tidak disebut lagi di dalam Alkitab, dan namanya juga tidak muncul di dalam naskah-naskah kuno lainnya di luar Alkitab.

9. Tuhan membangkitkan seorang penyelamat ... yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb. Otniel sebelumnya sudah dikenalkan (1:13-15).

Di sini, dia diperkenalkan sebagai seorang penyelamat yang merupakan istilah lain untuk "Hakim".

Dia melepaskan bangsanya dari penindasan Kusyan.

11. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Sejak kemenangan Otniel atas Kusyan hingga kematiannya, Israel bebas dari segala penindasan oleh pihak asing.

Istilah empat puluh tahun merupakan angka pembulatan.

Banyak pakar berpendapat, bahwa angka tersebut menunjuk kepada sebuah generasi.

Perikop Selanjutnya: Ehud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel